-->

Review Anime: First Squad: The Moment of Truth


Detail:

Judul: First Squad: The Moment of Truth (??????????)
Genre: Action, Demons, Historical, Military, Supernatural
Rating: R - 17+
Rilis: 13 May 2009
Sumber Cerita: Original
Tipe: Movie
Episode: 1
Durasi: 1 jam. 13 min.
Status: Selesai
Studio: Studio 4�C
Produser: Eiko Tanaka, Misha Shprits, Aljosha Klimov
Lisensi: Anchor Bay Films

First Squad: The Moment of Truth (??????????) adalah film animasi yang dibuat dari kerjasama Studio 4�C dan Russia's Molot Entertainment. Anime ini dibuat dengan cerita yang sebagiannya di ambil dari kisah nyata perang dunia II tentang perlawanan Uni Soviet terhadap Jerman yang ditulis dan disutradarai oleh Misha Shprits dan Aljosha Klimov, desain karakter oleh Hirofumi Nakata, dan musik oleh DJ Krush. Anime ini berhasil mendapat penghargaan dari surat kabar Kommersant.



Synopsis:

Negara-negara Eropa Barat jatuh dibawah serangan dari pasukan Jerman. Namun di Eropa Timur, Uni Soviet bertahan dari serangan pasukan Nazi. Pertempuran sengit tak terhindarkan di seluruh wilayah bagian Timur menyebabkan kedua belah pihak mengalami kerugian besar. Kedua pihak ingin mencapai satu tujuan, yaitu kemenangan. Kemenangan dengan segala cara.

First Squad pun di bentuk sebelum perang dunia II di bagian Timur dimulai. Unit khusus yang berisikan sekelompok remaja Uni Soviet dengan kemampuan luar biasa ini di bentuk untuk melawan tentara Jerman yang menyerang. Namun kelompok ini dihancurkan begitu saja oleh serangan mendadak pasukan Jerman, Ahnenherbeni, yang hanya menyisahkan satu anggota bernama Ruslanova Nadya yang berhasil selamat dari serangan tersebut.

Nadya kini harus berjuang untuk melawan pasukan Jerman, Ahnenherbeni yang merupakan bagian dari pasukan Schutzstaffel (SS). Pasukan Salib Suci yang mempunyai kekuatan untuk membangkitkan arwah dari Baron von Wolff dan pasukannya yang merupakan tentara Salib Suci abad ke 12 yang mempunyai dendam sangat besar terhadap Uni Soviet dan menjadikannya sekutu pasukan Nazi.

Cerita ( 6.1/10 )

Awal cerita dimulai ketika Nadya dikirim ke garis depan dengan menyamar sebagai anggota rombongan hiburan, akan tetapi ternyata disana terdapat serangan mendadak yang dilakukan oleh tentara jerman, yang membuatnya harus kehilangan ingatannya.

Nadya yang berhasil selamat, berusaha menjauh dari tempat tersebut sampai akhirnya pingsan. Dia mengingat sebagian tentang masa lalunya, dimana dia dan teman-temannya yang pergi melakukan banyak hal bersama dan ingat kalau ternyata teman-temannya sudah mati karena serangan mendadak yang dilakukan oleh tentara jerman. Ingatan akan teman-temannya membuatnya sadar kalau dia harus tetap hidup dan tidak boleh menyerah sampai disini.

Nadya yang saat itu terbangun, tidak tahu samasekali siapa dirinya dan dimana dia berada sekarang. Disana hanya ada seorang kakek tua yang ternyata membawa dan menyelamatkannya. Ketika kakek tersebut sedang melihat buku mengenai teori akan kembalinya Baron von Wolff dari kematiannya, Nadya yang tidak sengaja melihatnya sontak berkata kalau dia pernah melihat orang yang sama di buku tersebut dalam mimpinya. Kemudian kakek tersebut menjelaskan kepada Nadya tentang kebenaran akan kebangkitan arwah Baron von Wolff, dimana itu membuatnya terkejut.

Keberadaan Nadya yang sudah diketahui oleh tentara jerman dan mengirimkan dua orang tentara untuk membunuhnya, membuat kakek tersebut harus melawannya agar Nadya bisa pergi dengan selamat. Kakek tersebut menyuruh Nadya untuk pergi ke Moskow dan bertemu dengan Jenderal Belov di Kremlin, dimana dia akan menjelaskan semua tentang dirinya.

Nadya yang berhasil sampai ke Moskow seorang diri akhirnya bertemu dengan jenderal Belov. Disana dia dijelaskan mengenai tentang siapa dirinya dan situasi yang harus dihadapinya. Nadya yang ternyata punya misi berbahaya membuatnya sedikit tidak percaya kalau ternyata dirinya bagian dari tentara Uni Soviet dan merupakan bagian dari pasukan First Squad, unit khusus.

Jenderal Belov yang bercerita mengenai kedua orang tua dan teman-temannya, membuat Nadya memutuskan untuk menjalankan misi tersebut, dimana ternyata dirinya adalah satu-satunya orang yang bisa menggagalkan kebangkitan bahkan mengalahkan arwah Baron von Wolff dan pasukannya.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.7/10 )



First Squad: The Moment of Truth mempunyai grafis dengan kualitas gambar yang baik, sehingga enak untuk ditonton.

Karakter ( 7/10 )

#1 Ruslanova Nadya



Ruslanova Nadya adalah tokoh utama dalam cerita. Dia merupakan salah satu anggota dari First Squad, unit khusus tentara Uni Soviet, dan senjatanya adalah katana. Lahir dari orang tua yang merupakan anggota sirkus Moskow, sekarang dia direkrut oleh sekolah khusus militer. Di sana dia diberikan pelatihan okultisme-militer, bersama dengan teman-temannya dia berhasil menjadi bagian First Squad. Dia mempunyai kemampuan supernatural, yaitu melihat masa depan yang membuatnya harus menjalankan misi berbahaya. Pengisi suara; Morris Cassandra Lee.

#2 Leo



Leo yang merupakan anggota dari First Squad, dia adalah penembak jitu terbaik dan senjatanya adalah sniper rifles. Kemampuannya dalam berpikir dan mengambil keputusan yang bijak membuatnya dihormati dan dipercayai oleh rekan-rekannya. Pengisi suara; Morris Joey.

#3 Valya



Valya yang merupakan anggota dari First Squad, dia adalah anggota termuda dan seorang teknisi, senjatanya adalah sub-machine gun. Terlihat kalau dia selalu mengenakan helm tank. Pengisi suara; Papenbrook Bryce.

#4 Zina



Zina yang merupakan anggota dari First Squad, dia adalah anggota yang cukup kompeten dan berbakat, senjatanya adalah flame-thrower. Pengisi suara; Keranen Carrie.

#5 Marat



Marat yang merupakan anggota dari First Squad, dia mempunyai pengetahuan luas tentang sejarah okultisme dan berpengalaman dalam pertempuran jarak dekat, senjatanya adalah heavy machine-gun. Pengisi suara; Oliver Tony.

#6 Baron von Wolff



Baron von Wolff yang merupakan pasukan salib suci yang pernah menyerang Uni Soviet pada abad 12 lalu, mengalami kekalahan yang cukup telak, yang membuatnya berjanji akan kembali suatu hari nanti untuk balas dendam. Dikatakan kalau dia dan pasukannya akan kembali lagi setelah 700 tahun berlalu menggunakan sihir hitam. Sekarang dia berhasil dibangkitkan kembali dan harus berhadapan dengan Nadya, satu-satunya manusia yang mampu mengalahkannya. Pengisi suara; Phineas.

Musik ( 6/10 )



Opening Theme:
#1: "Valor" by DJ Krush

Ending Theme:
#1: "Blade Wind" by DJ Krush

Keseluruhan ( 6.1/10 )



Secara keseluruhan anime ini tidaklah terlalu buruk. Alur cerita di dalamnya mungkin kurang menarik dan sedikit membosankan ketika ditonton, juga karakternya. Namun anime ini mengandung beberapa nilai sejarah dan pengetahuan tentang perang dunia II tepatnya antara Uni Soviet dan Jerman. Anime ini tidak cocok buat kamu yang suka anime dengan cerita yang bisa menarik perhatian di awal, terlebih yang terdapat aksi-aksi keren di dalamnya. Anime ini cocok buat kamu yang menyukai cerita cepat di dalamnya, cerita yang tidak memakan banyak waktu dan tidak bertele-tele menuju garis besar atau pokok permasalahan, dan tentunya buat kamu yang suka dengan sejarah.
LihatTutupKomentar