-->

Review Anime: Akatsuki no Yona


Detail:

Judul: Akatsuki no Yona (????)
Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Historical, Romance, Shoujo
Rating: PG - 13+
Rilis: Fall 2014, 7 Oktober 2014 - 24 Maret 2015
Sumber: Manga
Tipe: TV
Episode: 24 + OVA (3)
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: Studio Pierrot
Produser: VAP, Hakusensha, AT-X, Delfi Sound, Marvelous AQL, Tokyo MX, Age Global Networks, Docomo Anime Store, Top-Insight International Co.Ltd
Lisensi: Funimation

Akatsuki no Yona (????), juga dikenal dengan nama Yona: The girl standing in the blush of dawn  adalah sebuah serial manga Jepang yang ditulis oleh Kusanagi Mizuho, yang diserialisasi di majalah manga shoujo Hakusensha Hana kepada Yume pada Agustus 2009. Telah dikumpulkan dalam dua puluh empat volume tankobon. Diadaptasi menjadi serial anime televisi yang di produksi oleh Pierrot.

Synopsis:

Putri Yona yang menjalani kehidupan mewah dan mudah, didalam istana kerajaan bernama Kouka yang terlihat tampak damai. Namun, dihari ulang tahunnya yang ke-16, semuanya berubah. Su-won teman masa kecilnya yang juga seseorang yang sangat dicintainya melakukan kudeta terhadap istana dengan membunuh ayahnya yang seorang raja. Dia terpaksa harus meninggalkan istana dengan bantuan Son Hak, teman masa kecilnya sekaligus pengawalnya, untuk tetap bertahan hidup dari kejaran prajurit istana. Menempatkan Yona pada kehidupan yang tidak pernah dia bayangkan sebelumnya selama berada di dalam istana.



Cerita ( 8.5/10 )

Awal cerita dimulai disebuah istana di kerajaan Kouka, ketika putri Yona sedang berulang tahun yang ke-16. Yona yang sangat menantikan kehadiran Su-won, teman masa kecil, sepupu sekaligus orang yang sangat dicintainya.

Sejak kecil, Su-won dan Hak adalah teman yang sangat berharga baginya. Hak adalah mantan kepala suku angin yang kini menjadi jendral sekaligus pengawal pribadi Yona. Berbeda dengan Su-won dimana ia memiliki garis keturunan kerajaan dari ayahnya yang seorang kakak dari ayah Yona. Yona sendiri adalah putri satu-satunya dari raja ke-11 Kouka saat ini, dan pewaris sah kerajaan. Mereka bertiga selalu bermain bersama sejak kecil, dan sangat dekat satu sama lain.

Yona yang sangat senang dengan kehadiran Su-won, langsung berlari mencarinya. Dia kemudian diberikan hadiah oleh Su-won berupa jepitan rambut. Yona yang sangat membenci rambut merahnya yang berantakan itu, setelah mendapat hadiah jepit rambut dari Su-won, dia merasa aneh kepada dirinya sendiri yang langsung menyukai rambut yang dibencinya itu.

Yona yang sudah menginjak usia 16 tahun, dimana diusia tersebut adalah masa untuk mencari pasangan hidup, Yona yang menginginkan Su-won sebagai pendampingnya langsung ditolak oleh ayahnya. Raja ke-11 Kouka adalah sosok ayah yang selalu memberikan apa saja yang diinginkan oleh putrinya, tetapi tidak untuk Su-won.

Malam hari, ketika Yona hendak pergi kekamar ayahnya untuk bicara sekali lagi mengenai perasaannya terhadap Su-won, ternyata harus melihat ayahnya mati ditikam oleh Su-won dihadapannya. Menganggap Yona sebagai pengganggu, Su-won berencana untuk membunuh Yona namun digagalkan oleh Hak, jendral terkuat dikerajaan.

Hak yang berhasil membawa kabur sang putri dan menjauh dari kerajaan, harus melarikan diri jauh kedalam hutan guna bersembunyi dari kejaran prajurit yang dikirim oleh Su-won untuk menangkapnya. Di tengah keadaan Yona yang putus asa, Hak terus berada disampingnya, menjaganya dan menjalankan tugasnya sebagai pengawal pribadi Yona atas permintaan sang Raja.

Hak yang memutuskan untuk kembali ke suku angin, menyuruh kakeknya, Mun-deok, untuk setuju dengan pengangkatan Raja baru Su-won agar suku angin tidak diganggu lagi dan Yona dapat hidup bahagia bersama suku angin. Keputusannya tersebut membuatnya harus meninggalkan suku angin dan menjadi buronan besar istana. Yona yang tidak senang dengan keputusan Hak, memutuskan untuk pergi bersamanya. Kakeknya, Mun-deok, menyuruh mereka untuk mencari seorang pendeta yang tinggal diwiliyah pegunungan guna memberitahukan kepada mereka apa yang harus mereka lakukan kedepannya.

Yona dan Hak yang bertemu dengan Ik-su, pendeta yang mereka cari. Menyuruh Yona untuk berpetualang mencari empat kesatria naga untuk meminta bantuan mereka guna bertahan hidup dari kejaran istana.

Grafis & Kualitas Gambar ( 8.2/10 )



Akatsuki no Yona memiliki grafis dengan kualitas gambar yang baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton.

Karakter ( 8.3/10 )

#1 Yona



Yona adalah putri pewaris sah kerajaan Kouka, Yona dibesarkan dengan sangat baik dan mendapatkan apapun yang dia inginkan, misalnya, aksesoris dan pakaian yang indah. Hal ini membuatnya menjadi putri yang manja. Yona berteman baik dengan Hak dan juga Su-won. Mereka bertiga sudah bersama sejak kecil, dan Yona sangat menyukai So-won. Setelah melalui beberapa peristiwa yang mengubah hidupnya, Yona berkembang menjadi wanita yang kuat, yang hidup untuk masyarakat kerajaan Kouka. Dan untuk membalas budi kepada teman-temannya yang sudah membantunya bertahan hidup dari kejaran prajurit istana. Pengisi suara; Saito Chiwa.

#2 Hak



Hak adalah mantan kepala suku dan jenderal suku angin. Dia dikenal sebagai "Hewan Buas Halilintar" karena kekuatan dan kecepatan yang dimilikinya diluar orang normal pada umumnya. Bahkan kemampuan bertarungnya dikatakan tak tertandingi oleh siapapun, membuatnya mendapatkan gelar "Jantung Kastil Hiryuu" seorang jendral terkuat dikerajaan tersebut. Dia adalah teman masa kecil sekaligus pengawal Yona. Dia yang melindungi, menyelamatkan, dan membantu Yona keluar istana dari kejaran prajurit yang ingin membunuhnya. Pengisi suara; Takagaki Ayahi.

#3 Su-won



Su-won adalah putra dari jendral Yu-Hon. Dia adalah teman dekat dari Hak dan Yona. Dia membunuh ayah Yona dan menjadi raja Kouka ke 12 yang ingin menyatukan suku-suku yang terdapat di kerajaan Kouka untuk mengembalikan kekuatan sejati dari kerajaan Kouka. Pengisi suara; Yamamoto Nozomi.

#4 Yun



Yun adalah salah satu dari bagian kelompok kecil Yona. Dia adalah orang pertama yang ikut dalam perjalanan Yona bersama Hak untuk mencari empat kesatria naga dan merebut kembali kerajaan Kouka dari Su-won. Dia lahir di sebuah desa miskin di wilayah suku api. Yun adalah pria tampan dan jenius. Tidak seperti teman-teman lainnya, Yun tidaklah kuat, tetapi kecerdasannya yang mampu memecahkan masalah dengan cepat, membuatnya bisa tetap bertahan dalam sebuah pertempuran. Yun adalah orang yang sangat peduli kepada rekan-rekannya. Pengisi suara; Minagawa Junko.

#5 Kija (Hakuryuu)



Kija merupakan salah satu dari empat kesatria naga, yaitu naga putih. Dia menjadi orang kedua setelah Yun yang bergabung dengan kelompok Yona, dan menjadi kesatria naga pertama yang mau ikut melakukan perjalanan bersama Yona. Kija memiliki cakar naga ditangan kanannya, yang dikatakan memiliki kekuatan sepuluh kali lipat dari manusia normal. Kija adalah kesatria naga yang sangat menantikan kehadiran tuannya. Ketika Yona datang mencari dan meminta bantuannya, tanpa pikir panjang dia langsung menerima tawaran tersebut dan berjanji setia kepadanya. Kija adalah kesatria naga yang sangat peduli dan sangat menghormati Yona. Pengisi suara; Morita Masakazu.

#6 Shinah (Seiryuu)



Shinah merupakan salah satu dari empat kesatria naga, yaitu naga biru. Dia menjadi orang ketiga setelah Yun dan Kija yang bergabung dengan kelompok Yona, dan menjadi kesatria naga kedua setelah Kija yang mau ikut melakukan perjalanan bersama Yona. Tidak seperti Kija, untuk mengajak Shinah bergabung kedalam kelompoknya, Yona harus mendapat tolakkan terlebih dahulu darinya, dimana Shinah percaya seseorang yang menginginkan kekuatannya adalah orang jahat. Shinah memiliki mata naga, dimana matanya mampu melihat dengan jarak yang cukup jauh, dan mampu melumpuhkan saraf yang terdapat dalam tubuh manusia. Shinah adalah nama pertama yang dia dapat, yang diberikan oleh Yona setelah dia memutuskan untuk ikut bersamanya. Pengisi suara; Kobayashi Sanae.

#7 Jaeha (Ryokuryuu)



Jaeha merupakan salah satu dari empat kesatria naga, yaitu naga hijau. Dia menjadi orang keempat setelah Yun, Kija, dan Shinah yang bergabung dengan kelompok Yona, dan menjadi kesatria naga ketiga setelah Kija dan Shinah yang mau ikut melakukan perjalanan bersama Yona. Jaeha adalah seorang bajak laut yang suka melakukan apapun keinginannya sendiri dan memilih siapa tuannya sendiri. Awalnya Jaeha selalu menghindari dari keberadaan Kija dan Shinah, dimana kesatria naga dapat mengetahui lokasi dan mampu berkomunikasi satu sama lain, seperti hal nya telepati. Jaeha yang awalnya menolak dan tidak ingin ikut bersama Yona, setelah melihat kebaikkan, kegigihan serta keinginan kuat yang dimiliki Yona dalam membantu orang lain, membuatnya memilih untuk ikut bersama Yona. Jaeha memiliki kaki naga pada bagian kanannya, dimana kakinya mampu membuatnya lompat sangat tinggi seperti terbang. Pengisi suara; Suwabe Junichi.

#8 Zeno (Ouryuu)



Zeno merupakan salah satu dari empat kesatria naga, yaitu naga kuning. Dia menjadi orang terakhir setelah Yun, Kija, Shinah, dan Jaeha yang bergabung dengan kelompok Yona, dan menjadi kesatria naga terakhir yang mau ikut melakukan perjalanan bersama Yona, setelah Kija, Shinah, dan Jaeha. Zeno adalah seorang pengembara muda yang hangat dan ceria. Dia memiliki hobi yang aneh yaitu bersyukur karena bisa makan enak. Zeno yang kebetulan lewat karena mencium bau makanan, memutuskan untuk ikut bersama Yona. Pengisi suara; Shimono Hiro.

Musik ( 7/10 )



Opening Theme:
#1: "Akatsuki no Yona (????)" by Kunihiko Ryo (eps 1-14)
#2: "Akatsuki no Hana (???)" by Cyntia (eps 15-23)

Ending Theme:
#1: "Yoru (?)" by vistlip (eps 1-14)
#2: "Akatsuki (?)" by Akiko Shikata (eps 15-24)

Keseluruhan ( 8.5/10 )



Secarah keseluruhan anime ini sangat baik. Anime ini memiliki cerita yang sangat menarik, tidak terlalu berat juga tidak terlalu ringan. Pertarungan yang diberikan juga sangat baik. Karakter didalamnya juga tidak membosankan, terutama Hak, kamu pasti suka. Komedi yang diberikan sangat sederhana namun sangat menghibur dan lucu. Anime ini juga memberikan cerita romantis yang cukup telak, yang mampu membuat kamu terbawa suasana. Menurut saya pribadi, Akatsuki no Yona merupakan salah satu anime petualangan romantis terbaik yang pernah ada.

Anime ini cocok buat kamu yang suka dengan tokoh utama cowoknya yang sudah kuat diawal, tidak bodoh namun mempunyai tingkah yang bisa membuat ketawa, dan tokoh utama ceweknya yang polos dan tidak pekaan. Juga cocok buat kamu yang suka anime petualangan dengan aksi yang keren dan menarik, karakter yang lucu dan menghibur, serta terdapat cerita romantis didalamnya.

Quotes: "Sebelum aku bertanya kepada Tuhan, aku harus bertanya kepada diriku sendiri!" -Yona
LihatTutupKomentar