-->

Pengertian dan Macam-Macam (Tipe) Otaku


Kalau kamu penggemar anime yang tergabung dalam komunitas atau group, kata Otaku ini mungkin sudah tidak asing lagi buatmu. Otaku adalah istilah bahasa Jepang yang digunakan untuk sebutan kepada orang yang menekuni hobinya.


Otaku (???/???) adalah istilah bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut orang yang betul-betul menekuni hobi. Sejak paruh kedua dekade  1990-an, istilah Otaku mulai dikenal di luar Jepang untuk menyebut penggemar berat subkultur asal Jepang seperti anime dan manga, bahkan ada orang yang menyebut dirinya sebagai Otaku. sc: wikipedia.

Seiring berjalannya waktu, kata Otaku mulai dikenal di luar Jepang, termasuk salah satunya Indonesia, yang pengartiannya mulai ditujukkan khusus kepada orang-orang yang menyukai anime dan manga. Padahal kata Otaku ini sendiri sebenarnya ditujukkan kepada orang-orang yang memiliki minat sangat besar tidak hanya pada anime dan manga saja, tapi bisa juga game, cosplay dan lainnya yang berkaitan dengan budaya Jepang. Di Indonesia sendiri, kata Otaku sudah sangat melekat kepada orang yang menyukai anime.


Macam-Macam Tipe Otaku:

1.Anime-ota



Anime-ota adalah sebutan untuk seseorang yang sangat menyukai segala hal yang berhubungan dengan anime. Mungkin selama ini kamu tidak sadar, kalau Otaku yang selama ini kamu maksud adalah Anime-ota. Di Indonesia sendiri, Otaku tipe ini adalah yang terbanyak dibandingkan lainnya.


2.Manga-ota




Manga-ota adalah sebutan untuk seseorang yang suka membaca dan mengoleksi banyak manga.


3.Pasocon-ota




Pasocon-ota adalah sebutan untuk seseorang yang suka dengan segala hal berhubungan dengan komputer. Ada yang senang dengan mengoleksi berbagai jenis perangkat keras komputer, dan ada juga yang senang mengoleksi perangkat lunaknya saja. Terlepas dari itu, ada yang senang dengan mengoleksi ke duanya.


4.Figure-ota




Figure-ota adalah sebutan untuk seseorang yang suka mengoleksi tokoh figure anime yang disukainya. Mereka adalah para kolektor ataupun pengoleksi dalam jumlah yang banyak.


5.Cosplay-ota




Cosplay-ota atau yang terkenal dengan nama Cosplayer adalah sebutan untuk seseorang yang menyukai sebuah tokoh fiksi, biasanya tokoh anime, yang kemudian meragakannya dengan berpenampilan semirip mungkin mengenakan kostum dan berperan layaknya tokoh tersebut.


6.Idol-ota




Idol-ota ini biasa dikenal dengan sebutan Wota. Istilah untuk orang yang terobsesi dengan idola mereka, bahkan mereka sampai mau datang jauh-jauh untuk melihat konser mereka dan mengambil gambar mereka, dengan harapan bisa berfoto bersama idol mereka.


7.Maid-ota




Maid-ota atau juga dikenal dengan nama Meidosuki adalah sebutan untuk seseorang yang menyukai seseorang yang berpakaian dan bertindak seperti seorang maid (pelayan).


8.Seiyuu-ota




Seiyuu-ota diambil dari kata Seiyuu yang berarti pengisi suara. Jadi, Seiyuu-ota adalah orang-orang yang menyukai pengisi suara (seiyuu). Mereka adalah orang yang suka terhadap pengisi suara tokoh anime yang mereka tonton. Bahkan mereka dapat mengenali siapa pengisi suara tokoh tersebut hanya dengan mendengar suaranya saja.


9.Eroge-ota




Eroge-ota adalah sebutan untuk seseorang yang suka bermain dan mengoleksi banyak game erotis.


10.Gunji-ota




Gunji-ota adalah sebutan untuk seseorang yang suka dengan segala hal yang berhubungan dengan militer, mulai dari seragam militer, mainan militer dan sebagainya.


11.Tetsudou-ota




Ada 2 tipe dari Otaku ini, "noritetsu" yaitu orang yang memiliki hobi melakukan perjalanan menggunakan kereta, dan "toritetsu" yaitu orang yang memiliki hobi memotret kereta.


12.Ota-cool

Ota-cool ini tipe terakhir yang hanya disematkan kepada mimin saja, yang merupakan orang tamvan dan kehren.
LihatTutupKomentar