-->

Mengenal 11 Tipe Karakter 'Dere' Pada Anime: Tsundere, Yandere, Dandere, Kuudere, Deredere, Goudere, Gundere, Himedere, Kamidere, Mayadere, dan Onidere


Kalau kamu sering menonton anime, kata-kata ini tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kamu, Tsundere, Yandere, Dandere, Kuudere dan sebagainya. Itu tadi adalah berbagai macam sifat karakter yang sering kita dengar ketika menonton anime. Kata yang menunjukkan sifat karakter tersebut.

Sekedar informasi, kata 'Dere' berasal dari istilah Bahasa Jepang, 'deredere' yang digunakan untuk menggambarkan kepribadian seseorang di Jepang. Dengan menggabungkan kata 'Dere' dengan beberapa istilah lain, terciptalah sebuah sifat baru yang biasa kita temukan di tokoh-tokoh anime. Tidak ada gender khusus untuk pengguna istilah ini, tetapi biasanya kata ini disematkan pada karakter perempuan.

Ada banyak berbagai macam 'Dere', tapi hanya ada empat tipe utama dari 'Dere' ini, yaitu Tsundere, Yandere, Dandere, dan Kuudere.

Berikut ini penjelasan mengenai masing-masing dari kata 'Dere', dan beberapa contoh karakter anime yang bisa di kategorikan dalam karakteristek 'Dere' ini.

1.TSUNDERE


Kirisaki Chitoge (Nisekoi)

Diantara semua 'Dere', mungkin kata Tsundere ini yang paling sering kamu dengar dan kamu temui pada saat menonton anime. Tsundere merupakan gabungan dari kata 'tsuntsun' dan 'deredere', dimana 'tsuntsun' adalah karakter yang agresif. Penggabungan kata yang menjadi Tsundere memiliki makna orang yang keras, namun sebenarnya memiliki sifat yang baik.

Dalam anime, biasanya karakter dengan sifat Tsundere ini lebih banyak diperlihatkan pada tokoh perempuan yang tidak jujur dan tidak mengakui perasaan sebenarnya kepada orang lain, terutama orang yang disukainya. Karakter dengan sifat Tsundere ini biasanya sering mengatakan hal yang terbalik dengan apa yang ada pada isi hatinya, kadang juga cenderung bersikap keras kepala, kasar dan terlihat tidak peduli. Namun sebenarnya diam-diam dia melakukan yang terbaik dengan caranya sendiri. Intinya, tipe ini terlihat kasar, keras kepala, tidak peduli, bahkan menunjukkan sifat jahat kepada orang terdekatnya atau yang disukainya namun sebenarnya baik hati dan penuh perhatian.

"Jangan salah sangka ya, aku melakukan ini bukan karena blablabla... tapi blablabla..." merupakan salah satu kalimat yang sering dilontarkan oleh karakter yang memiliki sifat Tsundere.

Sosok Tsundere di anime:
Kirisaki Chitoge (Nisekoi)
Aisaka Taiga (Toradora!)
Degurechaff Tanya (Youjo Senki)
Inoue Narumi (Re-Kan!)
Le Blanc de La Valliere Louise Francoise (Zero no Tsukaima)
Makise Kurisu (Steins;Gate)
Vegeta (Dragon Ball)

2.YANDERE


Gasai Yuno (Mirai Nikki)

'Yan' berasal dari kata 'Yanderu' yang memiliki arti gangguan mental atau jiwa. Yendere ini kebalikannya dari Tsundere. Karakter yang memiliki sifat Yandere biasanya terlihat tampak baik, lembut dan penuh kasih sayang. Namun bisa menjadi sangat berbahaya ketika cemburu atau ketika perasaannya sedang tidak baik, bahkan tidak segan untuk melakukan kekerasan. Karakter dengan sifat Yandere cenderung mempunyai sifat yang sangat psycho, mentalnya mudah berubah sesuai dengan suasana hatinya. Dia juga sering menyembunyikan rencana jahatnya dengan berpura-pura baik didepan orang yang dibencinya.

Bila cewek Yandere menyukai seseorang maka dia akan benar-benar terobsesi padanya, tidak rela jika orang yang disukainya didekati orang lain, bahkan tak segan untuk membunuhnya, baik orang yang disukainya atau orang yang mendekati orang yang disukainya. Dalam kondisi terburuk, cewek Yandere akan membunuh orang yang disukainya saat dia merasa cemburu, lalu kemudian membunuh dirinya sendiri (bunuh diri). Filosofi sehidup semati. Intinya tipe ini adalah yang paling bahaya diantara tipe lainnya, bersikap baik dengan segudang rencana jahat dibalik senyumannya, mencintai dengan cara yang berlebihan 'menjadi milikku atau tidak sama sekali'.

Sosok Yandere di anime:
Gasai Yuno (Mirai Nikki)
Tokisaki Kurumi (Date A Live)
Kushida Kikyou (Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e)


3.DANDERE


Misaki Mei (Another)

'Dan' pada Dandere berasal dari istilah Bahasa Jepang 'Danmari' yang artinya pendiam. Karakter tipe ini adalah orang yang pendiam, tidak banyak bicara, tidak banyak tingkah, dan biasanya pemalu. Namun sebenarnya sangat peka terhadap lingkungannya.

Karakter dengan tipe ini biasanya sulit untuk didekati, namun tipe ini akan menjadi orang yang sangat baik dan terbuka kepada seseorang yang sudah menjadi temannya dan dekat dengannya.

Sosok Dandere di anime:

Hyuuga Hinata (Naruto)
Misaki Mei (Another)
Kawai Ritsu (Bokura wa Minna Kawai-sou)
Kozume Kenma (Haikyuu!!)
Amano Yukiteru (Mirai Nikki)
Shinah (Akatsuki no Yona)

4.KUUDERE


Tachibana Kanade (Angel Beats!)

kata 'Kuu' pada 'Kuudere' berasal dari istilah Bahasa Inggris 'cool' dan dengan penyebutan Bahasa Jepang menjadi kata 'Kuu'. Karakter dengan tipe Kuudere ini menunjukkan sifat yang tenang. Mereka merupakan karakter yang mampu tetap bersikap tenang dan berpikir dengan jernih dan teliti dalam kondisi apapun. Biasanya karakter ini mempunyai sorot mata yang tajam, bersikap dingin atau bahkan tanpa emosi.

Sosok Kuudere di anime:

Tachibana Kanade (Angel Beats!)
Sesshoumaru (Inuyasha)
Uchiha Itachi (Naruto)
Levi Ackerman (Shingeki no Kyojin)

5.DEREDERE



Sakura Chiyo (Gekkan Shoujo Nozaki-kun)

Deredere adalah kata asli dari berbagai tipe 'Dere'. Karakter dengan tipe ini benar-benar sangat baik hati, penuh kasih sayang, dan perhatian. Karakter ini jujur dan menerima dirinya sendiri apa adanya. Intinya benar-benar baik, baik di luar maupun di dalamnya.

Sosok Deredere di anime:

Amami Hibiki (Re-Kan!)
Sakura Chiyo (Gekkan Shoujo Nozaki-kun)

6.GOUDERE



Hak (Akatsuki no Yona)

Goudere adalah tipe yang akan mengabdikan hidupnya kepada seseorang yang di cintainya atau di hormatinya. Tipe ini bahkan rela melakukan apa saja termasuk mengorbankan hidupnya demi orang tersebut.

Sosok Goudere di anime:

Horobi (Koutetsujou no Kabaneri)
Roronoa Zoro (One Piece)
Hak (Akatsuki no Yona)

7.GUNDERE



Hiruma Youichi (Eyeshield 21)

Diambil dari kata 'Gun' yang berarti senjata api. Hampir mirip sama seperti Tsundere, terlihat jahat namun sebenarnya baik. Karakter ini akan menembakkan senjata api apa saja ketika dia sedang meluapkan perasaannya, terutama saat marah dan bahagia, karena rencananya berjalan sesuai dengan apa yang diinginkannya.

Sosok Gundere di anime:

Hiruma Youichi (Eyeshield 21)

8.HIMEDERE



Yona (Akatsuki no Yona)

Diambil dari kata 'Hime' yang berarti putri. Tipe ini ditujukkan untuk karakter perempuan yang pada dasarnya adalah seorang putri. Tipe ini juga ditujukkan untuk karakter perempuan kaya raya dan selalu dimanja.

Sosok Himedere di anime:

Yona (Akatsuki no Yona)

9.KAMIDERE



Enel (One Piece)

Diambil dari kata 'Kami' yang berarti dewa. Tipe ini ditujukkan untuk karakter yang mempunyai kekuatan spesial sehingga menganggap dirinya sebagai dewa, hingga akhirnya menjadi sombong dan bertindak sesuka hatinya.

Sosok Kamidere di anime:

Uzumaki Nagato (Naruto Shippuuden)
Enel (One Piece)

10.MAYADERE



Tsugumi Seishirou (Nisekoi)

Karakter tipe mayadere adalah karakter yang awalnya mencoba untuk membunuh targetnya tapi malah berakhir dengan tidak yakin terhadap dirinya sendiri, atau malah jatuh cinta kepada targetnya. Tipe ini memiliki pemikiran yang sukar ditebak, apakah teman atau musuh.

Sosok Mayadere di anime:

Tsugumi Seishirou (Nisekoi)
Tokisaki Kurumi (Date A Live)

11.ONIDERE



Uzumaki Naruto (Naruto)

Diambil dari kata 'Oni' yang berarti iblis. Karakter tipe Onidere mempunyai kekuatan penghancur yang sangat hebat yang dia sendiri tidak bisa mengendalikannya, yang membuatnya dijuluki sebagai monster atau iblis, atau bahkan monster atau iblis itu sendiri, dan membuatnya dijauhi oleh orang disekitarnya karena dianggap berbahaya.

Sosok Onidere di anime:

Uzumaki Naruto (Naruto)
Inuyasha (InuYasha)
Okumura Rin (Ao no Exorcist)
LihatTutupKomentar