-->

Review Anime: Fullmetal Alchemist: Brotherhood


Detail:

Judul: Fullmetal Alchemist: Brotherhood (??????)
Genre: Action, Adventure, Comedy, Drama, Fantasy, Magic, Military, Shounen
Rating: R - 17+
Rilis: 5 April 2009 - 4 Juli 2010, (Spring 2009)
Sumber: Manga
Tipe: TV
Episode: 64
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: Bones
Produser: Aniplex, Square Enix, Mainichi Broadcasting System, Studio Moriken
Lisensi: Funimation, Aniplex of America

Fullmetal Alchemist: Brotherhood (?????? Hagane no Renkinjutsushi) adalah sebuah manga karya Hiromu Arakawa. Diterbitkan dalam majalah manga Monthly Shonen Gangan sejak tahun 2002 dan dalam bentuk tankobon oleh Square Enix. Mendapat adaptasi serial anime televisi yang disutradarai oleh Seiji Mizushima, dan diproduksi oleh studio Bones.

Synopsis:

Edward Elric dan Alphonse Elric, dua bersaudara yang memiliki kemampuan alkemis (ahli kimia), kemampuan untuk memperoleh sesuatu dengan pertukaran yang setara, mencoba menghidupkan kembali ibunya yang sudah meninggal. Namun, usaha mereka gagal. Mereka harus membayar harga yang sangat mahal untuk itu, yang disebut dengan "biaya masuk" karena melakukan transmutasi manusia, hal tabu dalam alkimia. Edward kehilangan kaki kirinya, dan Alphonse kehilangan tubuh fisiknya. Dalam keadaan panik dan putus asa, Edward mengorbankan lengan kanannya untuk memindahkan jiwa Alphonse kedalam baju zirah.

Di tengah keputusasaannya, kolonel Roy Mustang yang merupakan alkemis negara mendatangi dan menawarkan Edward untuk menjadi alkemis negara. Setelah mempertimbangkan keuntungan memperoleh berbagai hak istimewa sehingga dia bisa menyelidiki dan mencari cara untuk mengembalikan tubuh mereka, Edward menerima tawaran itu. Tangan dan kaki Edward pun diganti dengan automail. Setelah itu, Edward mengikuti tes ujian alkemis negara dan lulus sebagai alkemis negara termuda dalam sejarah dan mendapatkan julukan Fullmetal Alchemist. Bersama dengan adiknya, Alphonse, dimulailah petualangan mereka guna mencari cara untuk mengembalikan tubuh mereka.



Cerita ( 9.1/10 )

Tiga tahun setelah Ed menjadi alkemis negara, dia dan Al, adiknya, mendapat kabar mengenai batu merah bertuah yang bisa mengembalikan tubuh mereka yang hilang. Mereka yang mengetahui hal itu memutuskan untuk mencari keberadaan batu merah bertuah tersebut, dari melakukan penyelidikan sampai penelusuran pun mereka lakukan.

Awal cerita dimulai ketika Elric bersaudara sedang berada di kota Central, Amestris. Disana mereka harus bertarung dengan seorang alkemis negara yang memberontak, yang menganggap kalau tentara dan negara disini di isi dan dipimpin oleh orang-orang yang busuk. Dengan bantuan mayor Amstrong dan rencana penyergapan yang dilakukan oleh kolonel Mustang, mereka berhasil memojokkan dan menggagalkan rencana musuh dan membuatnya melarikan diri. Akan tetapi, King Bradley yang seorang Fuhrer (pemimpin negara), berhasil menemukan dan mengalahkannya seorang diri.

Setelah meninggalkan kota Central, Ed bersama dengan Al pergi ke kota Lior untuk bertemu dengan pendeta yang dikabarkan mempunyai batu merah bertuah. Setibanya di kota Lior, mendengar tentang apa yang dilakukan pendeta tersebut dari masyarakat sekitar membuat Ed kesal dan tidak percaya, lalu memutuskan untuk menemui pendeta tersebut dan membongkar semuanya. Pencarian batu merah bertuah mereka di kota Lior tidak bisa dikatakan berhasil, juga tidak bisa dikatakan gagal. Namun mereka sedikit kecewa karena hasilnya tidak seperti yang mereka harapkan.

Kembalinya mereka ke kota Timur, markas dimana mereka ditempatkan. Mereka membuat laporan kepada kolonel Mustang dan menceritakan apa yang sudah terjadi disana. Mereka juga diberikan informasi oleh kolonel Mustang tentang alkemis negara yang bisa menciptakan Chimera, yang membuat Ed penasaran tentangnya dan memutuskan untuk menemuinya. Ed berpikir mungkin dia bisa menemukan sesuatu untuk mengembalikan tubuh mereka jika bertemu dengannya. Akan tetapi, tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya, pertemuan dengannya menyadarkan dan membuat Ed dan Al kehilangan akan sesuatu yang berharga. Menunjukkan kalau mereka masih harus berjuang lebih keras untuk menjadi lebih baik lagi.

Ed dan Al yang saat itu diserang oleh seseorang yang tidak dikenal, membuat mereka berdua harus terpaksa melawan, bahkan sampai membuat mereka terpojok dan dalam keadaan yang sulit dan berbahaya. Ed yang saat itu berada dalam kondisi dimana dia harus mengambil keputusan. Membuat Al marah kepadanya karena mengambil keputusan yang menurutnya salah. Mereka yang selamat karena kedatangan kolonel Mustang bersama dengan pasukannya yang tepat pada waktunya berhasil membuat musuh terpojok sampai akhirnya memutuskan melarikan diri. Ed yang meminta penjelasan mengenai orang yang menyerangnya tersebut kepada kolonel Mustang. Kemudian dia menceritakan kalau dulu pernah terjadi perang saudara Isvhal yang melibatkan alkemis negara dengan orang-orang Ishval. Perang saudara tersebut sudah bagaikan ajang pembantaian, dimana banyak orang-orang Isvhal yang mati dengan mudahnya karena kemampuan yang dimiliki oleh alkemis negara. Kemungkinan kalau orang tersebut adalah orang Ishval yang mempunyai perasaan dendam yang sangat kuat terhadap alkemis negara dan mencoba membalas dendam. Mendengar hal tersebut membuat Ed kesal karena menurutnya itu adalah hal yang konyol. Apapun alasannya, membunuh seseorang begitu saja dengan mudahnya adalah hal yang salah. Begitulah Ed berpikir.

Roy Mustang yang kala itu ikut dalam perang saudara Isvhal dan mendapat julukan pahlawan, membuatnya tidak senang sama sekali. Menurutnya perang Isvhal hanyalah pembantaian sepihak. Tidak hanya dia, mayor Amstrong, letnan pertama Riza Hawkeye, dan letnan kolonel Maes Hughes yang ikut andil dalam perang Isvhal juga merasakan apa yang dirasakan oleh kolonel Musteng, percaya kalau perang saudara Isvhal adalah hal yang salah, dan itu lebih terlihat seperti pembantaian sepihak saja. Mustang yang tidak bisa berbuat banyak dan hanya bisa mengikuti perintah membuatnya lebih tidak suka dan marah kepada dirinya sendiri. Sejak saat itu dia berambisi untuk menjadi Fuhrer (pemimpin negara) untuk mengubah negara dan membawanya pada jalur perdamaian. Keinginan dan tekadnya yang begitu kuat membuatnya dipercaya oleh orang-orang disekitarnya, termasuk mereka bertiga yang akan melakukan apa saja untuk membantu Mustang menjadi Fuhrer.

Ed yang saat itu sedang melakukan perjalanan bersama mayor Amstrong, bertemu dengan dokter Marcoh, dokter yang pernah terlibat dalam penelitian dan pembuatan batu tersebut, yang mengetahui rahasia dibaliknya. Dia memberikan petunjuk kepada Ed tentang batu merah bertuah tersebut, dan menyuruhnya untuk melihat kebenaran dibalik kebenaran dari batu merah bertuah dengan sendirinya, tanpa memberitahukan lebih dalam lagi tentang batu tersebut kepadanya.

Ed yang berhasil mendapatkan petunjuk tersebut langsung mencari tahu bersama dengan Al dan menemukan sesuatu yang mengejutkannya, yang membuatnya tidak percaya, dan marah karenanya. Mereka pun memutuskan untuk pergi ke tempat dimana diduga pernah dijadikan tempat pembuatan batu merah bertuah. Disana mereka bertemu dan bertarung dengan musuh yang sama seperti Al, jiwa yang disegel didalam baju zirah. Al yang saat itu sedang bertarung dengan salah satunya, mendengar perkataan dari musuhnya membuatnya ragu dan bimbang pada dirinya, dan membuatnya selalu memikirkan perkataannya tersebut. Ed yang berhadapan dengan salah satunya juga, hampir berhasil mendapatkan informasi yang sangat begitu penting yang berhubungan dengan cara mengembalikan tubuhnya yang hilang. Akan tetapi, sebelum mendengar hal penting tersebut, dia harus berhadapan dengan musuh lainnya yang lebih berbahaya. Mereka menyebut dirinya sebagai Homunculus. Homunculus ini membiarkan Ed tetap hidup dan mengatakan kalau dia dan adiknya, Al, adalah sesuatu yang penting bagi mereka.

Homunculus mempunyai kemampuan regenerasi yang sangat cepat, meraka harus membunuhnya sebanyak mungkin untuk membuat homunculus benar-benar terbunuh. Diluar itu, mereka juga mempunyai kemampuan yang berbeda-beda yang dapat menyulitkan Ed dan yang lainnya.

Pencarian batu merah bertuah yang dilakukan Ed dan Al, membawa mereka kepada sesuatu yang lebih besar. Ed, Al, batu merah bertuah, dan homunculus ternyata saling terhubung yang membawa mereka kepada sesuatu yang lebih besar, yang dapat menyebabkan masalah yang serius, dan juga tentang bagaimana cara mendapatkan tubuh mereka kembali. Membuat Ed, Al, dan pasukan kolonel Roy Mustang terlibat dalam pertempuran dengan homunculus.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.8/10 )



Fullmetal Alchemist: Brotherhood mempunyai grafis dengan kualitas gambar yang baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton tentunya.

Karakter ( 8.3/10 )

#1 Edward Elric



Edward Elric merupakan alkemis negara termuda yang pernah ada dan diakui oleh militer negara Amestris. Dia bahkan mendapat julukan Fullmetal Alchemist. Tujuan utamanya menjadi alkemis negara adalah untuk mencari cara mengembalikan tubuh adiknya, Alphonse, yang hilang karena melakukan transmutasi manusia yang merupakan hal tabu dalam alkimia. Ed merupakan seseorang yang mudah terpancing emosinya, dan dia memiliki tubuh yang pendek yang membuatnya marah jika ada yang memanggilnya pendek. Meskipun tubuhnya pendek dengan kaki kiri dan lengan kanannya yang terbuat dari automail, kemampuannya dalam bertarung sangatlah berpengalaman dan itu tidak mempengaruhinya sama sekali. Meskipun juga kadang terlihat kekanak-kanakan, Ed adalah orang yang cerdas dan jenius, bahkan kemampuannya dalam meneliti alkimia terbilang sangat baik dan terlihat kalau dia seperti profesor. Dia juga merupakan orang yang mau membantu mereka yang sedang kesusahan, dan melakukannya tanpa pamrih. Pengisi suara; Park Romi.

#2 Alphonse Elric



Alphonse Elric adalah adik Edward. Dia kehilangan tubuh fisiknya karena melakukan transmutasi manusia bersama dengan kakaknya. Jiwanya dimasukkan kedalam baju zirah oleh kakaknya, ini membuat Al tidak bisa makan dan tidur. Al adalah seseorang yang lembut dan baik. Karena bentuk tubuhnya yang merupakan baju zirah, dan memiliki tubuh yang tinggi, Al seringkali dianggap sebagai Fullmetal Alchemist oleh orang-orang yang baru ditemuinya. Dia mempunyai kebiasaan mencatat daftar makanan yang nantinya jika tubuhnya sudah kembali, dia ingin memakannya. Pengisi suara; Kugimiya Rie.

#3 Winry Rockbell



Winry Rockbell adalah teman masa kecil Ed dan Al. Dia adalah ahli mekanik automail, dan juga merupakan orang yang membuatkan Ed automail. Dia adalah orang yang sangat serius jika itu berhubungan dengan automail, dia juga baik dan sangat peduli terhadap Ed dan Al. Terlihat kalau dia menyukai Ed. Pengisi suara; Takamoto Megumi.

#4 Roy Mustang



Roy Mustang adalah kolonel yang juga merupakan alkemis negara. Dia merupakan salah satu alkemis negara terkuat di Amestris, Flame Alchemist (alkemis api). Dia juga orang yang telah memberi harapan kepada Elric bersaudara di saat mereka pasrah dengan keadaannya pada saat setelah melakukan transmutasi manusia untuk menghidupkan ibunya. Kata-katanya berhasil memberikan Ed harapan dan membuatnya mengambil keputusan tentang bagaimana rencana dia kedepannya. Dia adalah orang yang sangat cerdas dan hampir selalu selangkah lebih maju dari lawan-lawannya, dan mengendalikan situasi. Dia berambisi untuk menjadi Fuhrer (pemimpin negara). Kemampuan dan caranya berpikir, dan bagaimana dia bertindak untuk melindungi negaranya, membuatnya mendapat kesetiaan yang kuat dari teman-teman baiknya. Dia mempunyai hubungan yang sangat erat dan akrab dengan semua bawahannya. Terlapas dari itu, terlihat kalau dia sangat dekat dengan Riza Hawkeye. Pengisi suara; Miki Shinichiro.

#5 Riza Hawkeye



Riza Hawkeye adalah letnan pertama yang juga merupakan penembak jitu dan bawahan Roy Mustang yang paling dipercaya. Dia melakukan banyak tugas yang terlalu malas dikerjakan oleh Mustang. Bertindak sebagai asisten pribadinya, dan melindunginya dari bahaya. Dia adalah orang yang mencegah dan memarahi Mustang ketika dia melakukan hal aneh dan tak terduga, dan ketika dia membiarkan emosi mengendalikannya. Dia juga memiliki seekor anjing yang diberi nama Black Hayate, yang sangat membantunya dalam melakukan tugas-tugasnya. Dia adalah orang yang baik dan sangat peduli terhadap Mustang. Terlihat kalau dia sangat dekat dengan Mustang. Pengisi suara; Orikasa Fumiko.

#6 Maes Hughes

Maes Hughes adalah mayor yang bekerja di divisi investigasi dan akhirnya menjadi letnan kolonel yang ditempatkan di Central, yang juga merupakan teman baik Roy Mustang. Mereka sudah berteman baik sejak masih di akademi militer. Dia juga banyak membantu Roy Mustang dalam melakukan penyelidikan dan pencarian informasi yang dibutuhkan, dan akan melakukan apapun untuk membantunya mencapai tujuannya. Dia adalah orang yang sangat mencintai keluarganya, bahkan seringkali memarkan poto anak perempuannya dan membicarakan keluarganya kepada teman-temannya terutama Roy Mustang. Dia juga orang yang cerdas, baik dan mau membantu mereka yang kesusahan, bahkan dia membiarkan Al dan Ed, orang yang baru ditemuinya untuk menginap dirumahnya. Meskipun banyak bekerja di depan meja, kemampuan bertarungnya tidaklah buruk, terutama ketika dia menggunakan senjata api dan pisau. Pengisi suara; Fujiwara Keiji.

#7 Alex Louis Armstrong



Alex Louis Armstrong adalah mayor yang juga merupakan alkemis negara. Dia adalah orang yang benar-benar baik dan lembut, tidak cocok dengan kebijakan militer yang "semena-mena dan tidak mengenal belas kasihan". Meskipun begitu, dia juga merupakan orang yang tidak segan-segan ketika menghadapi musuhnya. Dia juga cenderung memiliki kebiasaan memamerkan otot-ototnya dan teknik keluarga yang diturunkan kepadanya. Dia juga merupakan salah seorang yang mendukung Roy Mustang. Pengisi suara; Utsumi Kenji.

#8 Scar



Scar adalah nama panggilan yang diberikan padanya oleh orang-orang militer. Dia adalah orang Isvhal yang membuang nama dan masa lalunya. Dia mempunyai dendam kuat terhadap alkemis negara Amestris, yang telah membantai orang-orangnya. Dia memburu dan membunuh setiap alkemis negara yang ditemuinya di kota Central, Amestris. Dia merupakan salah satu musuh yang harus dihadapi oleh Ed dan yang lainnya. Pengisi suara; Miyake Kenta.

#9 Envy



Envy adalah salah satu homunculus yang diciptakan dari rasa iri hati, yang merupakan salah satu musuh yang harus dihadapi oleh militer negara. Dia mempunyai kemampuan berubah bentuk yang dapat menyerupai seseorang bahkan suaranya. Dengan kemampuannya dia seringkali membuat Ed dan yang lainnya bingung dan bocornya informasi. Envy dan homunculus lainnya sangat membenci manusia. Pengisi suara; Takayama Minami.

Musik ( 8.2/10 )


Opening Theme:
#1: "again" by YUI (eps 1-14)
#2: "Hologram (?????)" by NICO Touches the Walls (eps 15-26)
#3: "Golden Time Lover (???????????)" by Sukima Switch (eps 27-38)
#4: "Period" by Chemistry (eps 39-50)
#5: "Rain (???)" by SID (eps 51-62)

Ending Theme:
#1: "Uso (?)" by SID (eps 1-14)
#2: "LET IT OUT" by Miho Fukuhara (eps 15-26)
#3: "Tsunaida Te (?????)" by Lil'B (eps 27-38)
#4: "Shunkan Sentimental (?????????)" by SCANDAL (eps 39-50)
#5: "RAY OF LIGHT" by Nakagawa Shouko (eps 51-62)
#6: "Rain (???)" by SID (eps 63)
#7: "Hologram (?????)" by NICO Touches the Walls (eps 64)

Keseluruhan ( 9.1/10 )


Secara keseluruhan anime ini sangat baik. Alur cerita yang diberikan sedikit rumit dan terbelit-belit. Akan tetapi, ceritanya sangat menarik dan tidak membosankan, bahkan membuat penasaran tentang bagaimana kelanjutannya. Pertarungan yang disajikan juga tidak kalah seru dengan ceritanya. Dan yang membuat anime ini lebih menarik adalah karakter didalamnya, benar-benar menghibur dan tidak membosankan, terutama Ed dan kolonel Roy Mustang, kamu pasti suka. Belum lagi bagaimana cara kolonel Roy Mustang menyusun rencana yang selalu berada selangkah di depan musuh-musuhnya. Mungkin kamu awalnya sedikit tidak terbiasa dengan penggambaran karakter yang tidak seperti anime sekarang ini, tapi kamu akan terbiasa dan akan melihat kalau penggambaran karakternya tidaklah buruk bahkan baik. Komedinya juga tidak kalah menghibur dengan aksi-aksi didalamnya, cukup menghibur dan membuat tertawa.

Anime ini cocok buat kamu yang suka cerita petualangan dengan aksi dan komedi didalamnya, dengan tokoh utama yang cerdas dan jenius tetapi mempunyai tingkah yang kadang ceroboh, konyol, bodoh, dan kekanak-kanakan. Tokoh utama ceweknya yang hampir terlihat marah setiap kali bertemu, namun sebenarnya baik, peduli, dan perhatian. Dan tokoh-tokoh menarik lainnya, terutama Roy Mustang, kamu pasti suka. Bahkan saya menonton anime ini tidak sampai seminggu untuk menyelesaikannya, karena ceritanya yang memang membuat penasaran akan kelanjutannya.

Quotes: "Sebuah perjalanan tanpa rasa sakit takkan ada artinya. Karena manusia tidak bisa mendapatkan apapun tanpa mengorbankan sesuatu. Tapi ketika mereka mampu melakukan hal itu, manusia akan mendapatkan hati baja yang lebih keras dari apapun" -Edward Elric
LihatTutupKomentar