-->

Pengertian dan Jenis-Jenis Chuunibyou


Kalo sebelumnya kita sudah membahas tentang Otaku dan Weeaboo, kali ini saya ingin membahas tentang apa itu Chuunibyou, pengertian dan jenis-jenisnya.

Bagi penggemar anime dan manga pasti mengenal istilah Chuunibyou ini. Terutama yang sudah pernah menonton anime 'Chuunibyou demo Koi ga Shitai!' yang di tulis oleh Torako. Anime terkenal yang menceritakan tentang seorang anak yang mengidap penyakit Chuunibyou.

Tapi apa kamu benar-benar sudah tahu apa arti dan jenis-jenis Chuunibyou sebenarnya? Kalau belum, di sini saya akan menjelaskan tentang apa itu Chuunibyou dan jenis-jenis dari Chuunibyou itu sendiri.

APA ITU CHUUNIBYOU? PENGERTIAN CHUUNIBYOU

Chuunibyou adalah sindrom yang dapat membuat pengidapnya mengkhayal seakan-akan menjadi seseorang yang berbeda, kebanyakan menjadi tokoh fiksi, yang memiliki sesuatu yang luar biasa seperti kemampuan atau kekuatan supernatural dalam dirinya.

Chuunibyou (???), kasarnya berarti 'penyakit/sindrom/gejala kelas dua SMP'. Chuunibyou menggunakan huruf '?' (byou) yang berarti penyakit/sindrom/gejala.

Sindrom chuunibyou di sini bukan berarti dalam tanda petik benar-benar sakit atau pun mengalami gangguan jiwa. Namun, sindrom yang di maksud adalah gejala atau emosi yang dimiliki oleh seseorang yang pada umumnya muncul secara bersamaan dengan tindakan sehingga dapat teridentifikasi. Mudahnya adalah seseorang yang bertindak sesuai dengan imajinasi yang di pikirkannya saat itu juga (mengkhayal). Misalnya: merasa kalau dirinya memiliki kekuatan supernatural, bersikap seakan-akan dirinya lebih baik daripada orang lain, merasa kalau dunia ini bukanlah tempat dimana seharusnya dia berada, dan sebagainya. Umumnya terjadi pada usia pubertas sekitar 14 tahun, usia dimana seseorang masih dalam masa labil-labilnya. Namun tidak jarang juga dalam beberapa kasus ada juga orang dewasa masih bersikap seperti ini.

ASAL MULA ISTILAH CHUUNIBYOU

Secara etimologi istilah chuunibyou berasal dari bahasa Jepang Chuugakkou ni-nen (????? yang artinya 'tahun kedua sekolah menengah' dan Byou (?) yang berarti penyakit/sindrom/gejala sehingga kata chuunibyou ini memiliki arti dasar 'penyakit/sindrom/gejala di tahun kedua sekolah menengah'.

Hikaru Ijuin dianggap sebagai orang pertama yang menggunakan istilah chuunibyou ini. Pada November 1999, dalam siaran radionya dia mengatakan 'Aku masih tertular chuunibyou'. Kemudian dia melakukan siaran lainnya dengan mengatakan 'Apakah saya sakit? Oh, itu hanya chuunibyou.'

Hikaru Ijuin mendefinisikan kata "chuunibyou" sebagai 'hal-hal yang biasanya dilakukan seseorang selama tahun kedua mereka di sekolah menengah'. Istilah chuunibyou ini kemudian dengan cepatnya menyebar di internet dan semakin tenar setelah menjadi meme.

Selain itu muncul istilah yang baru lainnya yang berhubungan dan menjadi meme chuunibyou, yaitu "Kounibyou" (???) yang artinya "penyakit di tahun kedua sekolah menengah atas, SMA." dan "Shounibyou" (???) yang artinya "penyakit di tahun kedua sekolah dasar." Hikaru Ijuin yang kehilangan minat karena istilah-istilah meme ini membuatnya menulis postingan di Twitter-nya "Saya tidak tertarik dengan kata ini lagi (chuunibyou) karena telah kehilangan makna aslinya dari ketika saya pertama kali menggambarkannya."

JENIS-JENIS CHUUNIBYOU

1.DQN (DQN ?, dokyun-kei), yaitu orang yang berpura-pura bersikap anti-sosial atau bertindak seperti anak nakal padahal sebenarnya tidak. Misalnya mengarang cerita tentang perkelahian geng atau kejahatan, atau membanggakan diri dengan berpura-pura tahu dan bersikap seperti sudah terbiasa dengan keadaan seperti itu, padahal semuanya hanya rekayasa belaka, kebohongan.

2.Subkultular/HIPSTER (?????, sabukara-kei), yaitu orang yang memiliki kecenderungan memilih hal yang non-mainstream atau yang peminatnya sedikit agar merasa berbeda dengan yang lainnya dan menjadikan diri mereka istimewa. Orang seperti ini biasanya lebih memilih budaya lain daripada budaya yang ada dilingkungannya sendiri. Orang jenis ini tidak mencintai budayanya sendiri melainkan berusaha terlihat "keren" dengan budaya lain.

3.EVIL EYE (????, jakigan-kei), yaitu orang yang cenderung merasa memiliki kemampuan atau kekuatan supernatural dalam diri mereka. Kekagumannya atas kekuatan sihir dan sebagainya membuatnya berpikir kalau dirinya memiliki kekuatan yang tersembunyi dalam diri mereka sehingga sering mengkhayal yang aneh-aneh. Anime 'Chuunibyou demo Koi ga Shitai!' yang saya singgung sebelumnya benar-benar menggambarkan jenis ini.

CHUUNIBYOU DALAM PANDANGAN PSIKOLOGI

Faktor pendorong terjadinya chuunibyou ini berasal dari kekaguman terhadap orang-orang hebat atau populer, atau budaya yang sangat disukai dan diinginkan oleh orang tersebut. Menyebabkan orang tersebut meniru sifat atau karakter ciri-ciri tertentu dari mereka (penampilan, fisik, kepribadian, dan sebagainya) yang dalam psikologi disebut sebagai identifikasi.

Dalam kasus sindrom chuunibyou, identifikasi orang tersebut biasanya berasal dari karakter atau tokoh video game, anime, atau manga, yang dianggap eksklusif atau luar biasa keren bagi mereka, biasanya karakter favorit atau kesukaan.

MENJADI SEORANG CHUUNIBYOU, BAIK ATAU BURUK?

Baik, buruknya seorang chuunibyou tergantung dari masing-masing penilaian dan pendapat seseorang. Dalam masyarakat sendiri, terutama di Jepang, chuunibyou sendiri sedikit mendapat penilaian yang tidak baik. Chuunibyou dianggap aneh dan menyusahkan orang-orang di sekitarnya.

Menurut saya pribadi, seorang chuunibyou itu agak unik dan aneh, kadang mereka juga menyusahkan, meski begitu terlihat menyenangkan. Bukan berarti seorang chuunibyou itu buruk, lho. Mengapa? Karena melihat seseorang yang larut dalam imajinasinya itu menyenangkan, apalagi mereka yang sampai memperagakannya. Tidak perduli dengan apa yang dikatakan orang-orang tentangnya, seorang chuunibyou selalu menjadi dirinya sendiri dengan kebebasan dan khayalannya. Bukankah itu menarik?

Kadang juga saya menganggap kalau seorang chuunibyou itu nyusahin, kenapa? karena kalo bicara sama seorang chuunibyou tuh kadang ngelanturnya kemana-mana, susah di ajak nyambungnya. Belum lagi jika kamu termasuk orang yang tidak suka dengan sikap kekanak-kanakan. Seorang chuunibyou ini kekanak-kanakannya bener-bener banget dah. Apalagi kalo kamu di libatkan dalam imajinasinya tersebut, di tempat dan waktu yang tidak tepat misalnya di keramaian dan sebagainya. Bisa jadi pusat perhatian banyak orang.

Intinya, apapun itu pasti ada hal baik dan buruknya. Tidak ada yang salah dengan seorang chuunibyou. Jika memang ada, itu adalah pendapat orang-orang tentangnya.

APA KAMU SEORANG CHUUNIBYOU?

Saya akan merasa senang jika kamu mau memberitahukannya di kolom komentar.
LihatTutupKomentar