-->

Review Anime: Gate: Jietai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri


Detail:

Judul: Gate: Jietai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri ((???)??? ???????????)
Genre: Action, Adventure, Fantasy, Magic, Military, Supernatural
Rating: R - 17+
Rilis: Summer 2015, 4 Juli - 19 September
Sumber: Novel
Tipe: TV
Episode: 12
Durasi: 23 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: A-1 Pictures
Produser: Genco, Magic Capsule, Warner Bros., KlockWorx, Showgate, Bandai Namco Games
Lisensi: Sentai Filmworks

Gate: Jietai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri ((???)??? ???????????) adalah sebuah seri novel fantasi Jepang yang ditulis oleh Takumi Yanai dan diilustrasikan oleh Satoru Sao yang dimulai pada Juli 2011. Mendapat adaptasi tiga manga spin-off pada tahun 2005. Kemudian mendapat adaptasi serial anime televisi yang ditulis oleh Takahiko Urahata dan diproduksi oleh studio A-1 Pictures.


Synopsis:

Itami Youji yang merupakan otaku sekaligus tentara Japan Self-Defense Forces (JSDF), sedang dalam perjalanan untuk menghadiri pameran doujin di Ginza, Tokyo ketika sebuah portal misterius dalam bentuk gerbang besar tiba-tiba muncul. Dari gerbang ini, keluar makhluk-makhluk misterius dan prajurit yang mengenakan baju zirah abad pertengahan muncul, menerobos kota, membunuh dan menghancurkan segalanya. Dengan tindakan cepat, Itami menyelamatkan sebanyak mungkin orang-orang sementara JSDF lainnya mengerahkan upaya mereka untuk menghentikan serangan.

Tiga bulan setelah serangan itu, Itami ditugaskan memimpin tim pengintai khusus, sebagai bagian dari tugas JSDF, yang akan dikirim ke dunia diluar gerbang yang meraka sebut sebagai "Wilayah Khusus". Mereka melakukan perjalanan ke dunia yang tidak diketahui ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang mereka hadapi dan berusaha untuk berteman dengan penduduk setempat dengan harapan menciptakan hubungan damai dengan kekaisaran yang berkuasa. Tetapi jika mereka gagal, mereka menghadapi konsekuensi dalam peperangan yang menghancurkan, yang dapat menelan kedua sisi gerbang.


Cerita ( 8.4/10 )

Awal cerita dimulai pada saat Itami Youji sedang dalam perjalanan untuk menghadiri pameran doujin di Ginza, Tokyo. Setibanya di tempat tersebut, portal misterius dalam bentuk gerbang besar tiba-tiba muncul ditengah kerumunan orang di kota Tokyo. Tak lama setelah kemunculan gerbang besar tersebut, keluar mahkluk-mahkluk yang tidak diketahui apa itu, dan juga diantaranya hewan-hewan yang seharusnya sudah tidak ada lagi bahkan bisa dikatakan sebagai mitos seperti naga muncul dari balik gerbang tersebut. Tak hanya itu, pasukan prajurit yang mengenakan baju zirah abad pertengahan pun ada diantara mereka yang muncul dari balik gerbang tersebut. Mereka yang muncul dari balik gerbang, langsung menerobos kota, membunuh dan menghancurkan segalanya. Dengan tindakan cepat, Itami menyelamatkan sebanyak mungkin orang-orang yang berada dalam bahaya, sementara tentara militer Jepang mengerahkan upaya mereka untuk menghentikan serangan.

Tindakan Itami yang mampu menyelamatkan banyak orang pada saat kejadian tersebut mendapat apresiasi dari pemerintah Jepang dan memberikannya kenaikkan pangkat. Tiga bulan setelah serangan itu, Itami ditugaskan untuk memimpin tim pengintai khusus, sebagai bagian dari tugas JSDF, yang akan dikirim ke dunia di balik gerbang yang mereka sebut sebagai "Wilayah Khusus".

Itami dan tentara JSDF yang saat itu mencoba memasuki sisi lain gerbang (Wilayah Khusus) untuk pertama kalinya, dikejutkan oleh ribuan musuh yang merupakan prajurit kekaisaran, yang ternyata sudah bersiap pada posisi untuk melakukan penyerangan terhadap tentara JSDF. Pertempuran yang tidak bisa dihindari tersebut membuat banyak jatuh korban pada pihak kekaisaran, dimana pihak mereka tidak mempunyai perlengkapan perang yang bisa menghancurkan pertahanan dan serangan yang dilakukan oleh JSDF. Kekalahan telak yang diterima oleh kekaisaran membuatnya menarik prajurit mereka dari medan pertempuran dan menghentikan serangan.

JSDF yang membangun tempat perlindungan tepat di balik sisi gerbang membuat mereka berhasil menguasa portal masuk untuk kedua sisi dunia tersebut. Membuat mereka mudah untuk melakukan pengiriman barang dan melaporkan tentang bagaimana kondisi di sisi lain gerbang. Itami dan timnya yang melakukan penelusuran di dunia yang tidak diketahui tempat apa sebenarnya ini, ditugaskan untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang mereka hadapi dan berusaha untuk berteman dengan penduduk setempat dengan harapan dapat menciptakan hubungan damai dengan kekaisaran.

Dalam penelusurannya, Itami dan timnya berhasil sampai ke sebuah desa, dimana ras manusia tinggal disana. Mereka melakukan pendekatan dengan penduduk setempat, dan mendapatkan informasi kalau di dunia ini terdapat bermacam-macam ras.

Itami bersama dengan timnya yang melanjutkan penelusuran, diperjalanan mereka melihat seekor naga sedang membakar sebuah desa. Dalam kejadian tersebut, ditemukan satu korban gadis yang selamat, yang merupakan seorang Elf. Mereka pun kembali ke permukiman dimana ras manusia tinggal dan merawatnya disana.

Itama dan timnya yang saat itu memutuskan untuk meninggalkan dan membiarkan Elf tersebut tinggal bersama dengan manusia, mendapat kabar kalau seekor naga sedang menuju ke desa tersebut dan para penduduk setempat pun memutuskan untuk meninggalkan desa tersebut. Itami pun memutuskan untuk membantu mereka yang ingin menjauh dari tempat tersebut dengan membereskan barang-barang bawaan dan mengawal mereka selama dalam perjalanan.

Di perjalanan, mereka dikejutkan oleh seekor naga api besar yang datang dan menyerang dari belakang. Itami dan timnya berusaha untuk mengalahkan naga tersebut namun tidak berhasil. Naga tersebut mempunyai kulit yang sangat keras, yang tidak bisa ditembus oleh peluru tembakan. Elf yang saat itu kebetulan sudah sadar, memberitahukan Itami untuk menyerang matanya, dan itu berhasil. Akan tetapi, itu tidak membuat naga menghentikan serangannya, sampai akhirnya muncul dihadapan mereka seorang gadis yang bisa melukai dan membuat naga tersebut pergi terbang menjauh. Itami yang berterimakasih padanya karena sudah membantunya, malah harus terpaksa mengikuti keinginannya yang ingin ikut pergi bersamanya ketempat perlindungan JSDF. Gadis tersebut pun memberitahukan kalau dirinya adalah gadis setengah dewa. Bersama dengan gadis tersebut, dan juga seorang gadis Elf, dan seorang gadis penyihir yang tinggal bersama ras manusia, yang juga memutuskan untuk ikut dengannya, bersama-sama mereka pergi ke tempat perlindungan JSDF.

Itami dan timnya yang mulai dekat satu sama lain dengan gadis-gadis tersebut, mulai melakukan perjalanan dan melakukan banyak hal bersama. Mereka pun saling berbagi informasi dan belajar satu sama lain tentang peradaban dunia mereka masing-masing, termasuk bahasa yang memudahkan mereka bicara satu sama lain. Tak lama, tanpa mereka sadari tempat perlindungan JSDF sudah cukup luas dan banyak di isi oleh orang-orang penduduk Wilayah Khusus itu sendiri, bahkan sudah hampir terlihat seperti desa. Kedekatan tentara JSDF dengan penduduk setempat merupakan langkah pertama untuk menciptakan perdamaian dari kedua sisi. Itami dan timnya, dengan empat gadis tersebut, bersama-sama mereka melakukan perjalanan dan menghadapi berbagai masalah bersama. Didalam perjalan dan masalah yang mereka hadapi mempertemukan mereka dengan putri kekaisaran dan menjalin hubungan baik dengannya. Bersama-sama, mereka mulai memperlihatkan hubungan baik dari kedua sisi gerbang.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.9/10 )


Gate: Jietai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri mempunyai grafis dengan kualitas gambar yang baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton.

Karakter ( 7.9/10 )

#1 Itami Youji


Itami Youji adalah seorang otaku sekaligus tentara Japan Self-Defense Forces (JSDF). Dia adalah seseorang yang baik hati dan peduli terhadap orang-orang disekitarnya, dia juga pemalas. Meski pun kadang terlihat lemah dan malas akan tugasnya, kecerdasan dan kemampuannya membuatnya mendapat posisi yang cukup tinggi di JSDF, yaitu Letnan satu. Dia juga merupakan pemimpin tim khusus dari tim Rekonstruksi Ketiga JSDF. Pengisi suara; Suwabe Junichi.

#2 Lalena Lelei la


Lalena Lelei la adalah penduduk sisi lain gerbang (Wilayah Khusus) yang merupakan bagian dari ras manusia yang bisa menggunakan sihir. Dia adalah orang yang baik, jujur dan terbuka. Dia adalah seseorang yang penasaran akan hal baru dan mau mempelajarinya, bahkan dia adalah orang pertama dari sisi lain gerbang yang mau dan berhasil mempelajari bahasa Jepang. Dia menjadi seseorang yang mengartikan kedua bahasa jika ada yang membutuhkannya, dan ini sangat membantu Itami. Dia berkeingin untuk menjadi penyihir hebat, dengan berbagai ilmu yang dipelajarinya, baik dari dunianya maupun dari sisi lain gerbang, dunia luar baginya. Pengisi suara; Touyama Nao.

#3 Marceau Tuka Luna


Marceau Tuka Luna adalah penduduk sisi lain gerbang (Wilayah Khusus) yang merupakan bagian dari ras Elf. Dia ditemukan dalam kondisi pingsan dan diselamatkan oleh Itami dan timnya ketika sedang melakukan penelusuran. Keluarga dan tempat tinggalnya hangus terbakar oleh serang naga. Dia yang merasa kalau ayahnya masih hidup, terus-terusan meneriakkan namanya dan mencarinya setiap sore hari. Dia adalah orang yang baik, yang mau membantu teman-temannya. Pengisi suara; Kanemoto Hisako.

#4 Mercury Rory


Mercury Rory merupakan gadis setangah dewa dari sisi lain gerbang (Wilayah Khusus) yang merupakan dewa perang. Dia mempunyai kekuatan dan kemampuan yang hebat, terutama jika itu soal perang dan pembunuhan. Meski begitu, dia adalah orang yang baik dan ramah. Namun dia tidak menunjukkan belas kasihan kepada musuhnya. Dia tertarik dengan sikap yang dimiliki oleh Itami, dan seringkali menggodanya. Pengisi suara; Taneda Risa.

#5 Yanagida Akira


Yanagida Akira, Letnan satu JSDF. Disiplin dan serius, dia adalah seseorang yang mementingkan pekerjaan dan tugas-tugasnya. Dia senang menyulitkan Itami dalam melakukan tugas dan pekerjaannya. Meski begitu, dia adalah orang yang baik dan pengertian. Dia bertugas menerima dan membuat laporan tentang penelusuran yang dilakukan JSDF. Pengisi suara; Yusa Kouji.

#6 Kurata Takeo


Kurata Takeo, Sersan dua JSDF yang ditugaskan ke tim Konstruksi Ketiga. Dia juga merupakan seorang otaku sama seperti Itami. Dia satu-satunya anggota tim yang dapat dengan nyaman berbicara dengan Itami tentang apapun yang berhubungan dengan otaku.

#7 Kuribayashi Shino



Kuribayashi Shino, Sersan satu JSDF yang ditugaskan ke tim Konstruksi Ketiga. Dia adalah orang yang baik dan disiplin. Kemampuan bela dirinya juga bisa dibilang sangat baik. Dia tidak bisa tinggal diam ketika ada seseorang yang membutuhkan bantuan. Dia adalah satu-satunya anggota yang suka mencela Itami, tapi di sisi lain juga dia sangat menghormatinya. Pengisi suara; Uchida Maaya.

#8 Kurokawa Mari


Kurokawa Mari, Sersan satu JSDF yang ditugaskan ke tim Konstruksi Ketiga. Dia juga merupakan bagian tim medis di tim ini. Dia adalah orang yang baik, peduli, dan sangat perhatian. Pengisi suara; Akesaka Satomi.

#9 Co Lada Pina


Co Lada Pina adalah putri kaisar dari sisi lain gerbang (Wilayah Khusus). Dia telah melihat dengan sendirinya betapa hebatnya perlengkan perang yang dimiliki oleh JSDF, yang membuatnya sadar kalau kaisar tidak akan bisa menang jika melawan, dan memilih bernegosiasi untuk kedamaian antar kedua sisi gerbang. Dia adalah perantara antara pemerintah Jepang dengan Kekaisaran. Dia adalah orang yang serius dan penuh ambisi, dan bisa memahami dan membaca situasi. Dia juga sangat menyukai manga romantis buatan Jepang. Pengisi suara; Tomatsu Haruka.

Musik ( 7.4/10 )


Opening Theme:
#1: "GATE: Sore wa Akatsuki no you ni (GATE~????????~)" by Kishida Kyoudan & The Akeboshi Rockets (eps 1-11)

Ending Theme:
#1: "Prism Communicate (???????????)" by Mercury Rory (Taneda Risa), Marceau Tuka Luna (Kanemoto Hisako), Lalena Lelei la (Touyama Nao) (eps 1-11)
#2: "GATE: Sora wa Akatsuki no you ni (GATE~????????~)" by Kishida Kyoudan & The Akeboshi Rockets (eps 12)

Keseluruhan ( 8/10 )


Secara keseluruhan anime ini baik dan menarik. Alur yang diberikan tidak terlalu berat, namun menarik. Cerita dan karakter didalamnya tidak membosankan sama sekali, terutama Itami dan Kuribayashi, kamu pasti suka. Anime yang mengangkat genre militer ini membahas mengenai diplomatik dan sebagainya, dan beberapa pertempuran yang tidak kalah seru didalamnya. Anime ini cukup memuaskan, dan ini juga termasuk salah satu anime yang saya tonton habis dalam sehari, karena memang ceritanya menarik dan membuat penasaran akan kelanjutannya.

Anime ini cocok buat kamu yang suka cerita militer yang menyelesaikan masalahnya dengan cara berunding dan bekerja sama, dengan beberapa pertempuran yang tidak kalah seru didalamnya. Cerita yang didalamnya terdapat bermacam ras, seperti elf, penyihir, dan lainnya, dan binatang-binatang mitos seperti naga. Tokoh utama cowoknya yang terlihat biasa-biasa saja, tidak bisa diandalkan, dan malas, tetapi sebenarnya cerdas dan terampil. Teman-temannya yang tidak membosankan dan menarik perhatian, seperti Kuribayashi contohnya, kamu pasti suka. Masalah yang terdapat didalamnya tidak terlalu berat, juga tidak terlalu ringan. Cerita militer yang berpusat pada permasalahan diplomatik, dengan pertempuran yang tidak kalah seru didalamnya.

Quotes: "Seseorang tidak bisa hidup di masa depan tanpa menerima kenyataan" -Kurokawa Mari
LihatTutupKomentar