-->

Review Anime: Nisekoi


Detail:

Judul: Nisekoi (????)
Genre: Harem, Comedy, Romance, School, Shounen
Rating: PG-13 - Teens 13 or older
Rilis: Winter 2014, 11 Januari - 24 Mai
Sumber: Manga
Tipe: TV
Episode: 20 + OVA (2)
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: Shaft
Produser: Aniplex, Mainichi Broadcasting System, Shueisha
Lisensi: Aniplex of America

Nisekoi (????) adalah sebuah serial manga Jepang karya Naoshi Komi. Diadaptasi menjadi sebuah serial anime televisi yang ditulis oleh Akiyuki Shinbo dan Fuyashi Tou, yang disutradarai oleh Naoyuki Tatsuwa dan Akiyuki Shinbo, dan diproduksi oleh Shaft.

Synopsis:

Ichijou Raku, seorang putra pemimpin sekaligus pewaris tunggal Yakuza, terpaksa harus berpura-pura berpacaran dengan putri pemimpin American Bee Hive Gang, Kirisaki Chitoge, untuk menghindari peperangan antar kedua geng. Sayangnya, kenyataan tidak berpihak kepada mereka berdua, dimana Raku dan Chitoge sudah saling membenci satu sama lain pada pertemuan pertama sebelum akhirnya mereka harus berpura-pura pacaran. Chitoge menganggap kalau dia adalah orang yang menyedihkan, dan di mata Raku, Chitoge bagaikan gorila buas. Tanpa mereka sadari, kedekatan mereka berdua selama berpura-pura pacaran membuat mereka saling mengenal dan mengerti satu sama lain.



Cerita ( 7.7/10 )

Pada awal semester satu kelas sepuluh, seorang perempuan yang datang terlambat ke sekolah mencoba masuk dengan melompati pagar, sampai akhirnya menabrak Raku yang kebetulan berada dibalik pagar tersebut, membuat Raku terluka dan menjatuhkan liontin berharganya. Perempuan tersebut langsung meminta maaf sambil berlari meninggalkan Raku begitu saja.

Pada saat jam pelajaran, walikelas mereka, Hihara Kyouko, memberitahukan kalau hari ini mereka kedatangan murid pindahan baru, dan ketika murid pindahan tersebut masuk dan memperkenalkan kalau dirinya adalah Kirasaki Chitoge, murid pindahan asal Amerika, membuat Raku terkejut dan langsung memarahinya karena ternyata murid tersebut adalah orang yang menabraknya tadi. Kyouko-sensei yang menganggap kalau mereka sudah saling mengenal, menugaskan Raku untuk mengenalkan gedung sekolah kepada Chitoge. Raku dan Chitoge yang sama-sama tidak setuju dan mengejek satu sama lain, mau tidak mau harus tetap melakukannya karena perintah guru. Saat Raku menyadari liontinnya telah hilang, dia memarahi Chitoga lagi, meminta pertanggungjawaban atas kehilangan tersebut. Chitoge pun berjanji akan membantu mencarikan liontin tersebut sampai dapat. Chitoge yang bertanya mengenai liontin tersebut, Raku menjawab kalau liontin itu adalah pemberian teman masa kecilnya yang sangat berharga, dimana liontin tersebut adalah satu-satunya bukti tentang janjinya bersama teman masa kecilnya sepuluh tahun yang lalu, yang Raku sendiri tidak ingat siapa teman masa kecilnya tersebut.

Chitoge yang menganggap kalau Raku adalah orang yang menyedihkan dan lembek seperti toge, dan di mata Raku, Chitoge terlihat seperti gorila buas dengan kekuatan yang dimilikinya. Setiap hari, saat mereka bertemu, mereka selalu bertengkar dan mengejek satu sama lain, yang membuat mereka terlihat dekat dan akrab dimata murid-murid lainnya. Bahkan rumor tentang mereka berpacaran pun tersebar, ini membuat mereka menjadi kesal dan semakin cepat mencarinya.

Tetapi pada suatu hari, Chitoge yang marah karena merasa lelah mencari dan menganggap remeh janji tentang liontin itu dan menganggap benda itu tak penting lagi. Mendengarnya, Raku pun membentak Chitoge dan menyuruhnya untuk berhenti membantu mencarinya lagi jika memang ini menyusahkan. Keesokan harinya, ketika Raku sedang mencarinya sendirian, tiba-tiba dia melihat Chitoge sedang berdiri di depannya dan melemparkan sesuatu kencang ke arah mukanya, ternyata benda yang dilemparkannya itu adalah liontin yang selama ini dicari. Onodera, teman sekelas mereka yang kebetulan ada disana menceritakan kepada Raku kalau Chitoge sebenarnya mencarinya seharian penuh kemarin. Mendengarnya membuat Raku mulai tahu kalau sebenarnya dia adalah orang yang baik, hanya saja tidak bisa jujur pada dirinya sendiri.

Ketika pulang, Raku yang dipangil ayahnya untuk membicarakan masalah serius, ternyata ingin menjodohkan Raku dengan putri pemimpin American Bee Hive Gang yang merupakan teman ayahnya. Mendengarnya Raku pun terkejut dan tidak percaya, dimana Raku sendiri sudah mempunyai seseorang yang disukainya. Mendengar suara perempuan di balik pintu ketika dia sedang berbicara mengenai perjodohan dengan ayahnya, Raku menyadari satu hal, kalau suaru tersebut adalah suara teman sekelasnya, Chitoge, dan ternyata benar. Raku yang terkejut begitu juga dengan Chitoge, tidak percaya kalau ternyata orang yang dijodohkan adalah mereka berdua. Mereka yang sama-sama menentang dan tidak setuju dengan perjodohan tersebut akhirnya harus pasrah menyetujuinya setelah mendengar penjelasan dari ke dua orang tua mereka, kalau ini mereka lakukan untuk menghindari peperangan antar ke dua geng, Yakuza dan American Bee Hive. Mereka juga menjelaskan kalau perjodohan ini hanyalah sebatas kebohongan untuk meredam amarah antar ke dua geng. Mereka berdua diminta untuk berpura-pura pacaran dan bersikap romantis selama tiga tahun, ketika ada anggota ke dua geng yang melihat mereka berdua.

Selama berpura-pura pacaran, mereka yang selalu berdebat dan bertengkar mengenai hal tersebut, tanpa mereka sadari, mereka menjadi lebih dekat dan mengenal lebih dalam satu sama lain.

Grafis & Kualitas Gambar ( 8/10 )



Nisekoi mempunyai grafis dengan kualitas gambar yang baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton tentunya.

Karakter ( 7.8/10 )

#1 Ichijou Raku



Ichijou Raku adalah anak dari pemimpin Yakuza. Dia memiliki karakter yang biasa saja, normal seperti orang pada umumnya. Baik hati dan suka membantu mereka yang sedang kesulitan, dia juga pandai memasak, bahkan dia biasa membuatkan makan untuk para anggota Yakuzanya. Raku berharap suatu saat dapat terbebas dari kehidupan Yakuzanya. Dia bersahabat dengan Shuu, teman sekelasnya yang juga teman masa kecilnya. Dia menyukai Onodera Kosaki, teman sekelasnya. Pengisi suara; Uchiyama Kouki.

#2 Kirisaki Chitoge



Kirisaki Chitoge adalah anak dari pemimpin American Bee Hive Gang. Ayahnya adalah orang Amerika dan Ibunya orang Jepang. Dia pindah ke Jepang karena pekerjaan ayahnya. Dia memiliki karakter yang bersemangat dan penuh energik. Baik hati dan selalu tampak ceria, dia menjalani kehidupannya dengan penuh semangat. Dia juga penasaran dan selalu tertarik dengan sesuatu hal yang baru baginya. Sayang, dia bukanlah orang yang peka terhadap perasaannya sendiri. Bahkan sampai saat ini dia belum pernah merasakan yang namanya jatuh cinta. Pengisi suara; Touyama Nao.

#3 Onodera Kosaki



Onodera Kosaki adalah teman sekelas Raku. Keluarganya membuka usaha berjualan makanan manisan jepang. Ahli dalam menghias makanan, dan cita rasanya terhadap makanan juga baik, anehnya dia tidak pandai memasak. Dia adalah orang yang baik hati dan mau membantu yang sedang kesusahan. Bersahabat dengan Ruri sejak SMP, dia juga menyukai Raku sejak SMP, tetapi malu untuk mengungkapkan perasaanya. Bahkan dia sampai memilih untuk masuk SMA yang sama dengan Raku. Pengisi suara; Hanazawa Kana.

#4 Tsugumi Seishirou



Tsugumi Seishirou adalah teman masa kecil sekaligus pengawal pribadi Chitoge. Datang jauh-jauh dari Amerika dan menjadi murid pindahan disekolah yang sama dengan Chitoge. Berpenampilan seperti seorang pria sering membuat orang-orang disekitarnya salah mengira kalau dirinya adalah seorang pria. Baik hati dan sangat perhatian terhadap Chitoge. Dia bahkan sangat tegas kepada orang-orang yang mengganggu Chitoge. Sama seperti Chitoge, dia juga belum pernah merasakan yang namanya jatuh cinta. Pengisi suara; Komatsu Mikako.

#5 Tachibana Marika



Tachibana Marika adalah teman masa kecil Raku. Dia juga merupakan murid pindahan yang datang kesekolah ketempat yang sama dengan Raku agar bisa bertemu dengannya setiap hari. Periang dan terbuka, dia secara terang-terangan mengatakan kalau dirinya suka kepada Raku. Bahkan dia selalu mendekati Raku tanpa malu dan sebagainya. Terlihat tegar tapi sebenarnya dia mempunyai tubuh yang lemah. Dia selalu berusaha untuk menjadi wanita yang diinginkan Raku. Pengisi suara; Asumi Kana.

#6 Maiko Shuu



Maiko Shuu adalah teman sekelas dan juga merupakan teman masa kecil Raku. Dia sangat bersahabat dengan Raku, dia juga orang yang mendengarkan cerita dan masalah Raku. Terlihat konyol dan bodoh, tapi sebenarnya dialah orang yang paling dewasa diantara teman-temannya. Dia menyukai gurunya yang merupakan walikelasnya, Hihara Kyouko. Pengisi suara; Kaji Yuki.

#7 Miyamoto Ruri



Miyamoto Ruri adalah sahabat Onodera Kosaki. Dia mengenal Kosaki pertama kali pada saat SMP. Ruri adalah orang yang tahu kalau Kosaki menyukai Raku. Bahkan dia lebih memilih masuk ke SMA yang sama dengan Kosaki daripada tujuan sebelumnya. Dia sering membantu menciptakan kondisi dimana Kosaki bisa berdua bersama Raku. Baik hati dan peduli, Ruri juga merupakan orang yang pandai dan rajin belajar. Pengisi suara; Uchiyama Yumi.

Musik ( 7.2/10 )



Opening Theme:
#1: "CLICK" by ClariS (eps 2-14)
#2: "STEP" by ClariS (eps 15-20)

Ending Theme:
#1: "CLICK" by ClariS (eps 1)
#2: "Heart Pattern" by Kirisaki Chitoge (Touyama Nao) (eps 2)
#3: "Recover Decoration (???????????)" by Onodera Kosaki (Hanazawa Kana) (eps 3-5)
#4: "TRICK BOX" by Tsugumi Seishirou (Komatsu Mikako) (eps 6-8)
#5: "Order x Order (????�????)" by Miyamoto Ruri (Uchiyama Yumi) (eps 9-11)
#6: "Hanagonomi (?????)" by Tachibana Marika (Asumi Kana) (eps 12-13)
#7: "STEP" by ClariS (eps 14)
#8: "Souzou Diary (???????)" by Kirisaki Chitoge (Touyama Nao), Onodera Kosaki (Hanazawa Kana), Tsugumi Seishirou (Komatsu Mikako), Tachibana Marika (Asumi Kana) (eps 15-17, 20)
#9: "Taisetsu no Tsukurikata (??????)" by Kirisaki Chitoge (Touyama Nao), Onodera Kosaki (Hanazawa Kana) (eps 18-19)

Keseluruhan ( 7.7/10 )



Secara keseluruhan anime ini baik. Alur yang diberikan sangat menarik, permasalahan didalam cerita tidak terlalu berat namun sedikit rumit dan berbelit-belit. Karakter didalamnya juga tidak membosankan, terutama Raku, Chitoge, dan Shuu, mereka bertiga mempunyai tingkah yang cukup lucu dan menghibur. Anime ini cocok buat kamu yang suka cerita romantis harem, terutama yang suka dengan cerita dimana pertemuan pertama antara tokoh utama dengan si cewek adalah bencana, dimana mereka awalnya saling membenci terlebih dulu dan saling bertengkar setiap kali bertemu sampai akhirnya saling mengerti satu sama lain. Mungkin ada diantara kalian yang kepikiran tentang kedua geng yang terdapat didalam cerita. Tapi tenang, anime ini benar-benar menceritakan tentang kisah romantis anak sekolahan. Kedua geng ini malah terlihat seperti keluarga mereka yang mencoba memberikan yang terbaik untuk kedua pemimpin penerus mereka, dan beberapa kali juga terlihat tingkah-tingkah konyol yang dilakukan kedua geng ini yang membuat cerita menjadi lebih seru dan lebih lucu, menghibur tentunya.

Quotes: "Bagaimanapun kamu merubah penampilan, jika sikapmu belum berubah itu sama saja seperti kamu yang dulu" -Ichijou Raku
LihatTutupKomentar