-->

Review Anime: Angel Beats!


Detail:

Judul: Angel Beats! (????????!! Enjeru Bitsu!)
Genre: Action, Comedy, Drama, Fantasy, Romance, School, Supernatural, Tragedy
Rating: PG - 13+
Rilis: Spring 2010, 3 April - 26 Juni
Sumber: Original
Tipe: TV
Episode: 13 + OVA (1)
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: P.A. Works
Produser : Aniplex, Dentsu, Mainichi Broadcasting System, CBC, Movic, Visual Art's, ASCII Media Works
Lisensi: Sentai Filmworks

Angel Beats! (????????!! Enjeru Bitsu!) adalah serial anime Jepang yang di tulis oleh Maeda Jun, di ilustrasikan oleh Kishi Seiji, desain karakter oleh Na-Ga, musik oleh Anant-Garde Eyes, dan di produksi oleh P.A. Works bersama Aniplex. Tayang di Jepang sejak 3 April 2010 - 26 Juni 2010.

Synopsis:

Otonashi terbangun hanya untuk mengetahui kalau dirinya sudah mati. Seorang gadis dengan senjata senapan bernama Yuri menjelaskan, bahwa disini adalah dunia setelah kematian, dimana kalau tidak melakukan apa-apa maka akan di tiadakan oleh Dewa. Yuri mengajaknya bergabung bersamanya untuk menjadi bagian dari Shindai Sekai Sensen "SSS", guna melawan Tenshi (Malaikat) yang hanya seorang gadis, dimana Otonashi perlahan mulai merasa kalau dirinya tertarik dengannya.



Cerita ( 8/10 )

Awal cerita dimulai ketika Otonashi terbangun entah dimana, tanpa ingatan sama sekali. Yuri, seorang gadis dengan senjata senapannya adalah seseorang yang berada disisi Otonashi ketika dia sadar. Dia menjelaskan kepada Otonashi kalau dirinya sudah mati, dan disini adalah dunia setelah kematian, dimana jika tidak melakukan apa-apa maka akan ditiadakan oleh Dewa. Yuri yang mengajaknya bergabung bersamanya kedalam organisasi Shindai Sekai Sensen (SSS) untuk berperang melawan Tenshi (Malaikat) yang ternyata hanya seorang gadis dengan wajah yang terlihat murung. Yuri yang saat itu sedang membidik dan ingin menembaknya dihentikan oleh Otonashi yang lebih memilih untuk berbicara dengannya. Yuri yang menganggap itu adalah tindakan bodoh dan menegaskan kalau dirinya adalah sekutu yang dapat di percaya. Otonashi yang tidak mengerti dengan keadaanya, tanpa pikir panjang langsung menghampiri dan berbicara dengan gadis yang disebut Tenshi tersebut. Gadis tersebut mengatakan kalau dirinya bukanlah Tenshi melainkan ketua osis. Dia juga menjelaskan kepadanya kalau semua orang yang berada disini sudah mati. Mendengar hal serupa, Otonashi merasa kalau dirinya sedang dipermainkan. Dengan marahnya, Otonashi meminta kebenaran atas pernyataannya tersebut, dan membuat sang gadis langsung menusuknya.

Otonashi yang sadar dan mengetahui kalau dirinya masih hidup membuatnya resah. Seorang dengan senjata tombak yang berada dihadapannya, marah terhadap Otonashi yang dianggapnya telah menghina Yuri. Dan langsung membunuh Otonashi. Otonashi pun mati untuk yang kedua kalinya di dunia tersebut. Otonashi yang sudah sadar, dan melihat ada beberapa orang termasuk Yuri, langsung ditanyai mengenai nama yang bagus untuk organisasi tersebut, dimana diketahui kalau SSS sering kali berganti nama. Otonashi yang menegaskan kalau dirinya bukan bagian dari mereka. Perdebatan antara Otonashi dengan anggota SSS pun terjadi. Yuri yang menjelaskan kembali kepada Otonashi mengenai dunia tersebut, sekali lagi mengundang Otonashi untuk bergabung dengannya guna melawan Tenshi. Setelah mendengar penjelasan dari Yuri, ia memutuskan untuk bergabung. Yuri memperkenalkan satu persatu anggota nya dan mengakatakan kalau dirinya adalah pemimpin organisasi tersebut. Otonashi yang ditanyai mengenai namanya, bingung karena dia tidak ingat sama sekali akan masa lalu nya ketika masih hidup, begitu juga dengan namanya.

Yuri yang memberitahukan kepada nya kalau dunia ini hanya ada sebuah sekolahan, dimana sekolah tersebut dipenuhi dengan NPC, dan mereka yang sudah mati. Dan orang-orang yang sudah mati tersebut semuanya adalah anggota SSS. Otonashi yang sudah bergabung kedalam SSS, melakukan operasi pertamanya yang disebut Operation Tornado untuk melawan Tenshi guna melancarkan acara musik yang sedang diadakan oleh SSS disekolah tersebut untuk menarik perhatian murid NPC agar bisa mencuri makanan mereka dikantin sekolah, dimana Tenshi berusaha untuk menghentikannya. Pertempuran SSS melawan Tenshi pun tak terhindarkan, dimana berakhir dengan kesuksesan SSS dalam menjalankan operasi tersebut. Setelah pertempuran semua anggota SSS merayakannya dengan makan bersama di kantin. Otonashi yang tidak tau apa-apa, berpikir kemana kah tujuan pertempuran ini sebenarnya, dimana yang diketahui nya hanyalah melawan satu orang Tenshi.

Hari demi hari telah dilaluinya dengan berbagai operasi dan pertempuran melawan Tenshi. Membuat Otonashi sedikit demi sedikit tertarik dengannya (tenshi). Sambil mencoba mendapatkan kembali ingatannya dan memahami Tenshi, sedikit demi sedikit dia bersama dengan SSS mengungkap kebenaran dari dunia setelah kematian tersebut.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.8/10 )



Angel Beats! memiliki grafis dengan kualitas gambar yang baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton.

Karakter ( 8.3/10 )

#1 Otonashi Yuzuru



Otonashi Yuzuru adalah tokoh utama yang kehilangan ingatannya. Semasa hidupnya, dia menganggap kehidupannya tidaklah memiliki arti. Namun, dia adalah orang yang baik dan peduli terhadap orang lain. Bahkan dia orang pertama dari SSS yang mencoba untuk memahami Kanade (Tenshi). Pengisi suara; Kamiya Hiroshi.

#2 Tachibana Kanade (Tenshi)



Tachibana Kanade diberikan julukan sebagai Tenshi oleh SSS, dimana dia dianggap sebagai Malaikat yang bekerja sama dengan Dewa dari dunia tersebut yang bertugas untuk mentiadakan orang-orang di SSS. Kanade adalah ketua osis yang menempatkan dirinya bertentangan dengan SSS. Meski begitu, Kanade adalah orang yang baik dan peduli terhadap SSS. Pengisi suara; Hanazawa Kana.

#3 Nakamura Yuri



Nakamura Yuri adalah pemimpin SSS, memiliki karakter yang tekun dan penuh tekad. SSS adalah organisasi yang bertujuan untuk melawan Tenshi yang dianggap dapat mentiadakan keberadaan seseorang dari dunia tersebut. Yuri adalah orang yang mengundang Otonashi untuk bergabung dengan SSS. Dia sangat baik dan peduli akan keselamatan orang-orang di SSS. Pengisi suara; Sakurai Harumi.

#4 Hinata Hideki



Hinata Hideki adalah salah satu anggota SSS. Dia adalah orang yang baik dan cerdas, dan banyak disukai karena kebaikannya. Dia adalah orang yang sangat dekat dengan Yuri dan Otonashi. Dia akan selalu berusaha keras demi menyelamatkan rekan-rekannya yang sedang berada dalam keadaan sulit. Pengisi suara; Kimura Ryouhei.

#5 Yui



Yui adalah salah satu anggota SSS. Dia adalah orang yang penuh semangat dan selalu ceria, kadang konyol. Dia senang memainkan gitarnya dan merupakan anggota band girls dead monster bersama dengan Iwasawa. Dia mempunyai mimpi menjadi seorang musisi hebat. Pengisi suara; Kitamura Eri.

#6 Iwasawa Masami



Iwasawa Masami adalah salah satu anggota SSS. Dia adalah orang yang terlihat serius, baik hati, dan sangat menyukai musik melebihi apapun. Dia adalah vokalis dan pemain gitar yang sangat berbakat. Dia membentuk band bernama girls dead monster. Dia juga yang menulis dan menyusun musik untuk bandnya. Pengisi suara; Sawashiro Miyuki.

#7 Naoi Ayato



Naoi Ayato adalah wakil ketua osis. Dia selalu mengklaim kalau dirinya adalah Tuhan. Setelah disadarkan oleh Otonashi, dia bergabung dengan SSS. Ayato sangat mengagumi Otonashi, dan selalu mendengarkannya. Dia hanya menghormati Otonashi, tidak anggota SSS lainnya. Pengisi suara; Ogata Megumi.

Musik ( 8.8/10 )



Soundtrack yang dimiliki Angel Beats! baik Opening Theme maupun Ending Theme, sangat enak sekali untuk didengar, dan memiliki makna yang mendalam.

Opening Theme:
#1: "My Soul, Your Beats!" by Lia (eps 2-3, 5-9, 11)
#2: "My Soul, Your Beats!" by LiSA (eps 4)

Ending Theme:
#1: "Brave Song" by Aoi Tada (eps 1-9, 11-12)
#2: "Ichiban no Takaramono ~Yui final ver.~ (????? ~Yui final ver.~) by Girls Dead Monster feat. LiSA (eps 10)
#3: "Ichiban no Takaramono (?????)" by Karuta (eps 13)

Other Theme:
#1: "My Song" by Iwasawa Masami (Sawashiro Miyuki) (eps 3)

Keseluruhan ( 8.5/10 )



Secara keseluruhan anime ini sangat baik, memiliki alur cerita yang menarik dengan grafis dan kualitas gambar yang cukup baik, sehingga enak untuk ditonton. Alur yang diberikan tidak terlalu berat, masalah yang ada sering kali dihadapi dengan aksi yang menarik dengan tingkah dan tindakan yang konyol. Pertarungannya juga tidak kalah seru. Karakter didalamnya juga tidak membosankan, malah sangat menghibur. Karakternya sangat menarik dengan segudang tingkah konyol yang mereka lakukan. Meski diawal akan membuat terbahak-bahak, anime ini memiliki akhir cerita yang sangat menyentuh dan penuh emosional. Soundtrack yang diberikan juga sangat enak untuk didengar dan sangat menyentuh, terutama untuk Ending Theme Ichiban no Takaramono. Menurut saya pribadi, angel beats! merupakan salah satu anime terbaik yang pernah ada. Menceritakan perjuangan, persahabatan, dan situasi romantis yang berhasil membuat terbahak-bahak di awal, namun menyentuh dan emosional di akhir. Akhir cerita yang sangat mengharukan serta diiringi dengan lagu Ichiban no Takaramono, membuatnya semakin amat sangat emosional. Anime ini cocok buat kamu yang suka dengan cerita romantis komedi, yang tokoh utama cowoknya terlihat biasa saja namun perhatian, dan ceweknya sendiri pendiam dan tanpa ekspresi.

Quotes: "Perasaan yang kuat dapat mengubah seseorang" -Nakamura Yuri
LihatTutupKomentar