-->

Review Anime: Hotarubi no Mori e


Detail:

Judul: Hotarubi no Mori e (?????)
Genre: Drama, Romance, Shoujo, Supernatural
Rating: G - All Ages
Rilis: 17 September 2011
Sumber: Manga
Tipe: Movie
Episode: 1
Durasa: 45 min.
Status: Selesai
Studio: Brain's Base
Produser: Aniplex

Hotarubi no Mori e (?????) adalah manga shojo yang ditulis oleh Midorikawa Yuki, diterbitkan pertama kali pada Juli 2002 dalam edisi LaLa DX di Jepang. Pada tahun 2011, manga ini mendapat adaptasi serial anime movie oleh studio Brain's Base yang di sutradarai oleh Omori Takahiro dan musik oleh Yoshimori Makoto.

Synopsis:

Di musim panas, Takegawa Hotaru yang baru berusia enam tahun, saat itu sedang berada di desa tempat kakeknya tinggal. Saat bermain, Hotaru tersesat di Hutan Dewa Gunung yang konon merupakan tempat tinggalnya para siluman. Setelah berusaha mencari jalan pulang, Hotaru kelelahan sampai tak kuat berjalan lagi. Dan di saat Hotaru mulai menangis karena takut dan kesepian, seorang pria muda aneh mengenakan topeng muncul di kejauhan memanggilnya.

Hotaru yang senang karena ada seseorang yang menemukannya, langsung berlari ke arahnya. Pria itu bernama Gin, dia memberitahukan kalau dirinya adalah siluman, dan bila dia bersentuhan dengan manusia maka dia akan menghilang. Kemudian Gin pun mengantarkan Hotaru keluar dari hutan tersebut.

Pertemuannya dengan Gin membuat Hotaru selalu kembali ke Hutan Dewa Gunung setiap kali musim panas datang untuk bermain bersamanya. Sampai akhirnya Hotaru tumbuh dewasa dan mulai memahami satu hal.



Cerita ( 7.7/10 )

Saat berusia enam tahun, Takegawa Hotaru pernah tersesat di Hutan Dewa Gunung yang konon merupakan tempat tinggalnya para siluman. Setelah berusaha mencari jalan pulang, Hotaru kelelahan sampai tak sanggup berjalan lagi. Pada saat Hotaru mulai menangis karena takut dan kesepiaan, seorang pria mengenakan topeng muncul di kejauhan memanggilnya.

Hotaru yang senang karena ada seseorang yang menemukannya, langsung berlari kearahnya dan mencoba memeluknya. Namun pria tersebut tidak membiarkannya. Dia memberitahukan kalau dirinya adalah siluman yang apabila bersentuhan dengan manusia maka dia akan menghilang.

Pria tersebut bernama Gin, dia kemudian mengantarkan Hotaru keluar dari hutan tersebut. Tidak memperdulikan peringatan Gin tentang hutan tersebut sebelumnya, Hotaru mengatakan dan memutuskan kalau dirinya akan kembali lagi kesini.

Keesokan harinya, Hotaru yang benar-benar kembali ke hutan itu lagi, di sana dia sudah di tunggu oleh Gin. Gin yang tidak menyangka kalau dia benar-benar akan kembali, kemudian mengajaknya masuk ke dalam hutan ke tempat yang lebih menyenangkan. Di sana mereka bermain dan menghabiskkan waktunya bersama-sama.

Keesokan harinya lagi dan lagi, Hotaru selalu kembali ke hutan itu untuk bertemu dan bermain bersama Gin. Sampai akhirnya musim panas berakhir dan Hotaru harus kembali ke kota, pulang ke rumahnya. Sebelum pergi Hotaru mengatakan kalau dirinya akan datang kembali saat musim panas berikutnya.

Setiap musim panas datang, Hotaru selalu kembali untuk bertemu dan bermain bersama Gin. Seiring berjalannya waktu, Hotaru kini mulai dewasa dan mulai seumuran dengan Gin, sedangkan Gin tidak berubah sama sekali semenjak pertemuan pertama mereka. Membuat Hotaru menyadari satu hal.

Suatu waktu saat mereka sedang bermain bersama, Hotaru yang saat itu terjatuh dari atas pohon, melihat Gin mencoba untuk menangkapnya, menyadarkan satu hal, kalau Hotaru tidak ingin dia menghilang. Hotaru kemudian mengatakan kepada Gin untuk tidak menyentuhnya apapun yang terjadi.

Sudah beberapa musim panas yang mereka lalui bersama, kini Hotaru sudah menginjak bangku sekolah menengah atas. Seperti biasa, Hotaru dan Gin selalu bermain dan menghabiskan waktu musim panasnya bersama-sama. Kedekatan mereka selama ini membuat mereka sudah mulai terbuka satu sama lain. Gin pun menceritakan tentang masa lalu dan siapa dia sebenarnya.

Gin juga mengajaknya untuk datang ke festival siluman, festival yang di adakan oleh para siluman gunung. Hotaru yang bertanya mengapa baru mengajaknya sekarang, ternyata Gin sebenarnya ingin mengajaknya sudah dari lama, namun Gin berpikir saat itu Hotaru masih belum berani untuk datang ke festival seperti itu. Dimana festival tersebut di adakan di gunung dan di huni banyak siluman lainnya.

Di malam festival, Hotaru dan Gin, mereka bersama-sama bersenang-senang menikmati festival tersebut sampai akhirnya mereka benar-benar saling terbuka dan jujur akan perasaan mereka masing-masing.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.8/10 )



Karakter ( 8/10 )

#1 Takegawa Hotaru


Takegawa Hotaru dia adalah heroine utama dalam cerita. Dia adalah gadis yang ceria dan bersemangat. Tinggal di kota bersama kedua orang tuanya, dia menghabiskan musim panasnya di tempat tinggal kakeknya untuk bertemu dan bermain bersama Gin yang berada di Hutan Dewa Gunung. Hotaru seringkali kepalanya kena pukul batang kayu oleh Gin karena kebiasaannya yang selalu ingin memeluknya. Pengisi suara; Sakura Ayane.

#2 Gin


Gin, dia adalah siluman. Menampakkan dirinya untuk membantu Hotaru yang saat itu berusia enam tahun sedang tersesat di Hutan Dewa Gunung. Dia adalah siluman yang baik dan pengertian. Terkadang dia juga bisa menunjukkan sisi romantisnya. Pengisi suara; Uchiyama Kouki.

#3 Ryouta

Ryouta adalah teman SMA Hotaru. Terlihat kalau dia peduli dan memperhatikan Hotaru. Pengisi suara; Taya Hayato.

#4 Ibu Takegawa

Ibu Takegawa hanya diperlihatkan sekilas saja, tidak ada informasi tentangnya. Terlihat sekilas kalau ibu Takegawa adalah sosok ibu yang sangat perhatian dan memperhatikan hal-hal kecil. Dan dia tidak memaksakan apa yang diinginkannya kepada anaknya. Pengisi suara; Sawada Izumi.

#5 Kakek Takegawa

Kakak Takegawa, dia adalah kakek yang peduli dan perhatian. Terlihat saat dia berusaha mencari dan menemukan Hotaru ketika dia belum kembali pulang saat sudah mau malam. Dia juga merupakan kakek yang menyenangkan, yang senang membagikan ceritanya kepada Hotaru. Kakeknya pernah mengatakan kalau dirinya saat masih kecil adalah seorang yang nakal. Pengisi suara; Tsuji Shinpachi.

Musik ( 6.5/10 )

Opening Theme:

Ending Theme:
#1: "Natsu wo Miteita (??????)" by Shizuru Ootaka

Keseluruhan ( 7.8/10 )


Secara keseluruhan anime ini baik dan menarik. Alur ceritanya baik, tidak terlalu berat dan tidak bertele-tele. Dua karakter utamanya, Hotaru dan Gin, memiliki karakteristik yang berbeda, yang melengkapi satu sama lain, sehingga menarik dan tidak membosankan.

Jika saja anime ini mempunyai cerita dengan permasalahan yang sedikit agak rumit lagi, dan durasi lebih panjang, mungkin anime ini akan menjadi lebih menarik dan seru. Meski begitu, anime ini tetap menarik untuk kamu tonton, terutama yang menyukai genre Romance terlebih terdapat siluman (yokai) di dalamnya.
LihatTutupKomentar