-->

Review Anime: Gekkan Shoujo Nozaki-kun


Detail:

Judul: Gekkan Shoujo Nozaki-kun (????????)
Genre: Comedy, Romance, School
Rating: PG-13 - Teens 13 or older
Rilis: Summer 2014, 7 Juli - 22 September
Sumber: 4-koma manga
Tipe: TV
Episode: 12 + Spesial (6)
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: Doga Kobo
Produser: TV Tokyo, Frontier Works, Media Factory, AT-X, Sony Music Communications
Lisensi: Sentai Filmworks

Gekkan Shoujo Nozaki-kun (????????) adalah manga empat panel bergenre komedi romantis yang ditulis dan digambar oleh Tsubaki Izumi. Setiap babnya yang diunggah secara berseri di Gangan Online telah diterbitkan oleh Square Enix di majalah Shoujo Romance Girly. Diadaptasi menjadi serial anime televisi yang ditulis oleh Nakamura Yoshiko, diubah oleh Hashimoto Yukari bersama Media Factory, dan diproduksi oleh studio Doga Kobo.



Synopsis:

Sakura Chiyo adalah gadis SMA yang telah lama memperhatikan dan jatuh cinta kepada teman satu sekolahnya, Nozaki Umetarou. Akan tetapi, saat Sakura menyatakan cintanya kepada Nozaki, Nozaki salah paham dan mengira Sakura sebagai seorang penggemarnya lalu memberinya sebuah tanda tangan. Saat Sakura mengatakan ingin selalu berada bersama Nozaki, Nozaki malah mengajak Sakura untuk ikut kerumahnya. Sakura yang diminta untuk membantunya menggambar beta manga, akhirnya menyadari kalau Nozaki sebenarnya seorang mangaka shojo terkenal dengan nama pena Yumeno Sakiko. Semua kesalahpahaman yang terjadi menyebabkan Sakura menjadi salah satu asisten manga Nozaki. Kedekatan mereka berdua selama membuat manga, membuat mereka mengenal dan berteman dengan orang-orang yang unik, yang menyebabkan banyak kejadian-kejadian lucu.



Cerita ( 8/10 )

Awal cerita dimulai ketika Sakura Chiyo, gadis SMA, yang menyatakan cintanya kepada teman satu sekolahnya, Nozaki Umetarou. Akan tetapi, saat Sakura menyatakan cintanya kepada Nozaki, Nozaki salah paham dan mengira Sakura sebagai seorang penggemarnya lalu memberinya sebuah tanda tangan. Saat Sakura mengatakan ingin selalu bersama Nozaki, Nozaki malah mengajak Sakura untuk ikut kerumahnya. Sakura yang diminta untuk membantunya menggambar beta manga, akhirnya menyadari kalau Nozaki sebenarnya seorang mangaka shojo terkenal dengan nama pena Yumeno Sakiko, penulis dari manga shojo terkenal berjudul Koi Shi Yo yang kebetulan Sakura juga mempunyai dan membaca karya manganya.

Keesokan harinya, Sakura yang bertemu dengan Nozaki yang sambil membawa manga buatannya, Koi Shi Yo. Bertanya kepada Nozaki untuk memastikan kalau dia benar-benar Yumeno Sakiko, dan ternyata benar. Disekolahnya, termasuk Sakura, hanya ada beberapa orang saja yang mengetahui kalau Nozaki adalah mangaka shojo terkenal. Bukan menyembunyikannya, akan tetapi ketika Nozaki memberitahukan kepada teman-temannya kalau dialah orang yang membuat manga yang berjudul Koi Shi Yo, mereka tidak mempercayainya. Dimana diketahui kalau manga yang berjudul Koi Shi Yo merupakan manga romantis yang mampu membuat pembacanya ikut merasakannya, sedangkan Nozaki sendiri adalah orang yang sangat polos dan terbuka, yang mengatakan dan melakukan apa saja yang ada dipikirannya tanpa rasa malu sedikitpun, dan yang paling penting adalah Nozaki sendiri merupakan orang yang sangat tidak peka terhadap yang namanya cinta, bahkan dia belum pernah merasakan jatuh cinta untuk pertama kalinya.

Semua kesalahpahaman yang terjadi di antara Sakura dan Nozaki menyebabkan Sakura menjadi salah satu asisten manga Nozaki. Kedekatan mereka berdua membuat mereka mengenal banyak orang unik yang menyebabkan banyak kejadian-kejadian lucu terjadi disekitar mereka. Sakura yang bahagia karena bisa dekat dan menghabiskan banyak waktu bersama Nozaki sebagai asistennya, membuatnya mengenal lebih dalam tentang Nozaki, yang ternyata sangat berbeda dengan apa yang dipikirkan selama ini tentangnya.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.9/10 )



Gekken Shoujo Nozaki-kun mempunyai grafis dan kualitas gambar yang baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton tentunya.

Karakter ( 8/10 )

#1 Sakura Chiyo



Sakura Chiyo, murid kelas dua yang merupakan anggota dari klub seni disekolahnya. Sakura adalah orang yang bersemangat dan nampak ceria, dia juga mudah berteman, ramah dan perhatian. Bahkan dia berteman baik dengan Seo Yuzuki, gadis yang sering membuat orang-orang disekitarnya kesal padanya. Dia juga bingung dan tidak bisa mengatakan kepada orang yang dia kenalkan kepada Seo, mengapa orang-orang kesal kepadanya. Dia sudah lama memperhatikan dan suka kepada Nozaki. Kesalahpahaman ketika Sakura menyatakan cintanya kepada Nozaki menjadikannya asisten manga Nozaki. Sakura yang merupakan anggota klub seni juga menjadikannya salah satu alasan mengapa Nozaki menjadikannya asisten. Sebagai asisten Nozaki, Sakura bertugas menggambar beta pada manganya. Pengisi suara; Ozawa Ari.

#2 Nozaki Umetarou



Nozaki Umetarou adalah mangaka shojo terkenal dengan nama pena Yumeno Sakiko, dan dia merupakan murid kelas dua yang satu sekolah dengan Sakura. Dia adalah orang yang polos dan serius, yang mengatakan dan melakukan apa saja yang ada dipikirannya, yang membuatnya kadang terlihat bodoh dan konyol. Dia menjadi sangat bersamangat jika berkaitan dengan manga, bahkan hidupnya tampak terlihat berputar di sekitar melakukan penelitian untuk menganya. Dia juga termasuk orang yang tidak peka terhadap yang namanya cinta, yang anehnya dia mampu membuat manga romantis berjudul "Mari Jatuh Cinta" yang bisa membuat pembacanya merasa nyaman dan ikut merasakannya. Meskipun dia tidak sadar akan perasaan Sakura sebenarnya terhadapnya, terlihat kalau dia menikmati kehadirannya dan sering menghabiskan waktu bersama-sama baik di sekitar maupun di luar sekolah. Pengisi suara; Nakamura Yuuichi.

#3 Mikoshiba Mikoto



Mikoshiba Mikoto adalah teman satu sekolah Sakura, murid kelas dua yang merupakan salah satu asisten dan teman terbaik Nozaki. Nozaki memanggilnya dengan nama Mikorin. Dia juga merupakan teman sekelas Kashima Yuu, yang dianggapnya sebagai saingannya. Mikoshiba adalah orang yang menarik banyak perhatian gadis-gadis, dan dikagumi oleh para pria juga. Namun dalam kenyataannya, dia adalah orang yang pemalu dan "tsundere". Dia juga suka memuji dirinya sendiri ketika menggoda gadis-gadis, dan anehnya setelah dia memuji dirinya sendiri, dia malah menjadi malu karena kata-kata dan tindakan memuji dirinya sendiri tersebut. Dan ini merupakan alasan mengapa Nozaki memanggilnya Mikorin. Terlepas dari itu semua, Mikoshiba adalah orang yang baik dan mau membantu siapa saja yang membutuhkannya meskipun awalnya karena mereka yang membutuhkan bantuannya memujinya. Tugasnya sebagai asisten Nozaki adalah menggambar bunga, efek, dan aksesori untuk memunculkan pesona pada karakter manganya. Pengisi suara; Okamoto Nobuhiko.

#4 Seo Yuzuki



Seo Yuzuki adalah teman satu sekolah, dia murid kelas dua dan juga teman sekelas Sakura. Dia adalah anggota klub paduan suara, dan dia mempunyai suara yang sangat indah sehingga dia mendapat julukan sebagai "Lorelei", penyihir yang memancing pelaut dengan suara indahnya, kemudian menghancurkannya. Dia adalah orang yang bisa dengan mudah menyinggung perasaan seseorang. Dia bertindak dengan dorongan hati dan tidak pengertian terhadap orang lain. Dia benar-benar tidak peka terhadap perasaan orang-orang disekitarnya yang sering kali membuat mereka kesal padanya. Terlepas dari semua itu, Seo adalah orang yang energik dan melakukan semuanya dengan penuh semangat. Dia juga baik dan mau menolong siapa saja yang membutuhkannya. Pengisi suara; Sawashiro Miyuki.

#5 Kashima Yuu



Kashima Yuu adalah teman satu sekolah Sakura, dia murid kelas dua dan juga teman sekelas Mikoshiba Mikoto. Dia adalah anggota klub drama, dan dia merupakan pangeran sekolah, meskipun dia perempuan. Dia sangat populer di kalangan gadis-gadis dan bermain-main dengan mereka. Ketika bersama para gadis, sifatnya yang mencerminkan layaknya seorang pangeran pun muncul. Dia sering menggoda gadis dan memanggil mereka, "hime" (putri). Kepopulerannya terhadap gadis-gadis membuatnya dianggap sebagai saingan oleh Mikoshiba. Akan tetapi, dari nilai akademis, olahraga, dan tes keberanian semuanya mengalahkan Mikoshiba, kemudian setelah itu Mikoshiba menganggapnya sebagai teman. Memiliki nilai akademis dan olahraga yang bagus, kekurangannya hanyalah bernyanyi. Dia memiliki suara yang sumbang. Kashima sering mencari perhatian terhadap Hori, yang dipanggilnya dengan sebutan Hori-chan-senpai, yang merupakan ketua klub drama. Dia juga sering membolos latihan klub drama, dimana ini juga merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian Hori, dimana ketika dia membolos Hori pasti akan mencari dan menemukannya, lalu menyeretnya untuk ikut latihan. Kashima adalah orang yang baik dan pengertian, dia juga selalu mencoba membuat Hori senang dengan berbagai macam cara, termasuk cara yang aneh dan konyol yang membuat Hori seringkali memarahinya. Pengisi suara; Nakahara Mai.

#6 Hori Masayuki



Hori Masayuki adalah teman satu sekolah Sakura, dia adalah murid kelas tiga yang merupakan ketua klub drama. Dia pandai berakting, tetapi berhenti karena tinggi badannya yang pendek. Dia sekarang bertanggung jawab atas properti dan bekerja dibalik layar. Dia menyerahkan bagian yang ditinggalkannya kepada Kashima, yang mempunyai postur badan ideal dan berakting yang sangat baik. Kashima selalu menyebabkan dia kesulitan, dimana dia sering membolos latihan dan melewatkan tugas klub. Dia sering menjemput Kashima yang membolos dan melarikan diri dari tanggung jawabnya di klub dengan cara yang cukup agresif. Meskipun terlihat kasar, dia sudah seperti seseorang yang menjaga, memperhatikan, dan menyayangi Kashima, meskipun dia sendiri sangat kesal dengannya. Dia juga merupakan salah satu asisten Nozaki yang bertanggung jawab atas latar belakang pada manganya. Pengisi suara; Ono Yuuki.

#7 Wakamatsu Hirotaka



Wakamatsu Hirotaka adalah teman satu sekolah Sakura, dia adalah murid kelas satu yang merupakan adik kelas dari mereka semua. Dia adalah anggota klub bola basket, dan telah mengenal Nozaki sejak SMP karena mereka berada di klub basket yang sama. Dia dan klubnya melawan Seo dalam latihan pertandingan bola basket. Permainan Seo yang kasar dan tak bisa dihentikan, dan sering menabrak Wakamatsu membuatnya tidak bisa tidur memikirkan perbuatannya dan masa depan klub basketnya. Dimana diketahui kalau Seo hampir setiap hari datang untuk berlatih tanding dengan klub basketnya. Dia bisa tidur nyenyak setelah mendengar lagu dari Lorelei, dan menganggap kalau Lorelei adalah penyelamat hidupnya, tanpa mengetahui identitas sebenarnya. Dia juga tahu kalau Nozaki adalah seorang mangaka shojo terkenal, bahkan tanpa disadarinya ternyata dia mempunya bakat untuk menempelkan screentone pada manga dan ini membantu pekerjaan Nozaki. Wakamatsu adalah orang yang baik, yang tidak suka perkelahian dan tidak ingin membuat seorang wanita menangis. Pengisi suara; Kimura Ryouhei.

Musik ( 7.7/10 )



Opening Theme:
#1: "Kimi ja Nakya Dame Mitai (???????????)" by Ooishi Masayoshi (????)

Ending Theme:
#1: "Ura Omote Fortune (?????�??????)" by Sakura Chiyo (Ozawa Ari) (eps 1-11)

Keseluruhan ( 8.2/10 )



Secara keseluruhan anime ini sangat baik. Alur ceritanya menarik, permasalahan didalam cerita sangat ringan dan mudah diikuti, juga menghibur dan lucu, tidak membosankan. Karakter didalamnya juga sangat menghibur dan tidak membosankan, terutama Nozaki Umetarou dan Mikoshiba Mikoto, kamu pasti suka. Cerita didalamnya kental akan komedi. Cerita romantis didalamnya memang tidak banyak dan tidak terlalu menonjol. Akan tetapi, ada beberada adegan yang cukup romantis didalamnya meski dibalut dengan adegan komedi.

Anime ini sangat cocok buat kamu yang suka cerita romantis komedi, terutama yang ceritanya lebih kental komedi dibandingkan romantisnya. Tokoh utama cowoknya yang tidak peka dan serius, namun tampak bodoh karena kepolosannya dalam mengatakan dan melakukan apa saja yang ada dipikirannya.
LihatTutupKomentar