-->

Review Anime: Amnesia


Detail:

Judul: Amnesia (????? Amuneshia)
Genre: Fantasy, Harem, Mystery, Romance, Josei
Rating: PG - 13+
Rilis: Winter 2013, 7 Januari - 25 Maret
Sumber: Visual Novel
Tipe: TV
Episode: 12
Durasi: 23 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: Brain's Base
Produser: Geneon Universal Entertainment, Frontier Works, Movic, AT-X, DAX Production, Showgate
Lisensi: Sentai Filmworks

Amnesia (????? Amuneshia) adalah seri novel visual Jepang yang dibuat oleh Idea Factory yang dirilis pertama kali pada 18 Agustus 2011 untuk PlayStation Portable. Amnesia memiliki beberapa seri, diantaranya yaitu Amnesia Crowd dan Amnesia Later x Crowd V Edition. Seri amnesia yang sukses di Jepang ini pun di produksi menjadi berbagai barang seperti CD drama, CD musik, dan buku. Di adaptasi menjadi sebuah serial anime televisi yang di produksi oleh Brain's Base. Tayang di Jepang sejak 7 Januari 2013 - 25 Maret 2013.

Synopsis:

Setelah pingsan di tempat kerja, seorang wanita terbangun tanpa ingatan akan kehidupan dan orang-orang disekitarnya. Dia akan selalu kembali ke tanggal 1 Agustus dengan kehidupan yang berbeda dari sebelumnya, dimana di setiap kehidupan yang di datanginya melibatkan orang-orang terdekatnya. Orion, arwah dari dunia lain yang hanya bisa di lihat dan di dengar olehnya berjanji akan membantu mengembalikan ingatannya kembali dan menjelaskan semuanya.


Cerita ( 6.4/10 )


Awal cerita dimulai ketika seorang wanita terbangun di ruang belakang kafe tempat dia bekerja, tanpa ingatan akan kehidupannya dan orang-orang disekitarnya. Wanita tersebut terkejut dengan kehadiran arwah yang muncul dengan tiba-tiba dihadapannya dan berbicara dengannya. Ketika dua temannya, Shin dan Toma datang menemuinya, wanita merasa bingung karena mereka tidak bisa melihat dan mendengar arwah tersebut. Wanita yang saat itu sedang di antar pulang oleh Shin dan Toma, melihat mereka berbicara satu sama lain dengan begitu santai dan terlihat begitu dekat, membuat wanita merasa kalau dirinya sangat hampa, dimana diketahui kalau dia tidak ingat sama sekali tentang orang-orang disekitarnya, bahkan dirinya sendiri.

Sesampainya dirumah, arwah tersebut muncul kembali menemuinya. Dia memperkenalkan diri kalau ia adalah Orion, arwah dari dunia lain yang terseret dan tersesat ke dalam jiwanya, yang menyebabkan dia hilang ingatan. Orion memberitahukan kalau dia hanya bisa dilihat dan didengar olehnya. Dia berjanji kepadanya untuk membantu mengembalikan ingatannya yang hilang.

Dia yang mencoba untuk menjalani kehidupannya seperti biasa, datang kembali bekerja di sebuah kafe dengan harapan dapat mengingat kembali mengenai dirinya. Di tempatnya bekerja, Ikki yang saat itu sedang membantu nya membuatkan pesanan pelanggan, terlihat mereka berdua sangat dekat. Penggemar Ikki yang pada saat itu juga berada di kafe, melihat kedekatan mereka berdua membuatnya cemburu dan marah kepada Heroine.

Ketika dalam perjalanan pulang kerumah sehabis bekerja, sesampainya tiba di depan rumah, ia dipergoki oleh sekelompok wanita dimana mereka adalah penggemar Ikki yang marah terhadapnya karena dianggap melanggar janji. Dia yang tidak ingat sama sekali dengan janji tersebut membuat mereka lebih marah dan mencoba untuk menggunting rambutnya. Kejadian tersebut membuatnya merasakan perasaan yang aneh lalu jatuh pingsan. Dia yang akhirnya sadar, merasa kalau kejadian tersebut pernah terjadi sebelumnya, dan Orion menganggap itu sebagian kecil dari ingatannya.

Keesokan harinya, dia kembali bekerja dengan harapan yang sama yaitu berharap dapat mengingat sesuatu. Pelanggan yang sedang berulang tahun, yang memesan kue ulang tahun sekaligus merayakannya di kafe tersebut membuatnya mengingat sebagian kecil ingatannya kembali ketika sedang bersama Shin. Dimana ingatannya tersebut membuatnya menjadi waspada terhadap Shin.

Ketika dalam perjalanan pulang, sambil melamun dan mencoba mengingat tentang siapa dirinya, membuatnya hampir tertabrak truk, tapi seorang pemuda misterius dengan rambut hijau panjang menyelamatkannya. Dia bertanya kepadanya apakah dia mengingatnya, sampai akhirnya dia pergi meninggalkannya.

Keesokan harinya, saat dia pergi berlibur bersama rekan kerjanya, di malam harinya mereka bersama-sama pergi ke hutan. Dia yang saat itu berjalan paling belakang berdua bersama Shin, membuatnya menjadi takut dan lari menjauhinya, dan tanpa disadari dia lari menuju arah tebing kemudian jatuh.

Tiba-tiba, dia terbangun di rumah sakit dan menyadari kalau waktu telah kembali ke 1 Agustus dan Orion telah hilang. Shin yang saat itu datang menjenguknya, tiba-tiba mengejutkannya dengan menciumnya. Shin berkata kalau dia adalah pacarnya. Dia yang bingung dengan semua yang terjadi hanya bisa mengikuti apa yang terjadi. Beberapa hari kemudian, dimana dia sudah mempercayai dan yakin terhadap Shin, ketika berjalan pulang setelah bertemu dengan Shin, dia tertabrak truk. Saat dia sadar, dia sudah berada dirumahnya, dan menyadari waktu telah kembali ke 1 Agustus, dan kali ini Ikki lah yang berperan sebagai pacarnya. Dia yang benar-benar tidak mengerti dengan apa yang terjadi, lagi-lagi hanya bisa mengikuti apa yang terjadi.

Orion yang akhirnya bisa muncul dan berbicara padanya, menjelaskan kalau ini bukanlah dunianya melainkan dunia pararel. Dia akhirnya mengerti dengan apa yang sedang terjadi. Dimana setiap kali dia terbangun pada tanggal 1 Agustus, dia akan berpindah ke dunia lainnya.

Grafis & Kualitas Gambar ( 8.4/10 )


Amnesia memiliki grafis dengan kualitas gambar yang baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton tentunya.

Karakter ( 7.5/10 )


#1 Heroine


Heroine adalah protagonis yang kehilangan ingatannya. Dia dibantu oleh Orion, arwah yang berjanji membantunya mengembalikan ingatannya yang hilang. Dari awal sampai akhir cerita, protagonis tidak diperkenalkan nama aslinya. Di visual novel nya pun begitu. Pengisi suara; Nazuka Kaori.

#2 Orion


Orion adalah arwah yang berasal dari dunia lain. Dia berjanji kepada Heroine untuk membantu mengembalikan ingatannya yang hilang. Untuk beberapa alasan dia tidak dapat muncul dan membantu Heroine setiap saat. Pengisi suara; Igarashi Hiromi.

#3 Shin


Shin adalah orang yang pendiam dan misterius. Di dunianya, dia sering memanggil Heroine dengan sebutan "bodoh", meski begitu dia sangat peduli dan mencintainya. Dia menanggung beban emosional yang berat karena ayahnya membunuh seseorang secara tidak sengaja. Karena kejadian tersebut Shin dijauhi orang-orang dan sulit mendapatkan teman. Hanya teman masa kecilnya, Heroine dan Toma, yang tetap berada di sisinya karena mereka peduli dan mencoba membantunya. Pengisi suara; Kakihara Tetsuya.

#4 Toma


Toma adalah orang yang sangat santai. Dia memperlakukan Heroine dan Shin sangat baik layaknya seorang adik. Di dunianya, dia berusaha untuk melindungi Heroine dengan caranya sendiri yang terbilang sangat tidak baik. Meski begitu, semua yang di lakukannya demi Heroine. Pengisi suara; Hino Satoshi.

#5 Ikki


Ikki adalah orang yang sangat populer dikalangan wanita. Dia adalah teman kerja Heroine di sebuah kafe, dia berteman baik dengan Kent. Di dunianya, Ikki adalah orang yang terlihat seperti playboy, yang suka main mata dengan wanita. Namun, dia sebenarnya adalah orang baik dan penuh perhatian. Satu-satunya saat Ikki kehilangan kesabarannya adalah saat dia meneriaki Heroine, karena dia khawatir dengan keselamatannya dan menyuruhnya berhati-hati dengan para penggemarnya. Pengisi suara; Taniyama Kishou.

#6 Kent


Kent adalah orang yang sangat teliti. Dia adalah teman kerja Heroine di sebuah kafe, dia berteman baik dengan Ikki. Di dunianya, Kent adalah orang yang suka membuat teka-teki matematika dan mengamati berbagai jenis binatang. Dia lebih suka menghabiskan waktunya di ruangannya dari pada harus keluar berpergian. Meski begitu, dia tetap memilih untuk pergi keluar jika bersama Heroine. Pengisi suara; Ishida Akira.

#7 Ukyo


Ukyo adalah seseorang yang misterius. Dia memiliki kepribadian ganda, dimana salah satu kepribadiannya adalah baik dan peduli, dan lainnya adalah kasar dan jahat. Ukyo adalah orang yang sangat perhatian dan baik kepada Heroine. Di sisi lain, dia juga adalah orang yang ingin melenyapkan keberadaan Heroine. Dia satu-satu nya orang yang mampu mengikuti Heroine berpindah dari satu dunia ke dunia lainnya. Pengisi suara; Miyata Kouki.

Musik ( 7/10 )


Opening Theme:
#1: "Zeotrope" by Yanagi Nagi (eps 1-11)

Ending Theme:
#1: "Recall" by Ray (eps 1-11)'
#2: "Hoshiboshi no Wataridori (??????) by Yanagi Nagi (eps 12)

Keseluruhan ( 6.6/10 )



Secara keseluruhan anime ini cukup baik. Alur yang diberikan cukup rumit. Heroine dan Orion yang memiliki karakter begitu polos membuat alur cerita mengalir begitu saja, sehingga masalah yang dihadapi terlihat ringan. Alur yang rumit pada awalnya dan berpindahnya cerita setiap kali Heroine pindah ke dunia lainnya, membuat anime ini sedikit membosankan karena begitu mengetahui garis besarnya, membuat kita tahu kalau alur cerita akan seperti itu kurang lebih. Untuk di akhir-akhir cerita menurut saya cukup menarik, karena masalah yang dihadapi lebih serius, juga memiliki akhir perpisahan yang cukup emosional. Karakter yang terdapat didalamnya juga tidak membosankan, terutama Heroine, Orion, dan Ukyo. Anime ini cocok buat kamu yang suka dengan cerita rumit, terlebih melibatkan tentang dunia pararel.

Quotes: "Semakin kamu berjuang, semakin kamu tenggelam, sampai kamu tidak bisa bernafas lagi" -Ukyo
LihatTutupKomentar