-->

Review Anime: Kimi no Na wa. (Namamu.)


Detail:

Judul: Kimi no Na wa. (?????)
Genre: Drama, Romance, Supernatural
Rating: PG - 13+
Rilis: 26 Agustus 2016
Sumber: Original
Tipe: Movie
Episode: 1
Durasi: 1 jam. 46 min.
Status: Selesai
Studio: CoMix Wave Films
Produser: Kadokawa Shoten, Toho, Sound Team Don Juan, Lawson HMV Entertainment, Amuse, East Japan Marketing & Communications
Lisensi: Funimation, NYAV Post

Kimi no Na wa. (?????), juga dikenal dengan nama Your Name. yang bila diartikan kedalam bahasa Indonesia berarti Namamu. ini adalah anime remaja yang ditulis dan disutradarai oleh Shinka Makoto, desain karekter oleh Tanaka Masayoshi, dan musik oleh band rock Jepang bernama Radwimps. Anime ini dibuat berdasarkan novel karya Shinka Makoto dengan judul yang sama. Tayang di Jepang pada 26 Agustus 2016.



Synopsis:

Miyamizu Mitsuha, seorang gadis SMA, berkeinginan untuk menjalani kehidupan menjadi seorang anak laki-laki yang tinggal di kota Tokyo yang menurutnya lebih baik dibandingkan kehidupannya yang sekarang di desa. Sementara di kota, Tachibana Taki harus menjalani kehidupan yang sibuk sebagai siswa dan pekerja paruh waktu. Kejadian aneh pun menimpa mereka berdua, dimana ketika mereka terbangun dari tidurnya, tubuh mereka saling bertukar, dimana Mitsuha harus menjalani kehidupan sebagai Taki di kota Tokyo, dan sebaliknya Taki menjalani kehidupannya sebagai Mitsuha di sebuah desa bernama Itomori. Pertukaran tubuh mereka terjadi setiap beberapa kali dalam seminggu, dimana akhirnya mereka berdua membuat peraturan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika menjalani kehidupan masing-masing saat tubuh mereka bertukar. Ketika mereka sudah tidak saling bertukar tubuh, mereka memutuskan untuk mencoba menemui satu sama lain masing-masing, dimana hal yang tak terduga pun terjadi.

Cerita ( 8.7/10 )

Awal cerita dimulai ketika Mitsuha dan Taki terbangun dari tidurnya dengan tubuh yang berbeda, dimana Mitsuha menjadi anak laki-laki yang tinggal di Tokyo, dan Taki menjadi anak perempuan yang tinggal di sebuah desa bernama Itomori. Awalnya mereka hanya menganggap kalau itu semua adalah mimpi. Keesokan harinya, Mitsuha yang sudah kembali menjadi dirinya, tidak mengerti sama sekali dengan apa yang dibicarakan oleh orang-orang tentang dirinya yang bertingkah aneh kemarin, pasalnya Mitsuha sendiri tidak tahu dan tidak ingat sama sekali tentang kejadian kemarin yang dibicarakan orang-orang disekitarnya tentang dirinya. Disekolah, Mitsuha menemukan tulisan "siapa kamu" pada buku catatannya, dia menganggap kalau itu adalah perbuatan jahil temannya, Teshigawara. Ketika istirahat Teshigawara dan Sayaka, yang merupakan sahabat Mitsuha, menjelaskan kepadanya tentang kejadian kemarin dan apa saja yang sudah dilakukannya, yang membuat Mitsuha merasa bingung dan tidak percaya kalau dia melakukan hal-hal tersebut. Mitsuha pun mencoba bertanya mengenai tulisan yang ada pada buku catatannya tersebut kepada Teshigawara, dan dia sadar kalau ternyata bukan Teshigawara lah yang menulis itu, dan dia pun mencoba untuk melupakannya.

Sepulang sekolah, Teshigawara yang mencoba mengajak Mitsuha dan Sayaka pergi ke sebuah kafe, membuat Mitsuha senang dan bersemangat karena dia tidak menyangka kalau di desa tersebut terdapat sebuah kafe. Dan ternyata Mitsuha harus berakhir pulang karena itu hanya sebuah alat mesin minuman yang terdapat minuman kopi didalamnya. Mitsuha pun merasa bodoh karena sudah percaya kalau ada kafe ditempatnya.

Dimalam harinya, Mitsuha bersama dengan adiknya, Yotsuha, dan neneknya, Hitoha, harus menyulam benang untuk dijadikan anyaman, untuk meneruskan tradisi desa mereka yang memang sudah menjadi tugas keluarga Miyamizu. Neneknya, menjelaskan kepada mereka berdua tentang sejarah Itomori, dimana kalau 1.000 tahun sejarah Itomori telah terukir dalam anyaman buatan keluarga mereka.

Selesai membuat anyaman, Mitsuha bersama dengan adiknya, harus membuat Kuchikamizake, tradisi untuk memberikan persembahan kepada dewa, dimana dia dan adiknya melakukan pertunjukkan tarian, kemudian mengunyah nasi, memuntahkannya kembali, dan difermentasikan, lalu menjadi alkohol. Dimana cara tersebut untuk membuat sake tertua didunia, yang akan dijadikan sebagai persembahan dewa. Teman sekolah Mitsuha yang kebetulan datang dan melihat tradisi tersebut, menganggap kalau yang dilakukannya itu sedikit menjijikan. Tradisi yang memang sudah mulai dilupakan oleh masyarakat setempat.

Setelah pertunjukkan selesai, Yotsuha, adiknya, mencoba untuk menyemangati kakaknya untuk lebih ceria, dia berpikir kalau tidak ada salahnya dilihat beberapa teman sekolah. Tidak sampai disitu, Yotsuha juga membual soal membuat Kuchikamizake untuk dijual di Tokyo dengan memberinya nama "Sake Mulut Gadis Kuil". Mitsuha yang heran kenapa dia bisa berpikir sampai kesitu, melarangnya untuk melakukan hal tersebut karena itu melanggar aturan pajak minuman keras. Dimana pernyataannya malah membuat sang adik merasa lebih heran karena malah itu yang dipermasalahkan. Membahas soal kota Tokyo membuat Mitsuha ingat akan sesuatu, dan dia pun berlari dan berteriak kalau dia benci desa ini dan benci hidup ini, dia berharap dijadikan anak laki-laki tampan yang tinggal di kota Tokyo untuk kehidupan selanjutnya. Sang adik yang melihat dan mendengar semuanya, merasa kalau kakaknya ini bodoh.

Keesokan harinya, Mitsuha yang terbangun dari tidurnya dengan tubuh anak laki-laki bernama Taki yang tinggal di kota Tokyo, menganggap kalau itu semua adalah mimpi yang diberikan dewa atas apa permohonannya. Dia pun mencoba menjalani kehidupannya di kota Tokyo tersebut sebagai murid SMA bernama Taki. Disekolah dia bertemu dengan Tsukasa dan Takagi yang merupakan temannya Taki. Mereka mengajak Mitsuha yang saat itu sedang berada dalam tubuh Taki untuk pergi ke sebuah kafe, yang membuatnya sangat kegirangan, dan tidak percaya dengan semuanya. Sampai akhirnya dia harus pergi bekerja paruh waktu sebagai pelayan restoran yang sangat melelahkan, dimana saat itu dia masih menganggap kalau itu semua adalah mimpi dan berpikir mau sampai kapan mimpi ini akan berlanjut.

Setelah semua yang sudah dilaluinya, dia melihat kembali hp nya, dimana dia menemukan memo yang berisikan tentang keseharian Taki, yang membuatnya beranggapan kalau di mimpinya itu dia harus melakukan hal tersebut. Mitsuha pun akhirnya mencatat semua kejadian yang sudah terjadi hari itu kedalam memo hp nya tersebut, dan dia pun teringat dengan buku catatan miliknya yang terdapat tulisan "siapa kamu" dan mencoba menulis kalimat yang sama pada telapak tangannya. Tidak lama kemudian, dia yang merasa lelah karena sudah mengalami banyak hal dihari itu pun tertidur.

Keesokan harinya, ketika mereka sudah kembali ketubuh masing-masing, Taki yang melihat tulisan "siapa kamu" ditelapak tangannya, dan melihat isi memo di hp nya membuatnya bingung dan bertanya-tanya tentang apa yang sudah terjadi padanya. Taki yang mendengar tentang apa yang terjadi kemarin dari temannya, Tsukasa, membuatnya beranggapan kalau dia lah yang sudah membajak hp nya. Melihat reaksi Tsukasa membuat Taki tahu kalau bukan dia yang melakukannya. Ditempat kerjanya, Taki merasa lebih heran karena teman-temannya mengatakan kalau dirinya kemarin telah pulang bersama dengan Okudera, senpai ditempat Taki bekerja yang merupakan seorang perempuan mahasiswi yang cantik.

Disaat yang sama, Mitsuha yang baru bangun dari tidurnya, melihat tulisan "Mitsuha, kamu siapa? kamu ini apa?" ditelapak tangannya membuatnya bertanya-tanya apa ini. Disekolah, Mitsuha yang bertanya kepada Sayaka, mengapa teman-teman sekelasnya pada melihat kearahnya, mengatakan kalau tindakan yang dilakukannya kemarin sangat mencolok. Sayaka menjelaskan semuanya kepada Mitsuha tentang apa yang sudah dilakukannya. Mendengarnya membuat Mitsuha heran dan tidak percaya kalau dia sudah melakukan hal tersebut.

Disaat yang bersamaan pula, Mitsuha dan Taki yang merasa kalau ada sesuatu yang tidak beres, mereka mencoba untuk melihat catatan dan memo masing-masing, dan membacanya. Dan mereka menyadari satu hal, kalau didalam mimpinya, mereka saling bertukar tubuh.

Mereka yang mulai paham akan situasi yang mereka hadapi, dimana mereka akan bertukar tubuh dua atau tiga kali dalam seminggu, dan pemicunya adalah tidur, namun penyebabnya masih belum dimengerti. Ingatan mereka akan terasa samar-samar ketika terbangun. Tapi meski begitu, mereka benar-benar berganti tempat. Dan orang-orang disekitarnya lah yang membuat mereka menjadi yakin. Mereka pun akhirnya saling membuat beberapa peraturan untuk saling menjaga gaya hidup mereka. Hal-hal yang harus diperhatikan dan peraturan yang wajib dipatuhi ketika mereka bertukar tubuh. Dan mereka sepakat untuk meninggalkan catatan di hp masing-masing. Mereka bekerja sama untuk mengatasi kejadian yang misterius tersebut. Mereka harus melakukan hal yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya, dan mereka mulai mencampuri kehidupan mereka satu sama lain.

Mitsuha yang menjadi Taki, yang tinggal di kota Tokyo, mulai terbiasa dengan keseharian Taki, membuatnya merasa nyaman, dan dia pun berhasil mendekatkan Taki dengan seseorang yang sudah lama disukainya. Sedangkan Taki yang menjadi Mitsuha, yang tinggal di desa Itomori, mulai nyaman dengan suasana di sana, dan dia pun berhasil membuat Mitsuha terkenal di sekolahnya.

Taki yang saat itu berada didalam tubuh Mitsuha, bersama dengan adik dan neneknya, harus mengantarkan persembahan Kuchikamizake ketempat dewa, yang berada sangat jauh didalam pegunungan. Diperjalanan, Taki dan adiknya diberitahukan oleh neneknya mengenai Musubi, Musubi adalah bahasa kuno untuk sebutan dewa pengawal desa Itomori. Musubi memiliki banyak makna, salah satunya adalah aliran waktu, yang merupakan kekuatan dewa. Dia juga mengatakan kalau saat membuat anyaman dari benang yang mereka buat merupakan seni dewa dan perwujudan aliran waktu itu sendiri, mereka saling berkumpul dan terwujud, dari terurai lalu terhubung, terkadang kita ulangi, diurai lagi, lalu dihubungkan lagi. Itulah hubungan atau musubi, bisa pula disebut waktu. Berjalan sambil bercerita, akhirnya mereka sampai di kuil Miyamizu, tempat dimana dewa Musubi berada. Nenek menjelesakan kalau dari titik ini kedepan adalah Kakuriyo, dunia alam sana, dimana untuk bisa kembali ke alam sini mereka harus mempersembahkan Kuchikamizake yang merupakan separuh dari jiwa meraka.

Keesokan harinya, mereka berdua terbangun dengan tubuh mereka masing-masing, dimana ketika mereka terbangun ada hal yang tidak biasa, yaitu keadaan dimana mereka sedang menangis. Dimana semenjak hari itu mereka berdua sudah tidak saling bertukar tubuh lagi, tepatnya ketika komet dengan periode orbit 1.200 tahun melintasi langit-langit bumi. Dimana dihari saat komet itu muncul, Mitsuha memutuskan untuk pergi keluar bersama Teshigawara dan Sayaka untuk melihat jatuhnya komet tersebut. Dan diwaktu yang berlainan, Taki yang mencoba menghubungi nomer Mitsuha, tetapi selalu gagal karena berada diluar jangkauan, akhirnya memutuskan untuk pergi menemui Mitsuha.

Ditemani oleh Tsukasa dan Okudera, mereka melakukan perjalanan untuk mencari tahu tentang Mitsuha. Teman dunia maya yang diceritakan Taki pada mereka. Taki yang saat itu sama sekali tidak ingat nama desa tempat Mitsuha tinggal, hanya dengan ingatan tentang gambaran desa tersebut, Taki menggambar desa tersebut diselembaran kertas besar, dan bertanya kesana kemari mengenai desa tersebut. Ketidakberhasilannya menemukan lokasi desa tersebut membuat Taki memutuskan untuk pulang, sebelum itu, ketika dia bersama dengan Tsukasa dan Okudera yang saat itu sedang makan di kedai ramen, tidak sengaja pemilik kedai ramen tersebut melihat gambar Taki dan bertanya bukankah itu Itomori, dan memperjelas kalau itu memang Itomori, yang membuat Taki mengingatnya. Disaat yang bersamaan juga Taki harus mendengar hal yang membuatnya tidak percaya sama sekali, kalau Itomori ternyata sudah hancur karena komet yang jatuh tepat di desa tersebut. Dan yang membuatnya lebih terkejut dan merasa bingung dengan semuanya adalah ketika dia tahu kalau kejadian tersebut terjadi 3 tahun yang lalu, dimana kejadian tersebut mengakibatkan ratusan orang meninggal.

Mendengar hal tersebut, Taki memutuskan untuk mencari tahu tentang insiden tersebut, dan ketika mencari daftar nama orang-orang yang meninggal karena kejadian tersebut, Taki tidak percaya dengan apa yang dia lihat, dimana nama Teshigawara, Sayaka, dan Mitsuha tertulis di sana. Taki yang tidak percaya kalau semua yang sudah dilalui nya hanyalah sebatas mimpi, disaat yang sama Taki mulai kehilangan ingatannya mengenai Mitsuha, bahkan dia tidak tahu apa yang sedang dia lakukan.

Sebelum kembali ke Tokyo, karena sudah malam dan kereta yang menuju Tokyo sudah tidak ada, Taki bersama Okudera dan Tsukara memutuskan untuk tidur di penginapan selama semalam. Dipenginapan, Okudera yang saat itu sedang melihat majalah mengenai anyaman, bertanya kepada Taki apakah gelang yang dipakainya juga anyaman. Taki mengatakan kalau gelang tersebut dia dapatkan dari seseorang sudah lama sekali, tidak tahu mengapa Taki menganggap kalau gelang tersebut sebagai pengganti jimat, yang anehnya dia sendiri tidak tahu dari siapa gelang itu dia dapatkan. Membahas gelang tersebut membuat Taki mengingat kalau dia pernah mendengar kalimat dari seorang pembuat anyaman, kalau benang adalah perwujudan dari aliran waktu itu sendiri, yang membuat Taki mengingat satu tempat yang menurutnya dapat menjawab semua tentang hal yang sedang terjadi.

Taki memutuskan untuk tidak meninggalkan Itomori, dan pergi sendiri menuju tempat yang disebut sebagai Kuil Miyamizu, tempat dewa Musubi berada. Tempat tersebut membuat Taki mengingat kembali semuanya, dan mengetahui kalau ternyata waktu dia dan Mitsuha berbeda, dimana dia bertukar tubuh dengan Mitsuha dari tiga tahun lalu. Mengingat kalau Kuchikamizake merupakan separuh jiwa pembuatnya, Taki memutuskan untuk meminum persembahan Kuchikamizake Mitsuha tersebut. Perbuatannya tersebut membuat Taki melihat ingatan Mitsuha yang ternyata juga memutuskan untuk pergi ke Tokyo dan menemui Taki untuk memperjelas semuanya. Mitsuha yang saat itu bertemu dengan Taki, ternyata Taki tidak mengenalinya sama sekali, dimana diketahui kalau yang Mitsuha temui adalah Taki tiga tahun yang lalu, dimana Taki belum bertukar tubuh dengannya. Pertemuannya yang singkat, membuat Mitsuha memberikan ikat rambutnya kepada Taki, berharap Taki dapat mengingatnya. Ikat rambut tersebut ternyata gelang yang selama ini Taki pakai.

Tidak lama kemudian, mereka berhasil bertukar tubuh kembali. Dimana pertukaran tubuh mereka terjadi tepat pada hari komet periode 1.200 akan melintasi langit bumi dan jatuh tepat di desa Itomori. Taki yang saat itu sedang berada didalam tubuh Mitsuha memberitahukan kepada Teshigawara dan Sayaka kalau komet tersebut akan jatuh tepat di desa Itomori. Mereka bertiga pun memutuskan untuk membuat orang-orang disekitarnya untuk pergi meninggalkan desa tersebut sebelum komet itu jatuh. Namun, masyarakat setempat tidak mempercayai kata-kata mereka dan malah menganggap kalau yang dilakukan Mitsuha hanyalah bualan. Taki yang saat itu sadar kalau yang bisa melakukan hal tersebut adalah Mitsuha, memutuskan untuk pergi ke Kuil Miyamizu. Dia percaya kalau disana Mitsuha berada dengan tubuhnya. Sesampainya disana, mereka tidak bisa melihat satu sama lain dikarenakan aliran waktu yang berbeda, mereka hanya bisa mendengar satu sama lain, sampai akhirnya kedua telapak tangan mereka bersentuhan, yang membuatnya dapat melihat satu sama lain dan kembali bertukar ke tubuh masing-masing. Taki yang menjelaskan kalau dirinya dulu menemui Taki dari tiga tahun lalu, dimana Taki pada saat itu belum bertukar tubuh sama sekali dengannya, dan mengatakan kalau Itomori akan seperti ini jadinya, dan Taki memperingatkan Mitsuha untuk pergi meninggalkan Itomori sebelum komet muncul, dan memberikan semangat dengan mengembalikan ikat rambut yang pernah diberikannya dulu kepada Mitsuha, lalu mengatakan kalau dia bisa merubah masa depan dengan meyakinkan orang-orang di Itomori. Disaat mereka ingin memperkenalkan diri satu sama lain, waktu pun memisahkan mereka kembali kemasanya, dimana mereka pada saat itu sudah tidak saling terhubung lagi, dan mulai melupakan satu sama lain. Mitsuha yang berusaha untuk menyuruh orang-orang pergi meninggalkan Itomori pun berhasil, dimana keberhasilannya harus dibayar dengan melupakan orang yang penting baginya.

Beberapa tahun telah berlalu, mereka yang menyadari kalau ada yang hilang dari kehidupannya, dan merasa kalau sedang mencari seseorang, takdir mempertemukan mereka berdua kembali. Dimana mereka berdua tidak saling mengenal satu sama lain, tetapi merasakan hal yang sama, yaitu merasa sedang mencari seseorang, dan bertanya satu sama lain apakah mereka pernah bertemu sebelumnya. Sambil meneteskan air mata, bersamaan mereka bertanya satu sama lain siapa namamu.

Grafis & Kualitas Gambar ( 8/10 )



Kimi no Na wa memiliki grafis dengan kualitas gambar yang baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton tentunya.

Karakter ( 8/10 )

#1 Miyamizu Mitsuha



Miyamizu Mitsuha adalah tokoh utama sekaligus heroine dalam cerita. Dia adalah seseorang yang baik hati, peduli, dan tidak mudah menyerah dalam melakukan sesuatu. Dia berharap dapat menjalani kehidupan sebagai anak laki-laki yang tinggal di kota Tokyo. Dia menyukai Taki. Pengisi suara; Kamishiraishi Mone.

#2 Tachibana Taki



Tachibana Taki adalah tokoh utama dalam cerita. Keras kepala, pekerja keras, mandiri, dan mudah berteman. Dia adalah murid SMA, yang tinggal di kota Tokyo. Dia juga melakukan pekerjaan paruh waktu sebagai pelayan di sebuah restoran, untuk tambahan uang jajannya. Taki tertarik dengan arsitektur dan seni rupa, terlihat darinya yang sangat mahir dalam menggambar. Dia menyukai Mitsuha. Pengisi suara; Kamiki Ryunosuke.

#3 Natori Sayaka



Natori Sayaka adalah murid SMA yang bergabung dalam klub siaran. Dia tinggal dan sekolah di tempat yang sama dengan Mitsuha, mereka berdua bersama dengan Teshigawara adalah sahabat. Dia merupakan seseorang yang baik hati, peduli, dan sedikit ragu-ragu dalam melakukan sesuatu. Dia menyangkal kalau dirinya tertarik pada Teshigawara. Pengisi suara; Yuuki Aoi.

#4 Teshigawara Katsuhiko



Teshigawara Katsuhiko adalah murid SMA yang baik hati, peduli, dan melakukan sesuatunya dengan penuh semangat. Dia tinggal dan sekolah di tempat yang sama dengan Mitsuha, mereka berdua bersama dengan Sayaka adalah sahabat. Dia ahli dalam menangani mesin konstruksi dan bahan peledak. Pengisi suara; Narita Ryou.

#5 Okudera Miki



Okudera Miki adalah seorang mahasiswi, dia bekerja di restoran yang sama dengan Taki. Di tempatnya bekerja, dia sering dipanggil dengan sebutan senpai. Dia adalah orang yang baik hati, peduli, mandiri, dan pekerja keras. Dia suka memperhatikan dan membantu teman kerjanya yang sedang kesulitan. Terlihat kalau dia mulai menyukai Taki. Pengisi suara; Nagasawa Masami.

#6 Fujii Tsukasa



Fujii Tsukasa adalah salah satu teman sekolah Taki. Dia adalah orang yang baik hati, dan peduli terhadap Taki. Dia bahkan memilih untuk menemani Taki untuk mencari tau keberadaan Mitsuha dari pada harus menjaga rumah dan menggantikannya bekerja. Dia adalah laki-laki yang terlihat pandai dan keren dengan kacamatanya. Pengisi suara; Shimazaki Nobunaga.

#7 Takagi Shinta



Takagi Shinta adalah salah satu teman sekolah Taki. Dia adalah orang yang baik hati, ramah senyum, dan terlihat santai. Dia adalah orang yang menjaga rumah dan menggantikan pekerjaan Taki ketika dia pergi mencari Mitsuha. Pengisi suara; Ishikawa Kaito.

#8 Miyamizu Yotsuha



Miyamizu Yotsuha adalah adik perempuan Mitsuha. Dia adalah adik yang baik hati, rajin, dan ceria. Yotsuha bersama dengan kakaknya, Mitsuha, berusaha keras untuk mewariskan dan melanjutkan tradisi dan kebudayaan keluarganya yang mulai dilupakan oleh masyarakat setempat. Pengisi suara; Tani Kanon.

#9 Miyamizu Hitoha



Miyamizu Hitoha adalah nenek Mitsuha dan Yotsuha. Dia yang mengajari Mitsuha dan Yotsuha menyulam benang, dan menceritakan tentang sejarah desa tempat mereka tinggal, begitu pula tradisi dan kebudayaannya. Pengisi suara; Ichihara Etsuko.

Musik ( 8.2/10 )



Opening Theme :
#1: "Yume Tourou (???)" by RADWIMPS

Ending Theme :
#1: "Nandemonaiya (???????)" by RADWIMPS

Keseluruhan ( 8.4/10 )



Secara keseluruhan anime ini sangat baik dan menarik. Cerita romantis dan permasalahan yang terdapat didalam cerita sangatlah kuat. Saya merekomendasikan anime ini buat kamu yang suka anime romantis dengan cerita yang emosional didalamnya. Kata-kata ini mungkin sangat tepat untuk mewakili anime ini "Mengenal, Kehilangan, Melupakan, Bertemu".

Quotes: "Jika kita melihat satu sama lain, kita akan tahu" -Miyamizu Mitsuha
LihatTutupKomentar