-->

Review Anime: Jormungand (Snake of the World)


Detail:

Nama: Jormungand (???????)
Genre: Action, Adventure, Seinen
Rating: R+ - Mild Nudity
Rilis: Spring 2012, 11 April - 27 Juni
Sumber: Manga
Tipe: TV
Episode: 12
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: White Fox
Produser: Geneon Universal Entertainment, Shogakukan Productions, Jormungand Productions Partners
Lisensi: Funimation

Jormungand (??????? Yorumungando) dalam mitologi nordik berarti Ular Dunia, adalah seri manga yang ditulis oleh Takahashi Keitarou, yang diserialisasikan di majalah Monthly Sunday Gene-X dan diterbitkan di Amerika Utara oleh Viz Media. Mendapat adaptasi serial anime televisi oleh studio White Fox yang disutradarai oleh Motonaga Keitarou. Disiarkan di Jepang pada Spring 2012, 11 April - 27 Juni. Musim kedua berjudul Jurmongand: Perfect Order, 12 episode, disiarkan pada Fall 2012, 10 Oktober - 26 Desember.



Synopsis:

Koko Hekmatyar, pedagang senjata dari perusahaan HCLI yang menjual berbagai macam senjata ke manapun mereka yang membutuhkan, tidak peduli mereka seorang tentara, mafia, maupun warga sipil. Bersama dengan rekan-rekannya yang sebagian besar merupakan mantan prajurit, polisi, bahkan mafia, Jonathan Mar seorang anak kecil yang merupakan anggota baru, bersama-sama mereka mengikuti dan melindungi Koko kemana pun dia pergi dengan mimpi besarnya, yaitu menjual senjata untuk menciptakan perdamaian dunia.



Cerita ( 8/10 )

Jonathan Mar, seorang anak laki-laki yang tempat tinggalnya sedang terlibat dalam sebuah peperangan, harus kehilangan kedua orang tuanya dan teman-temannya. Jonathan yang sangat membenci senjata lebih dari siapa pun, namun menyadari kalau dirinya juga membutuhkan senjata untuk bisa bertahan hidup, karena kejadian di masa lalunya kini dia harus menjadi anggota baru Koko Hekmatyar, seorang pedagang senjata.

Tugasnya adalah mengikuti dan melindungi Koko kemanapun dia pergi untuk menjual senjata kepada meraka yang membutuhkan baik tentara, mafia, bahkan warga sipil. Alasan Koko menjual senjata adalah menciptakan perdamaian dunia, membuat Jonathan tidak mengerti dengan pemikirannya.

Beberapa kali terlibat dalam bahaya saat menjual senjata ke berbagai tempat, membuat Jonathan semakin tidak mengerti dengan cara berpikir Koko, namun dia mulai tertarik dengannya dan memutuskan untuk mengikuti dan melindunginya. Bersama dengan rekan-rekan lainnya yang sebagian mantan prajurit, polisi, bahkan mafia, Jonathan mulai mengerti mengapa mereka semua yang merupakan orang-orang hebat mau melindungi dan mengikutinya kemanapun dia pergi.

Dalam melakukan transaksinya berjualan senjata, selalu ada pihak lain yang terlibat yang mengancam keselamatan Koko. Membuat rekan-rekannya harus selalu waspada setiap saat. Ini dikarenakan Koko merupakan pedagang senjata dari perusahaan HCLI yang pekerjaannya ilegal dibawah hukum internasional. Dia dipaksa untuk terus-menerus menghindar dari otoritas lokal dan internasional saat sedang melakukan bisnis. Dan beberapa keterlibatan dari sesama pihak pedagang senjata yang tidak senang dengan bisnisnya yang selalu berjalan dengan baik, yang selalu mengiriminya seorang pembunuh bayaran untuk menghabisinya.

Kemampuan Koko dalam berpikir mengenai strategi ke depannya, tentang rencananya dan kemampuan rekan-rekannya yang luar biasa membuat transaksi yang dilakukan olehnya selalu berjalan dengan baik, sesuai rencana. Kemanapun mereka pergi bahaya selalu mengikuti mereka. Bersama-sama, mereka pergi berkeliling dunia menjual senjata ke berbagai pihak guna perdamaian dunia.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.8/10 )



Karakter ( 7.9/10 )

#1 Koko Hekmatyar



Koko Hekmatyar adalah pedagang senjata ilegal dari perusahaan besar HCLI yang merupakan milik keluarganya. Pekerjaannya sebagai pedagang senjata ilegal membuatnya terpaksa untuk terus-menerus menghindar dari otoritas lokal dan internasional, yang berarti dia tidak bisa diam di satu negara dan harus berpergian. Pekerjaannya juga membuat dirinya sering terlibat dalam situasi berbahaya yang bisa menghilangkan nyawanya. Kemampuannya dalam membaca situasi dan membuat sebuah rencana sangatlah baik. Koko memiliki rekan-rekan yang direkrut langsung olehnya sendiri, yang merupakan orang-orang kepercayaan yang dimilikinya. Mimpinya adalah menciptakan perdamaian dunia. Pengisi suara; Itou Shizuka.

#2 Jonathan Mar



Jonathan Mar, dia adalah seorang anak laki-laki yang tempat tinggal terlibat dalam sebuah peperangan yang membuatnya harus kehilangan kedua orang tua dan teman-temannya. Membenci senjata dan orang-orang yang membuat, menjual, dan menggunakannya lebih dari siapapun, tapi juga paling menyadari kalau dirinya membutuhkan senjata untuk bertahan hidup. Menjadi anggota baru di kelompok Koko, Jonathan terlihat begitu dekat dengannya. Koko sedikit memperlakukannya sebagai adiknya. Jonathan, dia tidak suka terlalu banyak bicara dan membenci pelajaran matematika dan fisika. Kemampuannya menggunakan senjata api sangatlah berbakat. Menariknya, dia tidak mau melakukan operasi untuk mengeluarkan peluru yang ada pada bagian tubuhnya karena takut di suntik. Dilihat dari bagaimana cara dia melindungi Koko dan bagaimana menghadapi musuhnya, membuatnya sangat aneh kalau dia ternyata malah takut di suntik. Pengisi suara; Tamura Mutsumi.

#3 Lehm Brick



Lehm Brich adalah rekan pertama Koko yang merupakan orang yang paling dia percaya lebih dari siapaun. Mantan tentara bayaran Delta Force yang sebelumnya bekerja untuk ayah Koko bersama Chiquita, mantan istrinya. Lehm merupakan mantan perwira yang memiliki pengalaman, kemampuan dan analisa yang sangat baik dan luar biasa. Memutuskan untuk mengikuti dan melindungi Koko karena sikap dan mimpinya yang menurutnya hebat dan menarik. Dia adalah yang tertua di kelompok ini. Terlepas dari Jonathan, dia adalah orang yang paling dekat dan paling memahami pemikiran Koko. Pengisi suara; Ishizuka Unshou.

#4 Sofia Valmer



Sofia Valmer adalah mantan prajurit yang dikirimkan PBB ke negara Afrika. Valmer yang saat itu menjadi pemimpin pasukannya, harus menghadapi kenyataan yang pahit dimana semua pasukannya di bantai oleh seorang musuh dan hanya dia yang selamat. Demi membalaskan dendam pasukannya, dia memutuskan untuk mengikuti dan melindungi Koko. Dia memutuskan mengikutinya untuk kemungkinan kecil dimana jika dia berkeliling dunia dia bisa bertemu kembali dengan orang yang sudah menghabisi pasukannya. Memiliki pengalaman, kemampuan fisik, dan seni bela diri yang sangat baik. Dia ahli dalam pertempuran jarak dekat. Sangat mengkhawatirkan Koko dibandingkan rekan lainnya. Demi Koko dia akan melakukan apapun itu. Menurutnya Koko adalah orang yang baik, seseorang yang menyelamatkannya dari keterpurukan dan memberinya harapan dan alasan untuk tetap hidup. Dia akan benar-benar menjadi marah saat melihat ada yang menyakiti Koko. Pengisi suara; Ohara Sayaka.

#5 Lutz



Lutz adalah mantan penembak jitu dari GSG9, seorang perwira polisi. Dia adalah ahli sniper, yang merupakan penembak jitu di kelompok ini. Dia menjadi tidak yakin dengan dirinya sendiri apabila mengetahui kalau targetnya adalah anak kecil, terutama perempuan sekalipun dia seorang pembunuh bayaran. Pengisi suara; Hatano Wataru.

#6 Mao



Mao adalah mantan perwira artileri dari negara Asia. Dikeluarkan dari militer setelah dia melakukan kesalahan yang menyebabkan kecelakaan cukup serius pada saat pelatihan, dan kemudian direkrut oleh Koko. Dia adalah satu-satunya anggota yang sudah memiliki keluarga dan memiliki dua orang anak yang usianya masih dibawah dari pada Jonathan. Keluarganya sama sekali tidak mengetahui kalau dia sekarang bekerja sebagai pedagang senjata. Dia mengatakan kepada keluarganya kalau dirinya mendapat tugas militer yang membuatnya harus berpergian jauh. Dia ditugaskan oleh Koko untuk memberikan pelajaran sains kepada Jonathan. Pengisi suara; Shinomiya Gou.

#7 Renato Socci



Renato Socci adalah mantan perwira Intelijen Angkatan Bersenjata Bersaglieri Italia, dia pernah juga bertugas sebagai tentara penjaga perdamaian PBB. Kemudian menjadi bagian CIA sebagai mata-mata. Memutuskan untuk mengikuti dan melindungi Koko. Pengisi suara; Konishi Katsuyuki.

#8 Akihiko Tojo



Akihiko Tojo adalah mantan operator unit rahasia SR Kementerian Pertahanan Jepang. Memutuskan untuk mengikuti dan melindungi Koko sebagai intelijen informasi. Pengisi suara; Yanai Hitoshi.

#9 William Nelson



William Nelson adalah ahli bahan peledak dan mantan letnan dari Brigade Insinyur 20 dari Korps Udara XVIII Angkatan Darat AS. Memutuskan untuk mengikuti dan melindungi Koko sebagai ahli peledak dan dia juga ditugaskan memberikan pelajaran Bahasa Inggris kepada Jonathan. Pengisi suara; Nomura Kenji.

#10 Ugo



Ugo adalah mantan pengemudi mafia, Ugo direkrut oleh Koko setelah organisasi mafia tempatnya bekerja dihabisi oleh tim Koko karena melanggar perjanjian dengan mencoba membayar menggunakan obat-obatan. Melihat reaksi berbeda dari Ugo ketika kelompoknya membayar tim Koko dengan obat-obatan membuat Koko tertarik dengannya. Dia memutuskan mengikuti dan melindungi Koko sebagai supir pribadi yang memiliki kemampuan mengemudi yang sangat baik dan terampil. Pengisi suara; Katsunuma Kiyoshi.

Musik ( 7/10 )



Opening Theme:
#1: "Borderland" by Mami Kawada

Ending Theme:
#1: "Ambivalentidea" by Nagi Yanagi (eps 1-3, 5-12)
#2: "Shiroku Yawaraka na Hana (????????)" by Nagi Yanagi (eps 4)

Keseluruhan ( 8/10 )



Secara keseluruhan anime ini sangat baik dan menarik. Alur dan karakter didalamnya tidak membosankan sama sekali, terutam Lehm, kamu pasti suka. Anime ini memiliki cerita yang benar-benar menarik dan aksi yang keren, terutama tembak-tembakannya. Buat kamu yang suka anime aksi saya sangat merekomendasikan untuk menonton anime Jurmongand ini.

Jurmongand ini cocok buat kamu yang suka dengan cerita yang terdapat tim atau sebuah kelompok didalamnya, terlebih anggotanya terlihat bebas namun sangat menghormati, baik sikap, keputusan, dan perintah pemimpin mereka.

Buat kamu yang suka genre militer juga saya merekomendasikan untuk menonton Jurmongand ini. Meskipun tidak ada genre militer di dalamnya, namun suasana militer didalam cerita cukup terasa. Memang anime ini berfokus pada mafia dibandingkan militer, tapi latar belakang, kemampuan dan keahlian termasuk analisa yang diperlihat benar-benar seperti bagaimana cara seorang tentara bertindak.

Anime Jurmongand ini merupakan salah satu anime yang habis saya tonton dalam sehari. Karena memang cerita dan karakternya menarik dan tidak membosankan, membuat setiap episode yang dimiliki anime ini selalu berhasil membuat saya penasaran akan kelanjutannya.

Quote: "Buang keinginanmu untuk mati dan ubah menjadi latihan yang keras." -Lehm Brick
LihatTutupKomentar