-->

Review Anime: Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku


Detail:

Judul: Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku (?????????????????)
Genre: Adventure, Fantasy, Harem, Isekai
Rating: PG-13 - Teens 13 or Older
Rilis: Winter 2018, 11 Januari - 29 Maret
Sumber: Light Novel
Tipe: TV
Episode: 12
Durasi: 23 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: Silver Link., Connect
Produser: Sotsu, AT-X, DIVE II Entertainment, Tokyo MX, Avex Pictures, BS11, Kadokawa, KLaB
Lisensi: Funimation

Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku (?????????????????) adalah seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Ainana Hiro. Mendapat adaptasi manga oleh Ayamegumu yang memulai serialisasi di Age Premium, yang kemudian diteruskan di Monthly Dragon Age. Kemudian di adaptasi menjadi serial anime televisi oleh studio Silver Link. dan Connect yang ditulis oleh Shimoyama Kento dan disutradarai oleh Oonamu Shin.



Synopsis:

Programmer 29 tahun Suzuki Ichirou menemukan dirinya berada di dunia RPG Fantasi. Di dunia ini dia adalah seorang berusia 15 tahun bernama Satou. Di sana Satou di sambut oleh serangan pasukan Lizardman. Satou yang melihat dirinya memiliki beberapa skill, mencobanya dan berhasil mengalahkan semua pasukan Lizardman dan menjadikannya petualang level tinggi. Satou yang memutuskan untuk menyembunyikan levelnya, berencana untuk bertemu dengan orang-orang baru dan mencari tahu tentang dunia apa ini sebenarnya.



Cerita ( 7.6/10 )

Programmer 29 tahun Suzuki Ichirou harus memperbaiki bug pada permainan World War dan Freedom Fantasy Life (FFL) milik perusahaan tempatnya bekerja, membuatnya harus berada dikantor selama tiga hari tanpa pulang ke rumah. Ichiro yang akhirnya berhasil memperbaiki bug tersebut, memutuskan untuk tidur di tempatnya bekerja. Tak lama setelah tertidur, Ichiro pun terbangun di suatu tempat yang terlihat mirip seperti gabungan dari permainan yang baru saja diperbaikinya, yaitu World War dan FFL. Di sana dia adalah seorang berusia 15 tahun bernama Satou dan mempunyai pandangan seperti player dalam sebuah game, dimana dia bisa melihat status, item, skill dan lainnya. Satou yang menganggap itu tak lebih dari sekedar mimpi, tak lama kemudian datang tiga ratus pasukan musuh Lizardman dengan level 50 yang mencoba menyerangnya. Satou yang terkena serangan anak panah darinya, terkejut dengan rasa sakit yang didapatnya, yang benar-benar nyata. Satou yang masih level 1 dan hanya mempunyai tiga skill, memutuskan untuk menggunakannya guna menyelamatkan diri. Satou sendiri tidak percaya dengan apa yang dia lihat, skill yang dikeluarkannya mampu mengalahkan semua pasukan musuh Lizardman level 50 hanya dengan sekali serang yang menjadikannya petualang level tinggi.

Satou yang masih menganggap itu semua mimpi, memutuskan untuk tidak terlalu memikirkan apa yang sedang terjadi dan mencoba melakukan sesuatu di dunia itu. Satou yang kemudian memutuskan untuk pergi ke kota terdekat, dalam perjalanannya dia bertemu dengan musuh yang merupakan Wyvern dengan level 30. Satou yang kemudian menyerangnya berhasil membuat Wyvern tersebut pergi menjauhinya. Akan tetapi, karena perbuatannya, Wyven tersebut mengarah ke tempat dimana ada beberapa prajurit disana. Merasa bertanggung jawab, Satou pun mengejar Wyvern tersebut. Di sana Satou melihat para prajurit yang kesulitan melawan Wyvern tersebut, dan mencoba menyelamatkan salah satu dari mereka yang merupakan seorang gadis yang terhempas terkena serangan Wyvern tersebut. Gadis yang berhasil diselamatkannya itu kemudian memperkenalkan dirinya. Dia adalah Zena, seorang prajurit sihir dari kota Seiryuu. Tak lama kemudian, teman dari prajurit tersebut datang menghampiri dan bertanya tentang siapa Satou sebenarnya. Satou yang berbohong kepada mereka sebagai seorang pedagang dan menyembunyikan levelnya, berhasil mengelabuhi mereka. Satou yang kemudian diajak pergi bersama mereka ke kota Seiryuu, dalam perjalanan Satou melihat Wyvern yang sudah berhasil mereka kalahkan. Satou juga mendapatkan beberapa informasi mengenai Wyvern dan mengetahui beberapa hal mengenai dunia tersebut, salah satunya adalah adanya perbudakan dan terdapat berbagai macam ras.

Sesampainya di kota Seiryuu, Satou dan Zena pun berpisah. Satou kemudian diajak oleh salah satu temannya, Iona, ketempat dimana dia bisa membuat tanda pengenalnya dan tanda izin masuk ke kota tersebut. Pembuat tanda izin masuk ke kota juga menjelaskan padanya tentang bagaimana tanda izin tersebut bekerja. Setelah itu Iona memberitahukan tentang penginapan yang ada di kota tersebut kepada Satou sebelum akhirnya dia pergi.

Satou yang baru saja memasuki kota tersebut langsung dihampiri dan diajak oleh seorang gadis bernama Martha untuk menginap di penginapan miliknya. Di penginapan tersebut Satou di sambut dengan hangat. Di sana Satou mendengarkan cerita dari Mosa, ibu Martha sekaligus pemilik penginapan, tentang adanya Raja Iblis di dunia tersebut.

Satou yang kemudian ditemani Martha pergi belanja untuk membeli kebutuhannya, dalam perjalanannya Satou melihat dua anak kecil ras manusia campuran yang merupakan seorang budak sedang mendapat masalah dengan seseorang karena sudah menabraknya. Satou yang kemudian menghampiri dan menolong kedua anak tersebut, membuat Martha sedikit bingung dengannya karena sudah bersikap baik kepada mereka. Satou yang tidak mengerti kemudian dijelaskan oleh Martha kalau ras manusia campuran itu dibenci di kota ini.

Satou yang melanjutkan belanjanya dengan Martha, dan menghabiskan satu hari penuh dengannya, kemudian kembali ke penginapan. Satou yang saat itu masih menganggap kalau semuanya mimpi, kemudian mengingat semua hal yang sudah terjadi selama dia berada di dunia tersebut. Tak lama kemudian Satou menyadari sesuatu, sesuatu yang membuatnya beranggapan kalau dirinya sekarang tidaklah sedang bermimpi, dan ini benar-benar nyata. Kurangnya informasi membuat Satou memutuskan untuk tetap menikmati kehidupan barunya sambil mencari informasi mengenai dunia apa ini sebenarnya, dan cara agar bisa kembali ke dunianya.

Keesokan harinya, Zena yang datang ketempat Satou, mengajaknya untuk pergi bersama berkeliling kota Seiryuu. Diperjalanan Zena menjelaskan tentang tempat-tempat yang dikunjunginya dan sedikit tentang sihir kepada Satou. Dalam perjalan mereka, Satou bertemu kembali dengan budak sebelumnya yang pernah dia temui saat bersama Martha. Terlihat kalau mereka sedang diperlakukan tidak baik oleh orang-orang disekitarnya. Melihat Zena yang langsung mencoba melindungi budak-budak tersebut, Satou kemudian mencoba membantunya dengan caranya sendiri. Dia mencari dan mengalahkan orang yang ada dibalik itu semua, yang ternyata adalah ras iblis.

Iblis tersebut kemudian menunjukkan wujud aslinya, dan mengeluarkan kemampuan sebenarnya kepada orang-orang yang berada di sana. Satou dan Zena pun harus terpisah karena kemampuannya tersebut. Satou yang saat itu bersama dengan budak-budak tersebut kemudian membantu dan memperlakukan mereka dengan sangat baik, dimana sebelumnya belum pernah ada seseorang yang berbuat seperti itu pada mereka. Bahkan Satou memberikan mereka nama yang pantas. Kebaikannya membuat mereka mengikutinya.

Bersama dengan Pochi, Tama, dan Liza, Satou berhasil menyelamatkan orang-orang dan mengalahkan iblis tersebut. Setelah berhasil mengalahkan iblis tersebut, Pochi, Tama, dan Liza, mereka memutuskan untuk tetap mengikuti Satou. Tak lama kemudian datang seorang pedagang yang menawarinya dua budak lainnya, yaitu Lulu dan Arisa, untuk dijual kepada Satou. Tertarik dengan kemampuan yang dimiliki salah satu budak tersebut dan karena merasa kasihan, Satou memutuskan untuk membeli mereka.

Bersama dengan Zena, Pochi, Tama, Liza, Lulu dan Arisa, Satou memulai petualangan yang sebenarnya.

Grafis & Kualitas Gambar ( 8.4/10 )



Karakter ( 7.9/10 )

#1 Suzuki Ichirou (Satou)



Suzuki Ichirou (Satou) dia adalah programmer 29 tahun. Dia merupakan seorang yang baik hati, ramah dan peduli terhadap orang lain. Mau membantu siapa saja yang sedang kesusahan membuatnya disenangi banyak orang. Dia di kirim ke dunia pararel yang sekilas terlihat sama dengan permainan RPG Fantasi. Di dunia tersebut Satou mempunyai kemampuan khusus yang tidak dimiliki oleh orang lain. Dia juga tidak membeda-bedakan ras maupun kedudukan. Dia bahkan memberikan kebebasan kepada budak-budak yang dibelinya. Dia juga terlihat seperti seorang kakak saat memperlakukan Tama dan Pochi. Pengisi suara; Horie Shun.

#2 Marientail Zena



Marientail Zena dia adalah prajurit sihir dari kota Seiryuu. Dia menjadi gadis sekaligus orang pertama yang bertemu dan bicara kepada Satou. Baik hati, ramah, dan peduli terhadap orang disekitarnya. Terlihat kalau dia menyukai Satou. Pengisi suara; Takahashi Rie.

#3 Tama



Tama dia adalah ras manusia campuran manusia-kucing yang sebelumnya hanyalah budak tanpa nama yang dikenal hanya sebagai "kucing" milik seorang pria bernama Uusu, yang ternyata merupakan ras iblis. Setelah kematian pemilik sebelumnya, dia memutuskan untuk ikut dengan Satou yang sudah baik kepadanya. Tama sendiri merupakan nama pemberian Satou untuknya. Tama adalah anak yang baik, penuh semangat, energik dan sangat suka daging. Tama sudah lama bersama Liza dan Pochi. Pochi sendiri sudah dianggap adik olehnya dan Liza sudah seperti kakak baginya. Pengisi suara; Okuno Kaya.

#4 Pochi



Pochi dia adalah ras manusia campuran manusia-anjing yang sebelumnya hanyalah budak tanpa nama yang dikenal hanya sebagai "anjing" milik seorang pria bernama Uusu, yang ternyata merupakan ras iblis. Setelah kematian pemilik sebelumnya, dia memutuskan untuk ikut dengan Satou yang sudah baik kepadanya. Pochi sendiri merupakan nama pemberian Satou untuknya. Pochi dia adalah anak yang baik, penuh semangat, energik dan sangat suka daging. Pochi sudah lama bersama Liza dan Tama, dan sudah menganggap mereka seperti kakak. Pengisi suara; Kouno Hiyori

#5 Liza



Liza dia adalah ras manusia campuran manusia-kadal yang sebelumnya hanyalah budak tanpa nama yang dikenal hanya sebagai "kadal" milik seorang pria bernama Uusu, yang ternyata merupakan ras iblis. Setelah kematian pemilik sebelumnya, dia memutuskan untuk ikut dengan Satou yang sudah baik kepadanya. Liza sendiri merupakan nama pemberian Satou untuknya. Liza dia adalah orang yang baik dan peduli. Saat masih menjadi budak, dia adalah orang yang selalu membantu dan melindungi Tama dan Pochi dari masalah. Dia mempunyai kebiasaan mengibaskan ekornya yang menunjukkan perasaannya. Biasanya dia mengibaskan ekornya karena senang dengan makanan daging unggas. Pengisi suara; Tsuda Minami.

#6 Lulu



Lulu dia adalah ras manusia yang lahir di kerajaan Kubooku. Menjadi budak karena masalah yang menimpanya. Kemudian dibeli oleh Satou dari pedagang yang menjualnya kepadanya. Kakek buyutnya adalah orang Jepang, sama seperti Satou yang di kirim ke dunia tersebut. Lulu adalah seorang yang pemalu dan pendiam. Dia tidak terbiasa jika harus berdekatan dengan laki-laki. Pengisi suara; Hayase Marika.

#7 Arisa



Arisa dia adalah ras manusia yang merupakan seorang putri kerajaan Kubooku yang berubah menjadi budak karena ada seseorang yang menjatuhkannya dan kemudian dibeli oleh Satou. Tidak seperti Satou yang di kirim, Arisa direinkarnasi ke dunia tersebut sebagai seorang putri yang di kehidupan sebelumnya adalah orang Jepang. Dia tahu kalau dirinya orang Jepang karena ingatan akan kehidupan sebelumnya masih ada. Sebagai seorang yang direinkarnasi, Arisa mempunyai kemampuan khusus yang Satou melarangnya untuk menggunakannya. Tidak seperti yang lainnya, terlepas dari Tama dan Pochi yang sangat dekat dengan Satou karena sudah seperti kakak dan adik, Arisa selalu mengambil kesempatan untuk berdekatan dengan Satou karena menyukainya. Arisa adalah seorang yang berterus terang dan terbuka. Dia menyukai anak-anak yang imut, termasuk Tama dan Pochi. Pengisi suara; Yuuki Aoi.

#8 Nana



Nana dia adalah Homonculus manusia buatan no 7 dari delapan Homonculus. Setelah berhasil mengalahkan tuan sebelumnya yang juga merupakan keinginan Homonculus itu sendiri dan menyelamatkan mereka semua dari bahaya, menjadikan Satou sebagai tuannya. No 7 yang lebih dulu bergabung bersama kelompok Satou kemudian diberikan nama olehnya Nana. Sedangkan Homonculus lainnya harus pergi ke suatu tempat terlebih dulu guna mewujudkan keinginan tuan sebelumnya, sebelum akhirnya nanti bergabung dengan kelompok Satou. Nana adalah seorang yang terbuka yang mengatakan apa saja yang ada dipikirannya tanpa keraguan sedikitpun. Dia juga menyukai benda-benda yang lucu, terutama boneka. Pengisi suara; Yasuno Kiyono.

Musik ( 7.4/10 )



Opening Theme:
#1: "Slide Ride (???????)" by Run Girls, Run!

Ending Theme:
#1: "Suki no Skill (??????)" by Wake Up, Girls!

Keseluruhan ( 7.8/10 )



Secara keseluruhan anime ini cukup baik dan menarik. Anime ini mempunyai alur cerita yang cukup seru. Karakter didalamnya tidak membosankan, terutama Satou, Tama, dan Pochi yang terlihat dekat seperti kakak dan adik.

Anime ini cocok buat kamu yang menyukai genre Fantasi yang tokoh utamanya memiliki karakter hampir mirip seperti Kirito pada anime Sword Art Online (SAO). Tokoh utamanya, Satou, menyembunyikan level yang sebenarnya, yang membuatnya terlihat biasa saja tapi sebenarnya kuat.

Salah satu yang membuat saya menyukai dan merekomendasikan anime genre Fantasi ini adalah kedekatan Satou dengan Tama dan Pochi yang sudah terlihat seperti kakak beradik. Genre Harem disini juga tidak berlebihan, tidak semuanya menyukai Satou dalam artian suka.

Quotes: "Kamu harus rela mengorbankan apa pun untuk orang yang dicintai" -Arisa
LihatTutupKomentar