-->

Pengertian Vocaloid Dan Beberapa Idol Vocaloid


Vocaloid berasal dari kata "Vocal" dan "Android" Vocaloid adalah perangkat lunak hologram 3D yang dapat menghasilkan suara bagian vokal manusia (nyanyian), yang di produksi oleh Yamaha Corporation dan dirilis pertama kali pada 26 Februari 2003.

Komposisi musik dan lirik dimasukkan di layar penyunting sesuai nyanyian dan iringan musik yang dibawakan. Suara nyanyian diambil dari "pustaka suara" yang berisi sampling rekaman suara dari penyanyi sebenarnya. Hanya dengan memasukkan komposisi musik dan lirik kedalam perangkat, vocaloid dapat menghasilkan suara dengan teknik sebagaimana manusia bernyanyi.

Teknik yang dipakai adalah Penyambung dan Pembentuk Artikulasi Nyanyian dengan Domain Frekuensi (Frequency-Domain Singing Articulation Spilicing and Shaping). Sampling rekaman suara penyanyi sebenarnya diolah dengan metode Domain Frekuensi. Hasilnya dimasukkan ke dalam basis data "artikulasi nyanyian" yang berisi potongan suara dan teknik bernyanyi.


Secara singkat vocaloid adalah perangkat lunak hologram 3D yang dapat bernyanyi.

Kemunculan vocaloid mendapat respon yang sangat baik oleh masyarakat terutama otaku, dimana vocaloid mempunyai banyak karakter dengan penampilan dan suara yang sangat baik, yang menjadikannya populer dan banyak disukai oleh penggemarnya, bahkan ada beberapa vocaloid yang menjadi idol. berikut ini adalah beberapa vocaloid idol yang mendunia :

#1 Hatsune Miku (????)



Informasi Karakter :

Nama : Hatsune Miku (????)
Generasi : 2
Kode : CV01
Ulang tahun (rilis) : 31 Agustus 2007
Umur : 16 tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Tinggi : 158 cm
Berat : 42 kg

Hatsune Miku (????) adalah nama yang diambil dari bahasa Jepang yang berarti pertama (hatsu), suara (ne), dan masa depan (?? miku) secara harfiah, berarti "suara pertama dari masa depan".

Hatsune Miku adalah penyanyi idol yang di ilustrasikan sebagai perempuan remaja bergaya rambut twin tails berwarna hijau.

Hatsune Miku merupakan vocaloid idol yang mendunia, yang tampil sebagai hologram 3D pada beberapa panggung konser, layaknya penyanyi sungguhan. Vocaloid generasi kedua ini dianggap sebagai vocaloid paling populer dan banyak disukai oleh penggemarnya di seluruh dunia.

Suara yang dimiliki Miku diambil dari suara Fujita Saki, seorang pengisi suara dari Jepang.

#2 Kagamine Rin dan Len (?? ?? � ??)



Informasi Karakter :

Nama : Kagamine Rin dan Len (?? ?? � ??)
Generasi : 2
Kode : CV02
Ulang tahun (rilis) : 27 Desember 2007
Umur : 14 tahun
Jenis Kelamin : Perempuan (Rin) dan Laki-Laki (Len)
Tinggi : 152 cm (Rin) dan 156 cm (Len)
Berat : 43 kg (Rin) dan 47 kg (Len)

Kagamine (??) adalah nama yang diambil dari bahasa Jepang yang berarti kaca (kagami) dan suara (ne) secara harfiah, berarti "suara yang sama", sedangkan Rin dan Len mengandung arti sebagai kiri (Rin) dan kanan (Len).

Kagamine Rin dan Len adalah penyanyi idol yang di ilustrasikan sebagai dua anak kembar yang memiliki rambut berwarna oren dengan suara yang khas seperti anak kecil. Rin di gambarkan sebagai anak perempuan yang egois dan manja, sedangkan Len di gambarkan sebagai anak laki-laki yang kawaii.

Suara yang dimiliki Rin dan Len diambil dari suara Shimoda Asami, seorang pengisi suara dari Jepang.

#3 Megurine Luka (????)



Informasi Karakter :

Nama : Megurine Luka (????)
Generasi : 2
Kode : CV03
Ulang tahun (rilis) : 30 Januari 2009
Umur : 20 tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Tinggi : 162 cm
Berat : 45 kg

Megurine Luka (????) adalah nama yang diambil dari bahasa Jepang yang berarti beredar atau sekitar (? meguri) dan suara (ne), sedangkan Luka diambil dari homonim bahasa Jepang "Nagare" yang berarti mengalir (? lu), lagu (? ka) secara harfiah, berarti "suara lagu yang mengalir ke seluruh dunia".

Megurine Luka adalah penyanyi idol yang di ilustrasikan sebagai perempuan dewasa dengan rambut panjang yang digerai berwarna merah muda. Luka merupakan salah satu vocaloid yang paling enak didengarkan dengan lagunya yang berbahasa inggris.

Suara yang dimiliki Megurine Luka diambil dari suara Asakawa Yu, seorang pengisi suara dari Jepang.

Sumber referinsi : wikipedia,lesckazone&downest
LihatTutupKomentar