-->

Review Anime: Hataraku Maou-sama! (The Devil Is a Part-Timer!)


Detail:

Judul: Hataraku Maou-sama! (????????!)
Genre: Comedy, Demons, Fantasy, Romance, Supernatural
Rating: PG-13 - Teens 13 or older
Rilis: Spring 2013, 4 April - 27 Juni
Sumber: Light Novel
Tipe: TV
Episode: 13
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: White Fox
Produser: Sotsu, Lantis, Pony Canyon, Magic Capsule, Infinite
Lisensi: Funimation

Hataraku Maou-sama! (????????! Hataraku Mao-sama!), dikenal juga sebagai The Devil Is a Part-Timer! adalah seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Wagahara Satoshi dan diilustrasikan oleh Oniku (029). Serialisasi pertama kali pada Februari 2011 oleh ASCII Media Works. Seri ini mendapat 2 adaptasi manga sampai kemudian pada April 2013 seri ini mendapat adaptasi kembali berupa serial anime televisi oleh studio White Fox yang ditulis ulang oleh Yokotani Masahiro dan disutradarai oleh Hosoda Naoto.

Synopsis:

Di benua Ignora, terdapat beberapa pulau besar yang terbagi di beberapa bagian Selatan, Utara, Timur dan Barat, mereka menyebutnya dengan nama Ente Isla. Ada satu nama yang membuat seluruh penduduk Ente Isla lari ketakutan, yaitu Maou Satan, raja iblis kegelapan. Bersama dengan empat jenderal pengikut setianya, Maou Satan yang menyatakan perang dengan para manusia, berniat untuk menguasai dunia dengan kegelapan. Akan tetapi, muncul seorang pahlawan yang mampu membuat Maou Satan terpaksa untuk mundur. Maou Satan yang memutuskan untuk mundur, bersama dengan pengikut setianya Alsiel melalui portal dimensi lain, berakhir di bumi, tepatnya Jepang, dunia yang tidak memiliki kekuatan sihir sama sekali. Tanpa sihir dan pengalam bekerja, agar bisa bertahan hidup Maou Satan harus bekerja di sebuah restoran sebagai seorang pelayan.


Cerita ( 8/10 )

Di benua Ignora, Ente Isla. Maou Satan, raja iblis kegelapan yang bermaksud untuk menguasai dunia dengan kegelapan, dikejutkan oleh seorang pahlawan yang mampu membuatnya terpojok dan harus berakhir dengan pergi meninggalkan kerajaannya.

Bersama dengan pengikut setianya, Alsiel, mereka pergi menggunakan portal antar dimensi dan harus berakhir di bumi, tepatnya di Jepang, dunia yang tidak memiliki kekuatan sihir sama sekali, berbeda dengan dunia mereka sebelumnya.

Di Jepang, nama mereka adalah Maou Sadao dan Ashiya Shirou. Tanpa kekuatan sihir dan pengalaman bekerja, agar bisa bertahan hidup Maou harus bekerja di sebuah restoran sebagai seorang pelayan, sedangkan Ashiya bertugas mengurus keuangan dan mencari tahu tentang dunia tersebut dan bagaimana mereka bisa kembali ke dunia mereka.

Maou yang bertemu dengan seorang gadis bernama Yusa Emi, yang ternyata adalah pahlawan di dunia mereka sebelumnya yang berhasil membuatnya terpojok, membuat Maou terkejut karena kehadirannya di sini.

Emi yang ternyata mengikuti Maou saat mencoba pergi melarikan diri menuju portal antar dimensi sampai akhirnya berakhir di Jepang sama sepertinya. Emi yang kehilangan kekuatannya, tidak bisa apa-apa selain mengikuti dan mengawasi Maou. Hubungan mereka di dunia sebelumnya, dan saat ini membuat mereka sering kali terlibat dalam hal yang tak terduga, termasuk dalam hal berbahaya.

Maou yang mulai menyukai Jepang, dan Emi yang tidak tahu apa yang di pikirkan dan di rencanakan oleh Maou, membuat mereka terlibat lebih banyak hal lagi bersama-sama.

Grafis & Kualitas Gambar ( 8/10 )



Karakter ( 8.2/10 )

#1 Maou Sadao



Maou Sadao adalah raja iblis kegelapan di dunia asal mereka. Melarikan diri sampai akhirnya berada di bumi, Jepang, yang tidak memiliki kekuatan sihir sama sekali. Tanpa pengalaman bekerja, awalnya Maou sulit untuk mendapat pekerjaan dan selalu berakhir di pecat, sampai akhirnya dia mulai terbiasa dan berhasil mendapat pekerjaan sebagai pelayan di sebuah restoran. Pekerja keras, rajin, dan penuh ambisi, terkadang bodoh, Maou juga peduli dengan orang-orang di sekitarnya. Pengisi suara; Osaka Ryota.

#2 Yusa Emi



Yusa Emi (Emilia) adalah pahlawan yang di takdirkan melawan raja iblis kegelapan Maou. Berhasil membuat raja iblis Maou mundur dan melarikan diri, Emi malah mengikutinya sampai akhirnya tiba di Jepang, dunia tanpa adanya sihir. Emi sekarang bekerja di sebuah perusahaan sebagai Layanan Service. Dia adalah orang yang keras kepala dan mengatakan apa saja yang ada di pikirannya tentang Maou. Membenci Maou lebih dari siapa pun. Pengisi suara; Hikasa Yoko.

#3 Ashiya Shirou



Ashiya Shirou merupakan salah satu dari ke-4 Jenderal terkuat yang dimiliki oleh raja iblis Maou. Ashiyan merupakan pengikut setia Maou yang sangat menghormati dirinya lebih dari siapa pun. Terlihat konyol namun sangat peduli dan perhatian terhadap Maou. Ashiya bertugas mencari tahu tentang dunia apa sebenarnya ini dan melakukan banyak pekerjaan rumah. Pengisi suara; Ono Yuuki.

#4 Sasaki Chiho



Sasaki Chiho adalah teman kerja Maou. Melihat bagaimana Maou bekerja dan memperlakukan orang lain dengan baik membuat Chico suka kepadanya. Chiho juga sering kali salah paham dengan gadis yang dekat dengannya. Chiho juga terlibat dan mengetahui tentang masalah Maou dan dunia sebelumnya, begitu juga keterlibatan Emi, Ashiya, dan lainnya.

#5 Urushihara Hanzou



Urushihara Hanzou merupakan salah satu dari ke-4 Jenderal terkuat milik raja iblis Maou. Tanpa sepengetahuan Maou ternyata dia mengikutinya sampai ke bumi, Jepang. Di sana dia berencana mengalahkan Maou namun gagal. Maou yang mengampuninya, kini sekarang dia tinggal bersamanya bersama-sama dengan Ashiya juga. Tertarik dengan yang namanya internet menjadikannya seorang NEET. Pengisi suara; Shimono Hiro.

#6 Kamazuki Suzuno



Kamazuki Suzono merupakan prajurit terkuat yang dimiliki pihak kerajaan yang dikirim ke Jepang dan ditugaskan untuk membunuh raja iblis Maou. Melihat Maou yang seperti itu membuatnya sedikit ragu untuk membunuhnya dan malah banyak menghabiskan waktu dengannya juga Ashiya dan Urushihara. Di Jepang Kamazuki terlihat seperti gadis desa yang selalu mengenakan kimono setiap saat dan dia pintar memasak. Pengisi suara; Itou Kanae.

Musik ( 7.8/10 )



Opening Theme:
#1: "ZERO!!" by Minami Kuribayashi (eps 3-13)

Ending Theme:
#1: "Gekka (??)" by nano.RIPE (eps 1, 3-4, 6-12)
#2: "ZERO!!" by Minami Kuribayashi (eps 2)
#3: "Star Chart (???????)" by nano.RIPE (eps 5)
#4: "Tsumabiku Hitori (???????)" by nano.RIPE (eps 13)

Keseluruhan ( 8.1/10 )



Secara keseluruhan anime Hataraku Maou-sama! ini sangat baik dan menghibur. Alur dan karakternya benar-benar tidak membosankan, semuanya, terutama Maou, Ashiya, dan Emi, kamu pasti suka.

Komedinya, terutama saat Maou, Ashiya, dan Emi sedang bersama-sama satu sama lain, benar-benar akan bisa membuat kamu terhibur.

Buat kamu yang suka anime Action, Romance dan Comedy, anime ini mungkin bisa dijadikan pilihan yang pas untuk di tonton.

Quote: "Katakanlah apa yang ingin kau katakan, jangan ditahan." -Urushihara Hanzou
LihatTutupKomentar