-->

Review Anime: Amagi Brilliant Park


Detail:

Judul: Amagi Briliant Park (??????????? Amagi Buririanto Paku)
Genre: Comedy, Fantasy, Magic, Romance
Rating: PG - 13+
Rilis: Fall 2014, 7 Oktober - 26 Desember
Sumber: Novel
Tipe: TV
Episode: 13 + OVA (1)
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: Kyoto Animation
Produser: Avex Entertainment, TBS, DAX Production, flying DOG, Mobcast
Lisensi: Sentai Filmworks

Amagi Briliant Park (??????????? Amagi Buririanto Paku) adalah sebuah serial novel ringan Jepang yang ditulis oleh Gatoh Shoji dan diilustrasikan oleh Nakajima Yuka. Saat ini terdapat tiga adaptasi manga dari serial ini yang diterbitkan oleh Shobo Fujimi dan Kadokawa. Di adaptasi menjadi sebuah serial anime televisi berjumlah 13 episode dengan 1 OVA yang diproduksi oleh Kyoto Animation. Tayang di Jepang sejak 7 Okteber 2014 - 26 Desember 2014.

Synopsis:

Kanie Seiya adalah seorang siswa SMA yang cerdas dan sangat narsisitik, yang dipaksa oleh seorang gadis bernama  Sento Isuzu untuk mengunjungi sebuah taman hiburan bernama Amagi Briliant Park. Amagi Briliant Park merupakan sarana untuk mengumpulkan energi sihir yang berasal dari perasaan gembira pengunjungnya, dimana energi tersebut sangat dibutuhkan oleh para pegawai taman tersebut yang merupakan pengungsi dari dunia sihir bernama Maple Land.

Amagi Briliant Park yang sedang mengalami masalah finansial serius, membuatnya akan segera ditutup. Dimana mereka memiliki waktu tiga bulan untuk menarik pengunjung sebanyak 250.000 orang, hal yang mustahil dicapai dengan keadaan taman saat ini. Memutuskan untuk meminta bantuan kepada Kanie Seiya untuk menjabat sebagai manajer, guna menyelamatkan taman hiburan mereka agar tidak ditutup.


Cerita ( 7.2/10 )

Awal cerita dimulai ketika Kanie Seiya ditodong menggunakan senjata api oleh Sento Isuzu, dimana ia meminta Seiya untuk pergi bersamanya ke sebuah taman hiburan. Seiya yang tidak mempunyai pilihan lain terpaksa harus mengikuti keinginanya untuk pergi ke taman hiburan bersamanya.

Seiya yang dibawa ke sebuah taman hiburan bernama Amagi Briliant Park sedikit terkejut dan kasihan melihat kondisi taman yang tidak terawat dengan baik, dimana sedikitnya pertunjukkan dan kios yang buka, dimana hampir sama sekali tidak ada pengunjung disana.

Isuzu yang menjelaskan kepada Seiya kenapa taman hiburan tersebut sangat kacau dan alasan kenapa dia membawanya kemari, membuat Seiya sedikit tidak percaya dengan apa yang dikatakan Isuzu. Dimana dia berkata bahwa taman hiburan tersebut adalah tempat yang digunakan sebagai sarana untuk mengumpulkan energi sihir bernama Animus yang berasal dari perasaan gembira pengunjungnya, dimana energi tersebut sangat dibutuhkan oleh para pegawai yang bekerja di taman tersebut yang merupakan pengungsi dari dunia sihir bernama Maple Land.

Isuzu yang meminta bantuan dan memberitahukan Seiya kalau taman tersebut tidak berhasil mendapatkan pengunjung sebanyak 250.000 orang dalam waktu tiga bulan, maka taman akan ditutup dan para pegawai tidak bisa bertahan jika mereka kekurangan kekuatan Animus mereka. Memintanya untuk menjadi manajer taman tersebut, guna menyelamatkan taman hiburan agar tidak ditutup. Mendengar hal tersebut Seiya memutuskan untuk menerima tawaran tersebut dan membantunya.

Seiya yang awalnya tidak percaya dengan apa yang dikatakan Isuzu, mulai percaya setelah ia dipertemukan dengan putri Maple Land, Fleuranza Latifa. Seiya yang saat itu dicium oleh Latifa, membuatnya mendapat kekuatan yang bisa mendengarkan suara hati seseorang, meskipun kekuatan ini hanya bekerja sekali pada setiap orang. Kekuatan tersebut diberikan kepadanya guna membantu dalam menyelamatkan taman hiburan Amagi Briliant Park dari masalah finansial yang dapat menyebabkan taman ditutup.

Latifa yang menceritakan semuanya, mengenai dirinya dan taman hiburan tersebut, membuat Seiya menjadi lebih berambisi untuk mendapatkan pengunjung sebanyak 250.000 orang dan tidak membiarkan taman ditutup.

Mulai dari memperbaiki fasilitas yang ada, dan memperindah suasana ditaman hiburan, Seiya yang memulai semuanya dari awal dengan ide-ide cemerlangnya, sedikit demi sedikit berhasil membuat orang-orang tertarik untuk datang ke taman tersebut.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.8/10 )


Amagi Briliant Park memiliki grafis dengan kualitas gambar yang baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton.

Karakter ( 7.3/10 )

#1 Kanie Seiya


Kanie Seiya adalah tokoh utama dalam cerita ini. Seorang siswa SMA yang memiliki ketajaman mental, kecerdasan, refleks yang bagus, dan sering bertingkah narsis. Manajer taman hiburan Amagi Briliant Park yang menerima kekuatan dari Latifah, sehingga ia bisa mendengarkan suara hati seseorang, meskipun kekuatan ini hanya bekerja sekali pada setiap orang. Kekuatan tersebut ia dapat guna membantunya dalam menyelamatkan taman hiburan Amagi Briliant Park dari masalah finansial agar tidak ditutup. Seiring berjalannya waktu, Seiya mulai membuka diri kepada para pegawai Amagi Briliant Park, terutama Sento Isuzu. Pengisi suara; Uchiyama Kouki.

#2 Sento Isuzu


Sento Isuzu adalah tokoh utama wanita dalam cerita ini. Isuzu memiliki kepribadian yang tenang dan jarang menunjukkan emosi. Kadang-kadang ia terkesan dingin, kadang juga sangat sensitif. Ia memiliki perasaan terhadap Seiya, namun enggan untuk menyatakannya. Isuzu adalah manajer Amagi Briliant Park sebelum ia menyerahkannya kepada Seiya. Isuzu sekarang menjadi sekretaris yang membantu pekerjaan Seiya untuk menyelamatkan Amagi Briliant Park agar tidak ditutup. Pembawaannya sebagai penjaga kerajaan mengakibatkan kecenderungannya untuk cepat menggunakan kekerasan dengan mengancam orang lain atau menodong bahkan menembakkan senjata api nya, seperti yang dia lakukan terhadap Seiya di awal cerita. Pengisi suara; Kakuma Ai.

#3 Fleuranza Latifa


Fleuranza Latifa adalah seorang putri dari Maple Land. Dia adalah orang yang ceria dan biasanya terlihat dengan senyum diwajahnya. Dia adalah orang yang sangat bersemangat dan peduli terhadap masa depan taman hiburan Amagi Briliant Park. Dia serius dan sangat berusaha keras untuk melindungi Amagi Briliant Park, dibuktikan dengan bagaimana dia bisa mencium anak laki-laki yang baru saja dia temui untuk membuktikan keajaibannya. Karena beberapa keadaan termasuk tubuh yang lemah, dia tidak bisa meninggalkan Amagi Briliant Park yang telah dibatasi dengan penghalang sihir. Ia dikutuk oleh seorang penyihir, yang membuat tubuhnya kekurangan Animus, kekuatan hidup Maple Land, dan kutukan memperbaharui ulang ingatan dan usianya setiap tahun, yang membuatnya telah hidup dalam usia 14 tahun selama lebih dari satu dekade. Pengisi suara; Fujii Yukiyo.

#4 Moffle


Moffle adalah peri permen dalam bentuk tikus bertopi, dan maskot utama di taman ini. Ia memiliki ketidaksukaan terhadap Seiya. Ia adalah paman Latifa dan sangat protektif padanya. Pengisi suara; Kawasumi Ayako.

#5 Macaron


Macaron adalah peri musik dalam bentuk domba yang merupakan salah satu maskot di taman hiburan ini. Ia memiliki kepribadian mudah marah. Dia suka memainkan alat musik biola. Pengisi suara; Shiraishi Ryoko.

#6 Tiramie


Tiramie adalah peri bunga dalam bentuk kucing berwarna merah muda yang merupakan salah satu maskot di taman hiburan ini. Ia memiliki kepribadian yang mesum. Tatapan tajam terhadap wanita muda sangat tampak terlihat darinya. Pengisi suara; Nonaka Ai.

Musik ( 6.7/10 )



Opening Theme:
#1: "Extra Magic Hour (?????�????�???)" by AKINO feat. bless4

Ending Theme:
#1: "Elementario de Aimashou (??????????????)" by BRILLIANT4 -Kurosawa Tomoyo (Sylphy), Mikami Shiori (Kobori), Tsuda Minami (Salama), Aisaka Yuuka (Muse)

Keseluruhan ( 7.3/10 )



Secara keseluruhan anime ini cukup baik. Alur yang diberikan cukup menarik dan menghibur. Karakter yang terdapat di dalamnya juga tidak terlalu membosankan, terutama untuk ketiga maskotnya yang mempunyai tingkah konyol yang lucu dan menghibur tentunya. Anime ini cocok buat kamu yang suka tokoh utama cowoknya konyol tapi sebenarnya cerdas dan ceweknya yang serius tapi lucu, dan menyukai kisah romantis dan comedy dengan masalah yang tidak terlalu berat di dalamnya.

Quotes : "Kalau ingin mewujudkan mimpi orang lain, kau harus memulainya dengan mempercayai mimpimu sendiri" -Kanie Seiya
LihatTutupKomentar