-->

[Binbougami ga!] 5 Pelajaran Yang Bisa Diambil Dari Menonton Anime Binbougami ga!

Hi semuanya! pada postingan sebelumnya "[Anime Quotes] Kata-Kata Mutiara Binbougami ga!", kali ini LLENN ingin membagikan pelajaran yang didapat setelah menonton anime Binbougami ga!

Apapun yang kita lakukan, baik dan buruk, selalu terdapat banyak pelajaran berharga yang bisa kita dapatkan dari melakukan hal tersebut termasuk menonton anime.

Disini saya ingin membagikan tentang pelajaran yang saya dapatkan setelah menonton anime Binbougami ga! ini. Tapi sebelum itu saya ingin menjelaskan sedikit tentang anime ini.



Binbougami ga! adalah anime dengan genre Komedi yang menceritakan tentang kehidupan Sakura Ichiko yang mampu menyerap energi keberuntungan orang lain dan Binboda Momiji yang merupakan dewa kemiskinan yang diutus untuk menyedot energi keberuntungan yang ada pada Ichiko. Namun Ichiko tidak mau energi keberuntungannya diambil begitu saja oleh Momiji. Ini membuat Momiji harus mengambilnya secara paksa. Karena hal itu kejadian-kejadian ngawur pun mewarnai kehidupan mereka berdua.

Buat kamu yang belum atau pun sudah menonton anime Binbougami ga! ini, pada anime ini terdapat begitu banyak pelajaran beberapa yang mungkin bisa kita ambil dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pelajaran yang didapat dari menonton anime Binbougami ga!:

1.Mengajarkan Kebahagian Adalah Sesuatu Yang Harus Dibagi



Hal pertama yang saya dapat dari menonton anime Binbougami ga! ini adalah, kebahagiaan adalah sesuatu yang harus dibagi. Di episode pertama, pada saat Suwano harus dirawat di rumah sakit, dan di hari yang sama ini pula Ichiko sedang berulang tahun. Ichiko yang biasanya menghabiskan hari ulang tahunnya bersama Suwano, seorang pelayan yang sudah menjaga dan membesarkannya, untuk pertama kalinya dia merayakannya tanpa kehadirannya. Pada saat itu Ichiko yang merasakan kesepian tidak mengerti dengan perasaannya sendiri sampai akhirnya Momiji datang dan mengatakan kebahagian adalah sesuatu yang harus dibagi.

Pelajaran yang didapatkan adalah tidak peduli sebahagia apa pun kita, meskipun saat itu merupakan hari ulang tahun kita. Jika tidak ada orang lain untuk berbagi tentang bagaimana rasanya kesenangan tersebut, itu sama saja seperti kebohongan.

2.Mengajarkan Untuk Tidak Mendengarkan Perkataan Orang Lain


Di dunia nyata, tidak sedikit orang bahkan banyak yang rela merubah penampilannya bahkan sikap mereka hanya karena perkataan orang lain tentang dirinya. Mereka lebih memilih untuk mendengarkan dan melakukan apa yang orang lain katakan tentang dirinya daripada harus menjadi dirinya sendiri. Membuat mereka berbohong pada orang lain, terutama pada diri mereka sendiri. Dan beberapa di antara mereka juga ada yang mengalami depresi karena terlalu menanggapi dan membandingkan dirinya dengan perkataan orang lain.

Bukan berarti semua perkataan atau pendapat orang lain kepada diri kita tidak untuk didengar. Jika yang mereka katakan tentang diri kita bermaksud untuk memberikan nasihat dan menjadikan kita menjadi pribadi yang lebih baik tentu kita harus mendengarkan. Namun pada akhirnya kamu lah yang tetap harus memutuskan ingin menjadi manusia yang seperti apa nantinya.

Sebaliknya, jika yang mereka katakan adalah tantang bagaimana kamu berpenampilan atau bagaimana kamu menyikapi sesuatu karena ketidaksenangan mereka. Bisa dibilang iri atau ingin menjatuhkanmu. Sebaiknya tidak usah kamu dengarkan apalagi melakukan apa yang dikatakannya. Karena jika seseorang sudah sangat benci, apapun yang dilakukan akan terlihat buruk di matanya.

Di episode pertama kamu akan melihat bagaimana Ichiko merespon orang-orang yang tidak menyukainya dan mengatakan hal yang tidak baik tentangnya. Semua hal buruk yang dikatakan tentang dirinya hanya membuatnya semakin berusaha keras.

3.Mengajarkan Bahwa Memiliki Teman Adalah Hal Terbaik Dan Merupakan Bentuk Lain Kebahagian



Sangat menyakitkan bukan jika kita hidup tanpa memiliki satu orang pun yang bisa kita panggil 'Teman'. Saya tidak ingin membahas ini terlalu panjang karena saya yakin kalian semua tahu seberapa pentingnya 'Teman' ini dalam kehidupan setiap orang.

Buat kamu yang tidak memiliki teman sama sekali sampai saat ini, pesan saya keluarlah, keluar dari tempat nyamanmu saat ini, jika kamu berpikir saat ini kamu sudah sangat bahagia dengan apa yang kamu miliki kecuali 'Teman', kamu salah besar. Kamu salah mengartikan kebahagian itu. Ini sesuatu yang tidak bisa dijelaskan, melainkan harus kamu rasakan sendiri. Ketika kamu sudah memiliki teman, kamu pasti akan mengerti. Meskipun terkadang ada beberapa teman yang brengsek juga. Namun meski begitu, ada kata-kata yang saya tidak bisa lupa tentang teman brengsek ini, kata-kata itu seperti ini "Teman kalau belum brengsek bukan teman namanya". Kalimat ini mungkin akan sulit untuk kamu bisa mengerti, dan akan mengerti jika sudah mendapatkan seorang 'Teman' yang benar-benar merupakan 'Teman Sejati'.

Di anime Binbougami ga! kamu akan melihat kehidupan yang sangat berbeda yang dimiliki Ichiko sebelum dan sesudah Ichiko dikelilingi orang-orang yang menganggapnya sebagai 'Teman' begitu juga sebaliknya.

4.Mengajarkan Tentang Kepercayaan Adalah Hal Yang Begitu Sangat Berharga Yang Tak Bisa Dibeli Dengan Uang Sekalipun



Di anime Binbougami ga! ketika Ichiko masih kecil, dia memiliki seseorang yang merupakan teman dekat yang begitu sangat dia percaya. Sampai akhirnya Ichiko merasakan betapa sakitnya sebuah pengkhianatan, yang mana itu berasal dari seseorang yang sangat dipercayainya. Karena hal ini lah Ichiko memilih untuk tidak berteman dengan siapapun, sampai akhirnya Momiji, Ranmaru, dan yang lainnya datang ke kehidupan Ichiko.

Ini menunjukkan betapa hebatnya kepercayaan itu, dimana ketika dikhianati, membuat orang tersebut bahkan bisa sampai memilih untuk tidak lagi mau memiliki teman karena takut kepercayaannya akan dikhianati lagi sama seperti sebelumnya.

Dan tentang bagaimana perjuangan Rinmaru yang mencoba mendapatkan kembali kepercayaan Ichiko agar mau menerima seseorang untuk menjadi temannya. Bahkan Rinmaru menempatkan dirinya dalam bahaya untuk itu. Untuk sebuah 'Kepercayaan'.

Di dunia ini ada berbagai macam orang, diantaranya adalah yang menaruh kepercayaan, dan yang lainnya adalah yang diberikan kepercayaan, sisanya adalah pengkhianatan, baik dari yang menaruh kepercayaan maupun yang diberikan kepercayaan.

Pesan yang disampaikan dari masing-masing orang yang manaruh dan diberikan kepercayaan, yang percaya dan dipercaya, dan sebuah pengkhianatan, adalah kesederhanaan. Masing-masing diri kalian lah yang mengetahuinya, apakah kalian orang yang bisa dipercaya, atau seseorang yang akan mengkhianati kepercayaan. Kepercayaan yang mungkin tidak bisa didapatkan untuk yang kedua kalinya.

5.Mengajarkan Uang Bukanlah Segalanya!


Di anime Binbougami ga! Ichiko merupakan anak orang kaya yang memiliki segalanya termasuk uang. Dia memiliki kebiasaan menyelesaikan semuanya dengan uang, sampai akhirnya bertemu dengan Tsuwabuki Keita yang menyadarkan dirinya tentang uang yang tidak bisa membeli dan menyelesaikan semuanya.

Ada kata-kata yang saya suka darinya "Ada banyak hal yang lebih penting dari uang.", "Aku tidak bilang kalau dengan uang, semua bisa bahagia, tapi tanpa uang kau akan menderita!".

Dizaman modern seperti ini, kata-katanya sangat menggambarkan tentang uang itu sendiri. Memang benar tidak semua akan bahagia dengan uang, tapi tanpa uang kau akan menderita. Kehidupan yang segala sesuatunya sudah digerakkan dan dikendalikan oleh uang, membuat banyak orang berusaha mendapatkan banyak uang, bahkan tidak sedikit yang menggunakan cara yang kotor, cara yang tidak baik. Tidak hanya kendaraan dan barang-barang lainnya, bahkan kebebasan seperti hak memilih dan bersuara saja masih bisa dibeli dengan uang.

Namun, sampai sekarang, ada sesuatu yang tidak bisa dibeli bahkan dengan uang sekalipun. Saya adalah orang yang percaya bahwa 'Teman' dan 'Kebahagiaan' itu masih termasuk sesuatu yang bisa dibeli dengan 'Uang', tetapi.. itu tidak berlaku untuk 'Teman Sejati' dan 'Kebahagiaan Sejati'. Uang tidak bisa membeli itu. Mengapa ? karena 'Uang' tidak akan pernah bisa membeli 'Perasaan', hati orang-orang. Setidaknya itu yang saya yakini. Kamu mungkin bisa membeli raganya, tetapi tidak perasaannya. Kamu mungkin bisa membeli banyak barang mewah dan lain sebagainya yang membuat kamu merasa bahagia, akan tetapi apakah itu bertahan lama? kebahagian terbesar mungkin terletak pada sebuah keluarga. Dan keluarga tidak bisa kamu dapatkan dengan uang, kamu harus berjuang sekuat tenaga untuk bisa membangun sebuah keluarga.
LihatTutupKomentar