-->

Review Anime: Boku no Hero Academia


Detail:

Judul: Boku no Hero Academia (???????????)
Genre: Action, Comedy, School, Shounen, Super Power
Rating: PG-13 - Teens 13 or older
Rilis: Spring 2016, 3 April - 26 Juni
Sumber: Manga
Tipe: TV
Episode: 13 + OVA (2)
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: Bones
Produser: Dentsu, Mainichi Broadcasting System, Movic, TOHO animation, Shueisha
Lisensi: Funimation

Boku no Hero Academia (???????????) adalah serial manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Horikoshi Kohei. Ini telah diserialisasikan di Weekly Shonen Jump sejak Juli 2014. Diadaptasi menjadi sebuah serial anime televisi yang ditulis oleh Kuroda Yosuke, desain karakter oleh Umakoshi Yoshikiko, dan musik disusun oleh Hayashi Yuki, yang disutradarai oleh Nagasaki Kenji, dan diproduksi oleh studio Bones.

Synopsis:

Midoriya Izuki, seorang anak laki-laki yang lahir tanpa kekuatan super yang disebut dengan quirks atau bakat, di dunia dimana kekuatan super, quirks, adalah hal yang normal. Sejak kecil Izuki sudah sangat mengidolakan dan berambisi menjadi pahlawan. Namun, karena tidak mempunyai bakat sama sekali, dia sering diejek dan diremehkan oleh teman-temannya. Kegigihannya yang ingin menjadi pahlawan meskipun tidak mempunyai bakat telah membuahkannya hasil. Izuki bertemu dengan All Might, pahlawan nomer satu yang merupakan idolanya, yang mengubah hidupnya.



Cerita ( 8.3/10 )

Awal cerita dimulai ketika Midoriya Izuki, seorang anak SMP yang sedang berangkat menuju sekolahnya, diperjalanan dia melihat seorang penjahat yang sedang mengamuk dan para pahlawan yang sedang mencoba menghentikannya. Izuki yang sangat mengidolakan dan berambisi menjadi pahlawan suatu hari nanti, membuatnya mencatat segala apapun yang berhubungan dengan pahlawan kapanpun dia bisa.

Disekolahnya, Izuki selalu diejek dan diremehkan oleh teman-temannya karena tidak mempunyai kekuatan super yang disebut quirks atau bakat. Di dunia dimana kekuatan super, quirks, adalah normal, dimana pada saat anak-anak berusia empat tahun, kekuatan ini akan sudah terlihat dan dimilikinya. Izuki yang kekuatannya tidak pernah muncul, ternyata dia tidak mempunyai kekuatan super, quirks, sama sekali pada dirinya. Mengetahui hal tersebut membuat Izuki yang sangat mengidolakan dan berambisi menjadi pahlawan sangat sedih dan menangis karenanya. Namun itu tidak membuatnya menyerah untuk menjadi pahlawan seperti All Might, pahlawan nomer satu yang merupakan idolanya.

Bakugou Katsuki, biasa dipanggil Kacchan oleh Izuki, dia adalah teman masa kecil sekaligus teman sekelas Izuki di SMP. Semenjak Kacchan mempunyai quirks, dia merasa kalau dirinya adalah istimewa dan selalu mengejek Izuki yang tidak mempunyai quirks sama sekali. Dia selalu marah kepada Izuki yang berkeinginan menjadi pahlawan padahal tidak mempunyai quirks sama sekali. Bahkan dia sangat marah ketika tahu kalau Izuki akan meneruskan sekolahnya di SMA yang sama dengannya, yaitu UA, sekolah unggulan yang terkenal akan program pelatihan pahlawannya dan sudah banyak menghasilkan pahlawan-pahlawan terkenal salah satunya All Might, pahlawan nomer satu di dunia. Kacchan marah kepada Izuki karena tidak mau dianggap sederajat dengannya. Dimana diketahui kalau Kacchan adalah murid unggulan dengan kekuatan dan keterampilan yang luar biasa dalam menggunakan quirks. Dia tidak terima kalau ada murid dari SMP nya selain dia yang mencoba masuk SMA UA.

Izuki yang tidak menyerah untuk menjadi pahlawan meski tidak mempunyai quirks sama sekali, membuatnya mencatat segala apapun yang berhubungan dengan pahlawan kapanpun dia bisa. Kegigihannya untuk menjadi pahlawan pun membuahkan hasil. Izuki yang saat itu dalam perjalanan pulang tiba-tiba diserang oleh penjahat yang cukup kuat, dan dia diselamatkan oleh All Might, pahlawan nomer satu sekaligus idolanya.

All Might yang saat itu tidak sengaja membiarkan penjahat tersebut lari, ternyata menyebabkan masalah yang cukup serius di kota. All Might yang saat itu tidak bisa berbuat apa-apa karena kondisinya, dan pahlawan-pahlawan lainnya yang saat itu berada ditempat kejadian tidak bisa bertindak lebih karena penjahat menyandra seseorang. Izuki yang melihat kalau ternyata Kacchan lah yang dijadikan sandra oleh penjahat tersebut membuat tubuhnya bergerak dengan sendirinya dan lari menghampiri penjahat tersebut untuk menolongnya. All Might yang saat itu melihatnya membuatnya tiba-tiba mengeluarkan kemampuan lebihnya dengan memaksakan kondisinya lalu menolongnya.

Tak lama setelah kejadian berakhir, All Might yang kemudian datang menghampiri dan berbicara dengannya. Mendengarnya membuat Izuki sendiri tidak percaya dengan apa yang dikatakannya. Membuat Izuki menangis karena baru pertama kali ada seseorang yang berkata seperti itu padanya.

Bertahan selama berbulan-bulan dalam pelatihan yang sangat melelahkan, yang diberikan All Might padanya, akhirnya hari dimana Izuki mencoba masuk sekolah UA tiba. Izuki dan Kacchan yang sama-sama mencoba masuk dan berhasil diterima disekolah UA, ternyata mereka harus menjadi teman sekelas lagi. Mengejutkannya lagi, ternyata All Might merupakan salah satu guru di sekolah tersebut.

Disekolah barunya, Izuki dan Kacchan berhasil berteman baik dengan teman-teman sekelasnya, tapi tidak untuk mereka berdua sendiri, dimana mereka masih tidak akur satu satu sama lain. Setelah berhasil masuk SMA UA, mereka berdua, terutama Kacchan sadar kalau ternyata ada banyak orang yang lebih hebat dari pada dirinya diluar sana. Perjalanan Izuki dan teman-teman sekelasnya untuk menjadi pahlawan pun di mulai.

Grafis & Kualitas Gambar ( 8/10 )



Boku no Hero Academia mempunya grafis dengan kualitas gambar yang baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton tentunya.

Karakter ( 8.1/10 )

#1 Midoriya Izuki



Midoriya Izuki adalah anak laki-laki yang sangat mengagumi dan berkeinginan untuk menjadi pahlawan suatu hari nanti. Lahir tanpa memiliki quirks sama sekali dalam dirinya, tidak membuatnya sama sekali menyerah untuk menjadi pahlawan. Dia mencatat segala apapun tentang pahlawan kapanpun dia bisa. Meskipun lahir tanpa memiliki quirks, dia berhasil menarik perhatian pahlawan nomer satu dunia sekaligus idolanya, All Might, yang dijadikannya sebagai muridnya. Quirknya adalah One For All yang bisa membuatnya melipatgandakan kekuatannya. Dia ingin menjadi pahlawan seperti All Might yang menyelamatkan banyak orang dengan senyuman. Pengisi suara; Yamashita Daiki.

#2 Bakugou Katsuki



Bakugou Katsuki adalah teman masa kecil Izuki, memanggilnya dengan nama Kacchan. Dia adalah seseorang yang selalu bertindak dan bicara jujur sesuai keinginannya, dia selalu ingin menjadi yang pertama, menjadi yang terbaik dalam segala hal yang berkaitan dengan pahlawan. Dia tidak suka ketika ada orang yang memandang rendah dirinya, seolah-olah mereka lebih hebat darinya, dan dia mudah sekali marah. Dia sangat membenci Izuki, bahkan sampai memanggilnya dengan nama Deku yang berarti 'tak berguna', namun meski begitu dia juga memperlakukannya sebagai saingan. Dia merupakan salah satu siswa yang sangat berbakat dalam menggunakan quirksnya, dia juga sangat pintar dan cakap. Quirknya adalah Explosion yang membuatnya bisa mengeluarkan ledakan dengan kedua tangannya. Dia ingin menjadi pahlawan yang bisa melampaui All Might. Pengisi suara; Okamoto Nobuhiko.

#3 All Might



All Might, dia adalah pahlawan nomer satu di dunia yang merupakan 'simbol perdamaian' dunia. Dia adalah pahlawan yang sudah banyak dan selalu menolong orang-orang, dan mengalahkan banyak penjahat. Quirknya adalah One For All yang mampu membuatnya melipatgandakan kekuatannya. Pengisi suara; Miyake Kenta.

#4 Uraraka Ochako


Uraraka Ochako, dia merupakan teman dekat Izuki. Mendengar Bakugou sering memanggil Izuki dengan sebutan Deku, membuatnya juga memanggilnya dengan sebutan serupa. Tidak seperti Bakugou yang mengartikannya sebagai 'tak berguna', dia menganggap kalau Deku berarti 'pantang menyerah'. Dia adalah orang yang baik dan mudah berteman. Quirknya adalah Zero Gravity yang memungkinkannya untuk membuat objek yang disentuhnya dapat melayang. Dia ingin menjadi pahlawan agar bisa mendapatkan uang banyak, sehingga dapat memberikan kehidupan yang mudah bagi orang tuanya. Pengisi suara; Sakura Ayane.

#5 Iida Tenya



Iida Tenya, dia merupakan teman dekat Izuki. Awalnya dia menganggap remeh dan tidak suka dengan sikap Izuki yang menurutnya tidak sopan, meskipun sebenarnya dia hanya bersikap jujur dan ketat mengenai kualifikasi untuk menjadi pahlawan. Setelah melihat Izuki yang berusaha menyelamatkan Ochako, pandangannya terhadap Izuki berubah dan dia menganggap kalau Izuki lebih baik daripadanya. Dia adalah orang yang rajin dan serius, dia juga merupakan ketua kelas. Quirknya adalah Engine yang memberinya kecepatan super melalui mesin jet di kakinya. Dia ingin menjadi pahlawan seperti kakaknya, pahlawan yang mempunyai banyak teman disampingnya, yang selalu berusaha menyelamatkan orang-orang dari penjahat. Pengisi suara; Ishikawa Kaito.

#6 Todoroki Shouto



Todoroki Shouto, dia merupakan salah satu siswa yang diterima di SMA U.A melalui jalur prestasi karena Quirknya yang kuat. Seperti Bakugou, dia merupakan salah satu siswa yang sangat berbakat dalam menggunakan quirknya. Dia adalah orang yang tenang, juga cerdas dan cakap. Quirknya adalah Half Cold dan Half Hot yang mampu membuatnya membekukan dan membakar targetnya. Dia ingin menjadi pahlawan untuk menunjukkan kepada ayahnya tentang masalah dia dengan ayahnya, dan menjadi pahlawan yang bisa melindungi ibunya. Pengisi suara; Kaji Yuki.

#7 Yaoyorozu Momo



Yaoyorozu Momo, sama seperti Todoroki, dia merupakan salah satu siswa yang diterima di SMA U.A melalui jalur prestasi karena kemampuan Quirknya. Dia adalah siswa dengan kemampuan analisa yang sangat baik. Quirknya adalah Creation yang memungkinkannya bisa membuat benda mati apa saja asalkan dia mengetahui bahan material yang dipakai dalam pembuatannya. Dia adalah seseorang yang mampu membaca situasi dengan sangat baik, dan merupakan wakilketua kelas. Pengisi suara; Inoue Marina.

#8 Aizawa Shouta



Aizawa Shouta adalah guru walikelas untuk kelas 1-A. Penampilan berantakan, terlihat lelah, tidak peduli dan tidak bersemangat, dia juga benci membuang-buang waktu. Meski terlihat tidak peduli dan terlihat dingin, dia sebenarnya sangat peduli dan memperhatikan murid-muridnya, dan akan berusaha keras untuk melindungi mereka dari bahaya. Berbeda dengan All Might dan pahlawan hebat terkenal lainnya, dia tidak suka menjadi pusat perhatian dan bekerja dengan caranya sendiri. Hanya sedikit masyarakat yang mengenalinya sebagai pahlawan hebat. Quirknya adalah Erasure yang bisa membuatnya menghapus quirk orang lain selama berada dalam jangkauan pandangannya dan selama dia tidak berkedip. Pengisi suara; Suwabe Junichi.

#9 Shigaraki Tomura



Shigaraki Tomuro adalah penjahat sekaligus pemimpin dari persatuan penjahat. Dia adalah orang yang akan menghancurkan apa saja yang dibencinya. Dia membentuk persatuan penjahat untuk menghancur apa yang paling dibencinya, yaitu All Might, simbol perdamaian dunia. Quirknya adalah Decay yang memungkinkan untuk menghancurkan apapun yang disentuhnya. Pengisi suara; Uchiyama Kouki.

#10 Kurogiri



Kurogiri adalah anggota dari persatuan penjahat yang merupakan tangan kanan Tomura. Meskipun mempunyai sifat yang sopan santun, dia juga penjahat. Quirknya adalah Warp, teleportasi yang bisa membuat dirinya dan orang lain berpindah tempat. Pengisi suara; Fujiwara Takahiro.

#11 Noumu



Noumu adalah bagian dari persatuan penjahat. Dia adalah manusia hasil percobaan yang dilakukan oleh persatuan penjahat, yang membuatnya menjadi sangat kuat bahkan hampir setara dengan All Might. Namun kekuatan tersebut memberikan beban pada pemikirannya, yang menyebabkan Noumu tidak bisa berpikir dan hanya bisa meneruti perintah yang diberikan kepadanya. Quirknya adalah  Shock Absorption dan Super Regeneration yang bisa membuatnya menyerap segala benturan serangan yang diterimanya, dan kemampuan untuk beregenerasi dengan cepat. Pengisi suara; Mogami Tsuguo.

Musik ( 6.7/10 )



Opening Theme:
#1: "The Day" by Porno Graffitti

Ending Theme:
#1: "HEROES" by Brian the Sun

Keseluruhan ( 8.2/10 )



Secara keseluruhan anime ini sangat baik, menarik, dan menghibur. Alur yang diberikan sangat rapih dan menarik, belum lagi pertarungan yang disajikan, ditambah karakter didalamnya yang penuh dengan tingkah konyol membuat anime ini sangat menghibur. Karakter didalam cerita tidak ada yang membosankan, bahkan yang serius dan unggulan sekali pun. Anime ini cocok buat kamu yang suka cerita aksi dengan komedi didalamnya. Karakter utama yang lemah dan diremehkan, namun tetap berjuang dan menjadi kuat secara bertahap. Dan yang paling penting anime ini sangat cocok buat kamu yang mengagumi sosok pahlawan.

Kesan pertama saya menonton anime ini kurang lebih seperti ini, "yah, anime bocah", "karakternya gak seru", dan sebagainya, tapi setelah nonton sampai di episode 3 jujur, saya tidak bisa berenti nonton karena ceritanya yang seru dan menarik belum lagi karakternya benar-benar berkarakter, tidak membosankan sama sekali.

Quotes: "Menang ataupun kalah, merenung dan belajar dari kesalahan adalah bagian dari kehidupan" -All Might
LihatTutupKomentar