-->

Review Anime: Violet Evergarden


Detail:

Judul: Violet Evergarden (???????�????????)
Genre: Drama, Military, Slice of Life
Rating: PG-13 -Teens 13 or older
Rilis: Winter 2018, 11 Januari - 5 April
Sumber: Novel
Tipe: TV
Episode: 13
Durasi: 23 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: Kyoto Animation
Produser: Lantis, Pony Canyon, Rakuonsha, ABC Animation
Lisensi: Netflix

Violet Evergarden (???????�????????) adalah seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Akatsuki Kana dan diilustrasikan oleh Takase Akiko. Di adaptasi menjadi serial anime televisi yang ditulis oleh Yoshida Reiko, musik oleh Evan call, direkturi oleh Ishidate Taichi dan diproduksi oleh studio Kyoto Animation.



Synopsis:

Perang besar akhirnya berakhir setelah empat tahun konflik panjang. Kini benua Telesis terbagi menjadi dua sisi Utara dan Selatan.

Ada kata-kata yang Violet dengar di medan perang yang tidak mampu dia lupakan. Kata-kata tersebut diucapkan oleh seorang yang sangat dia sayangi lebih dari siapa pun. Akan tetapi, dia masih belum mengerti akan makna perkataan tersebut.

Violet yang sebelumnya dikenal sebagai "senjata", kini dia memulai kehidupan barunya dengan bekerja di CH Postal Service bagian Doll Auto Memory, menuliskan surat untuk orang. Violet yang tidak bisa memahami perasaan orang-orang disekitarnya, termasuk dirinya sendiri, memutuskan menjadi bagian Boneka Kenangan Otomatis, Doll Auto Memory, untuk memahami makna dari kata-kata yang dia sendiri tidak mengerti.

Violet yang mulai menuliskan pikiran dan perasaan orang ke dalam kata-kata di atas kertas (surat), menyatukan perasaan orang-orang disekitarnya dan perlahan mulai memahami perasaannya sendiri dan makna dari kata-kata yang selama ini dia cari tahu.


Cerita ( 8.4/10 )

Perang besar akhirnya berakhir setelah empat tahun konflik panjang. Kini benua Telesis terbagi menjadi dua sisi Utara dan Selatan. Masyarakat dengan semangat mulai menyambut era baru ini.

Violet yang kehilangan Mayor Gilbert, seorang yang sangat di sayanginya dan kata-kata terakhir yang diucapkan padanya di medan perang yang sama sekali tidak dia mengerti, kini Violet memulai kehidupan barunya sebagai boneka kenangan otomatis (Doll Auto Memory) di perusahaan CH Postal Service milik Hodgins Claudia.

Claudia menjadi teman yang dipercaya oleh Gilbert untuk menjaga Violet jika terjadi apa-apa dengannya di medan perang. Violet yang dianggap sebagai "senjata", diperlakukan dengan sangat baik oleh Gilbert. Kebaikan yang sebelumnya tidak pernah didapat oleh Violet membuatnya nyaman berada disisinya dan senang melakukan setiap perintahnya baik di luar maupan di dalam medan perang.

Kata-kata terakhir yang diucapkan Mayor Gilbert padanya membuat Violet penasaran dengan makna dari kata tersebut. Violet yang diberikan pekerjaan diperusahaan milik Claudia, memutuskan untuk bergabung dengan bagian boneka kenangan otomatis (Doll) setelah dia melihat salah seorang yang sedang bekerja di bagian tersebut mengatakan kata-kata yang sama seperti yang diucapkan Mayor Gilbert padanya.

Pekerjaan yang dilakukan seorang Doll adalah menuliskan pikiran dan perasaan seseorang ke atas kertas (surat). Di masa tersebut seorang Doll sangatlah dibutuhkan karena masih banyak orang-orang yang tidak tahu caranya menulis atau bagaimana menuangkan pikiran dan perasaannya kedalam sebuah kata-kata.

Violet yang bahkan tidak mengerti tentang bagaimana perasaannya sendiri begitu juga dengan orang disekitarnya, membuatnya sedikit kesulitan dengan pekerjaannya. Dia tidak mengerti mengapa seseorang yang minta dituliskan surat olehnya tidak merasa puas bahkan mengatakan kalau isinya benar-benar tidak sesuai dengan keinginannya, padahal Violet sendiri yakin sudah menuliskan kata-kata sesuai permintaannya, dan tentang mengapa surat yang dibuatnya tidak pernah bisa tersampaikan isi sejatinya kepada si pembaca.

Violet yang kemudian ditugaskan oleh Claudia untuk ikut kedalam kelas pembelajaran untuk menjadi seorang Doll, disana dia bertemu dengan seorang gadis bernama Luculia. Luculia adalah orang yang bisa mengerti dan memahami sikap Violet yang tidak mengerti dan tidak peka sama sekali terhadap orang lain disekitarnya. Beberapa hari sudah dia lalui dikelas untuk menjadi seorang Doll, Violet yang mendapat nilai sempurna di setiap pembelajarannya ternyata menjadi yang satu-satunya tidak lulus dikelas tersebut. Violet yang ternyata tidak bisa menuliskan sebuah surat yang berisikan pikiran dan perasaan seseorang lah yang membuatnya tidak lulus.

Luculia yang mengajaknya pergi ke suatu tempat, disana Violet mengingat hal yang pernah Mayor Gilbert katakan padanya. Mereka yang kemudian memutuskan untuk pulang, diperjalanan mereka bertemu dengan kakak Luculia yang terlihat sedang mabuk dan kacau. Luculia yang mengenalkannya kepada Violet, tak lama kemudian dia pulang bersama dengan kakaknya.

Keesokan harinya, Luculia yang bertemu dengan Violet dikelas, mereka yang berbicara satu sama lain, kemudian Luculia menceritakan tentang keluarganya. Luculia ternyata kehilangan kedua orang tuanya pada saat perang berlangsung, dan kakaknya yang ternyata mantan seorang tentara merasa bertanggung jawab dan menyalahkan dirinya sendiri atas apa yang terjadi pada orang tua mereka.

Luculia yang kemudian mengakhiri ceritanya dan memutuskan untuk membantu Violet membuat surat yang bisa membuat orang lain yang membacanya merasakan isi sejatinya dari surat tersebut, mereka sama-sama menuliskan masing-masing surat untuk seseorang. Luculia yang menuliskan surat Violet, sedikit merasa aneh karena yang disampaikannya malah terlihat seperti sebuah laporan, bukan surat. Violet yang kemudian ingin menuliskan surat untuk Luculia, melihat dan mendengar apa yang dikatakan Luculia sebelum akhirnya dia pergi dan mengakhirinya begitu saja membuat Violet sedikit tergerak. Violet kemudian mencoba menuliskan pikiran dan perasaan Luculia kedalam surat lalu memberikannya kepada kakaknya tanpa sepengetahuannya.

Keesokan harinya, Luculia datang menemui Violet dan mengajaknya kembali ke kelas. Violet yang tidak mengerti karena kelasnya sudah usai, ternyata disana dia berikan tanda kelulusan oleh gurunya berkat surat yang dia buatnya untuk kakak Luculia. Luculia memberitahukan tentang surat tersebut kepada guru mereka, yang ternyata surat tersebut benar-benar tersampaikan isi sejatinya terhadap orang yang membacanya. Berkat itu juga hubungan Luculia dengan kakaknya menjadi lebih baik. Itu menjadi surat pertama Violet yang mampu menuangkan pikiran dan perasaan seseorang kedalam kata-kata di atas kertas yang sejati isinya benar tersampaikan.

Surat yang dibuat Violet berhasil membuat perasaan orang-orang disekitarnya saling terhubung. Violet yang mulai menulis banyak surat untuk orang-orang, perlahan mulai memahami perasaan dirinya sendiri dan orang lain disekitarnya, dan makna dari kata yang selama ini dia cari tahu.

Grafis & Kualitas Gambar ( 8/10 )



Karakter ( 7.6/10 )

#1 Violet Evergarden



Violet Evergaden yang dianggap sebagai senjata tidak mengerti sama sekali mengenai perasaannya sendiri dan orang disekitarnya. Dia adalah orang yang tidak peka sama sekali terhadap orang disekitarnya. Dia bekerja di CH Postal Service bagian Doll Auto Memory sebagai Boneka Kenangan Otomatis yang menuliskan surat untuk orang. Alasan dia ingin menjadi Boneka Kenangan Otomatis adalah mencari tahu arti dari kata-kata yang dia terima di medan perang dari Mayor Gilbert, orang yang sangat dia sayangi lebih dari siapa pun. Menuliskan pikiran dan perasaan orang ke dalam kata-kata di atas kertas (surat) membuatnya perlahan mulai mengerti tentang perasaannya yang sebenarnya dan orang disekitarnya. Pengisi suara; Ishikawa Yui.

#2 Bougainvillea Gilbert



Mayor Bougainvillea Gilbert menghargai Violet lebih dari apa pun. Tidak seperti tentara lainnya yang menganggap Violet sebagai senjata dan bisa digunakan di medan perang sesuka hati, Gilbert sama sekali tidak meganggapnya seperti itu. Dia berharap Violet dapat menemukan kebebasannya dan hidup bahagia sebagai seorang wanita. Terlihat kalau dia menyukai Violet. Pengisi suara; Namikawa Daisuke.

#3 Hodgins Claudia



Hodgins Claudia adalah mantan komandan tentara. Dia sekarang merupakan pemilik perusahaan CH Postal Service. Seseorang yang dipercaya oleh Gilbert untuk menjaga Violet. Dia adalah orang yang banyak membantu Violet, dari memberinya pekerjaan dan tempat tinggal ditempatnya, sampai memberikannya nasihat dan dukungan padanya. Terlihat kalau dia sangat dekat dengan Baudelaire Cattleya. Pengisi suara; Koyasu Takehito.

#4 Blue Benedict



Blue Benedict adalah tukang pos yang bekerja di CH Postal Service. Meski pun terlihat tidak peduli, dia adalah seorang yang perhatian dan baik hati. Dia juga cukup banyak membantu Violet ketika susah. Terlihat kalau dia selalu bertengkar setiap kali bertemu dengan Cattleya. Pengisi suara; Uchiyama Kouki.

#5 Baudelaire Cattleya



Baudelaire Cattleya adalah Doll Auto Memory yang bekerja di CH Postal Service. Dia adalah orang yang baik hati dan peduli. Dia juga membantu Violet untuk menjadi Boneka Kenangan Otomatis yang lebih baik lagi. Terlihat kalau dia selalu bertengkar setiap kali bertemu Benedict. Dia juga terlihat sangat dekat dengan Hodgins. Pengisi suara; Endou Aya.

#6 Brown Erica



Brown Erica adalah Doll Auto Memory yang bekerja di CH Postal Service. Dia tidak pandai berkomunikasi dan tidak percaya diri dalam pekerjaannya. Dia adalah orang yang baik hati, peduli, dan pemalu. Terlihat kalau dia menyukai Benedict. Pengisi suara; Chihara Minori.

#7 Cannary Iris



Cannary Iris adalah Doll Auto Memory yang bekerja di CH Postal Service. Dia adalah orang yang percaya diri dan berterus terang. Dia mempunyai mimpi menjadi Boneka Kenangan Otomatis terbaik dan terkenal dikota tersebut. Pengisi suara; Tomatsu Haruka.

#8 Marlborough Luculia



Marlborough Luculia adalah teman kelas Violet untuk menjadi seorang Doll Auto Memory. Dia adalah orang yang baik hati dan peduli. Dia adalah orang yang membuat Violet untuk pertama kalinya berhasil membuat surat yang benar-benar bisa tersampaikan perasaan didalamnya. Karena dia Violet mulai bisa memahami perasaan seseorang sebenarnya. Pengisi suara; Tadokoro Azusa.

#9 Bougainvillea Dietfried



Bougainvillea Dietfried adalah kakak dari Gilbert sekaligus tentara angkatan laut yang membawa dan menyerahkan Violet kepada Gilbert. Dia membenci Violet karena sudah membunuh banyak bawahannya. Meski begitu, dia adalah orang yang baik hati dan peduli. Dia juga sangat menyayangi Gilbert. Pengisi suara; Kiuchi Hidenobu.

Musik ( 7.5/10 )



Opening Theme:
#1: "Sincerely" by TRUE

Ending Theme:
#1: "Michishirube (?????)" by Chihara Minori (eps 2-8)
#2: "Believe in..." by Yuuki Aira (eps 9)

Keseluruhan ( 8.3/10 )



Secara keseluruhan anime ini sangat baik dan mengharukan. Alur yang diberikan memiliki cerita penuh emosional yang berhasil membuat penontonnya benar-benar mendapatkan Fell nya. Anime ini cocok buat kamu yang suka drama penuh emosional. Karakter utamanya, Violet, tidak peka sama sekali terhadap perasaannya dan orang lain disekitarnya. Mengatakan dan bertindak seperti yang dipikirkannya.

Meski ada genre militernya, anime ini lebih fokus kepada drama dan slice of life. Tapi untuk kamu yang suka militer jangan kecewa, karena ceritanya benar-benar seru dan menarik. Genre militernya mungkin tidak terlalu kental, tapi bukan berarti tidak ada. Cerita militernya sendiri cukup baik menurut saya, meskipun tidak diutamakan.

Kalau kamu nyari anime yang ceritanya bisa bikin nangis, baper, ngabisin banyak tisu, Violet Evergarden ini mungkin bisa jadi alternatif buatmu.

Quotes: "Sebuah surat tidak harus berisikan bahasa yang indah. Terkadang, satu atau dua kalimat cukup untuk mengungkapkan perasaan seseorang" -Marlborough Luculia.
LihatTutupKomentar