-->

Review Anime: Anohana: Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai.


Detail:

Judul:  Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai. (????????????????????)
Genre: Drama, Slice of Life, Supernatural, Tragedy
Rating: PG-13 - Teens 13 or older
Rilis: Spring 2011, 15 April - 24 Juni
Sumber: Original
Tipe: TV
Episode: 11
Durasi: 22 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: A-1 Pictures
Produser: Aniplex, Dentsu, Fuji TV, Fuji Pacific Music Publishing
Lisensi: NIS America, Inc., Aniplex of America

Ano Hi Mita no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai. (????????????????????), juga dikenal dengan nama Anohana ini adalah serial TV anime Jepang yang ditulis oleh Okada Mari, yang disutradarai oleh Tatsuyuki Nagai, dan diproduksi oleh A-1 Pictures.



Synopsis:

Yadomi Jinta hidup dengan damai sebagai Hikikomori dan NEET, menghabiskan hari-harinya dengan membolos sekolah dan memilih bermain video game dirumah. Suatu hari di musim panas, teman masa kecilnya, Honma Meiko (Menma), muncul dihadapannya dan memintanya untuk mengabulkan permohonannya. Karena Menma tidak bisa mengingat permohonannya, Jinta mengumpulkan teman-teman lamanya karena dia percaya bahwa merekalah solusinya. Menma adalah teman masa kecil Jinta yang sudah meninggal bertahun-tahun yang lalu.



Cerita ( 7.8/10 )

Awal cerita dimulai ketika Menma muncul dihadapan Jinta dan memintanya untuk mengabulkan permohonannya. Menma dengan memaksanya meminta Jinta untuk mau membantunya, dimana Jinta pada awalnya tidak memperdulikannya sama sekali.

Menma adalah teman masa kecil Jinta yang sudah meninggal bertahun-tahun yang lalu. Awalnya, Jinta berpikir bahwa dia hanya berhalusinasi karena musim panas, tapi kemudian dia yakin bahwa yang dia lihat benar-benar adalah hantu Menma. Hubungan Jinta dengan kelompok teman masa kecilnya tercerai berai setelah kematiannya yang terlalu dini.

Menma yang tidak ingat dengan permohonannya membuat Jinta harus mengumpulkan teman-teman lamanya karena dia percaya merekalah solusinya. Menma yang hanya bisa dilihat dan didengar oleh Jinta membuat teman-temannya tidak percaya dengan apa yang Jinta katakan mengenai permintaan Menma.

Jinta yang lari menuju markas dimana dia dan teman-temannya berkumpul dulu, bertemu dengan Poppo yang kebetulan sedang berada disana. Jinta menceritakan apa yang sedang terjadi kepadanya, dan Poppo adalah orang pertama yang langsung mempercayai perkataan Jinta setelah mendengarnya. Poppo menganggap itu adalah sesuatu yang keren, dan percaya jika Menma benar-benar ada.

Naruko, salah satu dari teman masa kecil Jinta dan Menma, memutuskan untuk membantunya, meski sedikit tidak mempercayai perkataannya, Naruko tetap ingin membantu Jinta. Chiriko dan Atsumu juga akhirnya memutuskan untuk percaya dan membantunya. Meski awalnya Atsumu sangat tidak mempercayainya, karena menganggap Jinta hanya berpura-pura, dan tidak terima jika hanya Jinta yang dapat melihatnya, memutuskan untuk membantunya setelah Menma menjatuhkan buku yang didalamnya bertuliskan "Hari ini, aku dan teman-teman yang sudah tumbuh dewasa di markas rahasia bermain bersama-sama. Kalian tidak boleh berkelahi. Perdamaian Super Buster adalah teman selamanya". Tidak hanya Atsumu, melainkan semuanya mulai benar-benar percaya kepada Jintan bahwa Menma benar-benar ada.

Mereka mulai mencari tahu apa sebenarnya keinginan Menma sebenarnya. Dari melakukan sesuatu sampai mengunjungi segala tempat yang kemungkinan akan mengingatkan Menma dengan permohonannya. Meskipun terdapat banyak masalah dan rintangan, yang membuat mereka tertekan bahkan sesekali berkelahi. Setelah melalui berbagai banyak hal bersama-sama, perlahan-lahan hubungan mereka menjadi semakin membaik, sampai pada akhirnya keinginan Menma yang sebenarnya terpenuhi.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.5/10 )



AnoHana memiliki grafis dengan kualitas gambar yang cukup baik, sehingga enak untuk ditonton.

Karakter ( 7.4/10 )

#1 Yadomi Jinta



Yadomi Jinta adalah ketua dari kelompok teman-teman masa kecilnya yang bernama Perdamaian Super Buster. Hubungan Jinta dengan teman-temannya menjadi berantakan setelah kematian Menma. Jinta yang berakhir menjadi seorang Hikikomori, menolak untuk pergi bersekolah dan tetap berada dirumah. Sampai akhirnya kehidupannya berubah setelah kedatang hantu Menma yang meminta bantuannya untuk mengabulkan permohonannya. Jinta menyukai Menma sewaktu kecil, namun enggan untuk mengakuinya. Pengisi suara;  Irino Miyu.

#2 Honma Meiko (Menma)




Menma adalah seorang gadis yang tiba-tiba muncul beberapa tahun setelah kematiannya. Dia adalah teman masa kecil Jinta dan lainnya. Menma adalah orang yang sangat baik hati, ceria dan bersemangat. Dia meminta Jinta untuk mengabulkan permohonan yang dia sendiri lupa dengan keinginannya tersebut. Dia memiliki perasaan suka terhadap Jinta, dimana perasaan sukanya adalah perasaan dimana ia ingin menjadi istrinya. Pengisi suara; Kayano Ai.

#3 Anjou Naruko



Anjou Naruko adalah salah satu dari teman masa kecil Jinta dan Menma. Sementara dia menunjukkan sikap dingin terhadap Jinta, dia diam-diam khawatir padanya. Dia mungkin orang yang paling dekat dengannya saat ini, bahkan memilih sekolah yang sama dengan Jinta. Dia menyukai manga dan video game. Naruko mempunyai perasaan suka terhadap Jinta. Pengisi suara; Tomatsu Haruka.

#4 Hisakawa Tetsudou (Poppo)



Poppo adalah salah satu dari teman masa kecil Jinta dan Menma.  Poppo adalah orang yang baik hati dan penuh semangat. Namun dia juga orang yang mesum, yang menyukai gadis asing terutama gadis vietnam. Dia sangat peduli terhadap Jinta yang dikenalnya sebagai ketua kelompok tersebut. Poppo adalah orang yang suka berpergian keliling dunia, bahkan dia belum pernah bersekolah dalam beberapa tahun untuk melanjutkan perjalanannya. Saat ini dia sedang kerja paruh waktu untuk menghasilkan uang. Pengisi suara; Toyosaki Aki.

#5 Tsurumi Chiriko



Tsurumi Chiriko adalah salah satu dari teman masa kecil Jinta dan Menma. Dia adalah orang yang rajin dan serius. Terlihat sombong, namun dia sebenarnya baik dan peduli terhadap teman-temannya. Dia adalah murid dari sekolah elit bersama dengan Atsumu, salah satu teman masa kecilnya. Saat ini dia berada di peringkat keempat di kelasnya. Dia memilih sekolah yang sama dengan Atsumu karena dia menyukai Atsumu. Pengisi suara; Hayami Saori.

#6 Matsuyuki Atsumu



Matsuyuki Atsumu adalah salah satu dari teman masa kecil Jinta dan Menma. Dia satu sekolah dengan Chiriko, dan terlihat selalu berangkat dan pulang bersama-sama. Saat ini Atsumu memiliki sikap yang merendahkan Jinta. Dia tidak suka dan iri kepada Jinta karena hanya dia yang bisa melihat Menma. Terlihat jelas kalau Atsumu juga menyukai Menma. Pengisi suara; Sakurai Takahiro.

Musik ( 7.5/10 )



Soundtracknya sendiri sangat enak untuk didengar terutama yang ending theme secret base ~kimi ga kureta mono~

Opening Theme:
#1: "Aoi Shiori (???)" by Galileo Galilei (eps 1-10)

Ending Theme:
#1: "secret base ~Kimi ga Kureta Mono~ (10 years after ver.) (secret base ~???????~ (10 years after ver.))" by Tomatsu Haruko feat. Hayami Saori (eps 1-10)
#2: "Aoi Shiori (???)" by Galileo Galilei (eps 11)

Keseluruhan ( 7.8/10 )



Secara keseluruhan anime ini sangat baik, memiliki alur cerita yang menarik. Alur yang diberikan sebenarnya tidak terlalu berat, namun lebih dramatis dan penuh emosional. Karakter yang terdapat didalamnya juga tidak begitu membosankan. Anime ini memiliki akhir cerita yang sangat menyentuh, benar-benar penuh emosional. Bahkan anime ini memiliki rating yang tinggi di myanimelist, yaitu 8.56.

Anime ini cocok buat kamu yang suka dengan cerita drama penuh emosional, terutama yang bisa bikin nangis.

Quotes: "Aku mencintaimu. Cintaku padamu adalah cinta yang singkat dimana aku ingin menikahimu" -Menma
LihatTutupKomentar