-->

Review Anime: Another


Detail:

Judul: Another (????)
Genre: Horror, Mystery, School, Supernatural, Thriller
Rating: R - 17+
Rilis: Winter 2012, 10 Januari - 27 Maret
Sumber: Novel
Tipe: TV
Episode: 12 + OVA (1)
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: P.A. Works
Produser: Lantis, Kadokawa Shoten, Toho, KlockWorx, Bandai Namco Live Creative, NTT Docomo
Lisensi: Sentai Filmworks

Another (????) adalah sebuah novel dengan 677 halaman yang ditulis oleh Ayatsuji Yukito. Terbit pertama kali di majalah literer Kadokawa Shoten pada Agustus 2006. Adaptasi manga yang digambar oleh Kiyohara Hiro dan di serialisasikan pada Mei 2010 di majalah  Young Ace. Diadaptasi menjadi serial TV anime yang disutradarai oleh Mizushima Tsutomu dan diproduksi oleh P.A.



Synopsis:

Sakakibara Kouichi yang pindah ke sekolah Yomiyama Utara, yang ditempatkan di kelas 3-3. Diperingatkan oleh teman sekelasnya untuk tidak berhubungan dengan gadis bernama Misaki Mei. Bahkan Misaki sendiri menyuruh Kouichi untuk menjauhinya. Kouichi yang merasa kalau suasana kelas terlihat suram, dimana para muridnya seperti ketakutan terhadap Misaki Mei, membuat Kouichi memperhatikan dan mengikuti Misaki Mei. Sampai akhirnya Misaki Mei menjelaskan kepada Kouichi tentang kelas 3-3 dan dirinya yang telah dikutuk. Kedekatan mereka berdua membuat berbagai hal mengerikan terjadi yang melibatkan hampir semua murid di kelas 3-3 yang berakhir dengan kematian.



Cerita ( 7.7/10 )

Awal cerita dimulai ketika Kouichi yang baru saja pindah ke wilayah Yomiyama Utara sadarkan diri di sebuah rumah sakit setelah pingsan karena kelelahan. Kouichi yang di jenguk oleh tiga orang perwakilan dari sekolah Yomiyama Utara, memperkenal diri kepada nya kalau mereka adalah Kazami dan Sakuragi, wakil dan ketua kelas, dan Izumi dari komite tindak pencegahan. Mereka bertanya dan memastikan apakah sebelumnya Kouichi pernah tinggal di Yomiyama. Kouichi menjawab kalau dulu ia pernah berkunjung ke Yomiyama sewaktu masih kecil. Setelah memastikan hal tersebut, mereka berpamitan untuk pulang.

Kouichi yang bertemu dengan gadis misterius yang mengenakan penutup mata dan membawa sebuah boneka kayu di dalam lift rumah sakit, membuatnya bertanya-tanya, kenapa dia menuju lantai paling bawah. Kouichi yang melihat gadis tersebut mengenakan seragam sekolah yang sama dengannya, dia pun langsung menanyakan apakah dia juga murid dari sekolah Yomiyama, dan menanyakan namanya juga. Gadis tersebut menjawab kalau namanya adalah Misaki Mei. Karena penasaran Kouichi pun memutuskan untuk mengikutinya. Melihat gadis tersebut berjalan kearah kamar mayat, membuat Kouichi merasa takut dan bergegas pergi meninggalkannya.

Kouichi yang sudah mulai masuk sekolah, dirinya ditempatkan di kelas 3-3. Sebelum masuk sekolah, Kouichi diberitahukan oleh tantenya yang bernama Mikami Reiko, yang merupakan wakil wali kelasnya. Kouichi diberitahukan kalau dirinya tidak boleh membawa masalah pribadi kedalam sekolah, dan menyuruhnya untuk memanggilnya dengan sebutan Mikami ketika berada di sekolah, dan Reiko ketika di rumah.

Kouichi yang baru saja keluar dari rumah sakit membuatnya tidak bisa mengikuti pelajaran jam olahraga, dan hanya bisa melihat saja. Kouichi yang saat itu melihat ada wanita sedang berdiri diatap sekolah, membuatnya penasaran dan menghampirinya. Wanita tersebut adalah Misaki Mei yang terlihat sedang menggambar. Kouichi bertanya kepadanya sedang apa dia disini dan tentang apa yang dilakukannya beberapa hari yang lalu ketika berada dirumah sakit. Misaki Mei menjawab kalau dirinya tidak suka ditanyai, dan dia memberitahukan kepada Kouichi kalau kelas 3-3 berbeda dengan kelas lainnya. Misaki mengatakan kalau nanti dirinya akan tau semuanya dengan sendirinya. Sebelum pergi, Misaki memberitahukan kepada Kouichi kalau dia tidak boleh dekat dan berbicara dengannya.

Pulang sekolah, ketika sedang hujan, diperjalanan Kouichi melihat Misaki sedang dalam perjalanan pulang tanpa mengenakan payung. Karena penasaran dengan apa yang dikatakan sebelumnya, Kouichi memutuskan untuk mengikutinya. Kouichi yang kehilangan jejaknya, tidak jauh dari tempat dia berada, Kouichi melihat sebuah toko boneka yang nampak menyeramkan, dan mengingatkannya dengan Misaki. Kouichi memutuskan untuk masuk kedalam toko tersebut untuk melihat-lihat. Kouichi terkejut karena kemunculan tiba-tiba Misaki yang tepat berada dibelakangnya. Kouichi bertanya beberapa hal mengenai apa yang dilakukannya di toko tersebut dan tidak lupa pula menanyakan tentang apa yang di bicarakannya waktu berada di atas atap sekolah.

Kouichi yang merasa penasaran, juga tertarik dengannya, memutuskan untuk mendekati dan menjadikannya teman. Awalnya Misaki menolak ajakannya, begitu juga teman-temannya yang selalu memberitahukan kepada Kouichi untuk menjauhinya. Kouichi yang mengabaikan peringatan teman-temannya dan terus berusaha mendekati Misaki, membuat Misaki menyerah dan menerimanya.

Kedekatan mereka berdua membuat berbagai hal mengerikan terjadi yang melibatkan seluruh penghuni kelas 3-3. Misaki menjelaskan kepada Kouichi kalau kelas 3-3 telah dikutuk, dimana jika jumlah murid yang ada di kelas 3-3 tidak sesuai dengan aturan, maka akan terjadi kejadian yang menimpa murid di kelas 3-3 yang menyebabkan kematian. Misaki memberitahukan bahwa dikelas 3-3 terdapat satu siswa tambahan, dimana siswa tersebut sudah pernah mati (hantu). Kouichi yang mengetahui hal tersebut memutuskan untuk mencari tahu segala tentangnya dan mencoba mengetetahui kebenarannya, lalu mengakhirinya. Dengan bantuan Misaki, dia mencari tahu segala hal mengenai kutukan tersebut. Mulai dari mencari informasi sampai penelusuran mereka lakukan.

Naoya dan Yuuya, teman sekelas Kouichi dan Misaki, memutuskan untuk membantu mereka untuk mencari tahu kebenaran dibalik kutukan tersebut. Seiring berjalannya waktu, dan berbagai hal mengerikan terjadi, mereka akhirnya berhasil menemukan cara untuk mengakhiri kutukan tersebut.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.6/10 )


Another memiliki grafis dengan kualitas gambar yang baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton.

Karakter ( 7.6/10 )

#1 Misaki Mei


Misaki Mei merupakan salah satu murid dari sekolah Yomiyama Utara yang berada di kelas 3-3. Dia adalah gadis misterius dengan penutup mata pada bagian kiri matanya. Dia diberi label sebagai salah satu yang "tidak ada", dimana keberadaannya tidak pernah dianggap ada oleh teman sekelasnya. Terlihat dingin dan tidak peduli dengan apapun. Namun, sebenarnya dia adalah gadis yang baik. Pengisi suara; Takamori Natsumi.

#2 Sakakibara Kouichi


Sakakibara Kouichi adalah siswa pindahan yang ditempatkan di kelas 3-3 Yomiyama Utara. Kouichi yang tertarik dan penasaran dengan Misaki Mei, berusaha mendekati dan menjadi temannya. Dia adalah orang yang baik dan peduli terhadap orang-orang disekitarnya. Tidak peduli dengan peringatan untuk menjauhinya, dia memilih untuk berteman dengannya, tanpa tahu tentang masalah yang akan ditimbulkannya. Karena kedekatannya dengan Misaki, membuatnya diberi label sebagai salah satu yang "tidak ada", sama seperti Misaki. Pengisi suara; Abe Atsushi.

#3 Teshigawara Naoya


Teshigawara Naoya merupakan salah satu murid dari sekolah Yomiyama Utara yang berada di kelas 3-3. Naoya adalah orang yang mampu mengurangi rasa ketegangan yang terdapat di kelas 3-3. Tingkah yang diberikan Naoya seringkali membuat suasana kelas membaik. Naoya adalah orang pertama yang masih mau berbicara dengan Kouichi dan Misaki walaupun mereka berdua dianggap yang "tidak ada". Dia merupakan salah satu murid kelas 3-3 yang mau berbicara dan berteman dengan Kouichi dan Misaki, dimana Naoya percaya terhadap mereka berdua. Pengisi suara; Maeno Tomoaki.

#4 Akazawa Izumi


Akazawa Izumi merupakan salah satu murid dari sekolah Yomiyama Utara yang berada di kelas 3-3. Sikap tegasnya menjadikannya sebagai komite "tindakan pencegahan", untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di kelas 3-3. Terlihat dingin, namun semua itu dilakukan demi kebaikan dan keselamatan teman-teman di kelasnya. Dia adalah orang yang sangat merasa bertanggung jawab atas kejadian yang menimpa teman-temannya. Pengisi suara; Yonezawa Madako.

#5 Mochizuki Yuuya


Mochizuki Yuuya adalah salah satu murid dari sekolah Yomiyama Utara yang berada di kelas 3-3. Ketertarikannya terhadap lukisan membuatnya bergabung dengan klub seni. Dia adalah orang yang sangat takut dengan kutukan yang terdapat di kelas 3-3. Meski begitu, dia masih mau berbicara dan berteman dengan Kouichi dan Misaki, dimana Yuuya percaya terhadap mereka berdua. Pengisi suara; Yamamoto Kazutomi.

#6 Mikami Reiko


Mikami Reiko adalah tante Kouichi. Dia adalah adik dari ibu Kouichi. Reiko merupakan wakil wali kelas 3-3 di tempat Kouichi bersekolah. Dia memberikan saran kepada Kouichi untuk mematuhi peraturan yang terdapat di sekolah terutama di kelas 3-3. Dia juga menyuruh Kouichi untuk memisahkan kehidupan pribadi dari kehidupan sekolah, dimana Kouichi hanya boleh memanggilnya sebagai Reiko dirumah, dan Mikami disekolah. Pengisi suara; Sakakibara Naoko.

Musik ( 6.5/10 )


Opening Theme:
#1: "Kyoumu Densen (????)" by ALI PROJECT

Ending Theme:
#1: "anamnesis" by Annabel

Keseluruhan ( 7.8/10 )


Secara keseluruhan anime ini baik. Memiliki alur cerita yang sangat menarik dan menegangkan. Untuk anime yang bertemakan horror, another merupakan anime yang berhasil, dan menarik banyak perhatian. Cerita yang menegangkan dengan kejadian tragis yang terdapat didalamnya, membuat anime ini banyak disukai oleh penggemarnya, terutama yang menyukai anime dengan genre horror. Karakter didalamnya juga tidak membosankan, terutama Misaki Mei yang terlihat misterius. Soundtracknya sendiri untuk Opening Themenya bagus, karena sangat menunjukkan identitas animenya yang bergenre horror, sedangkan Ending Themenya sangat membosankan menurut saya.

Anime ini cocok buat kamu yang suka cerita seram, terlebih terdapat kejadian kejadian tragis didalamnya, seperti kecelakaan dan kematian yang mengenaskan.

Quotes: "Tak peduli seberapa banyak orang yang kita kenal, sebenarnya kita sendirian" -Misaki Mei
LihatTutupKomentar