-->

Review Anime: Youjo Senki (The Saga of Tanya the Evil)


Detail:

Judul: Youjo Senki (????)
Genre: Magic, Military, Seinen, Supernatural
Rating: R - 17+
Rilis: Winter 2017, 6 Januari - 31 Maret
Sumber: Light Novel
Tipe: TV
Episode: 12
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: NUT
Produser: Media Factory, AT-X, Enterbrain, Sony Music Communications
Lisensi: Funimation

Youjo Senki (????) The Saga of Tanya the Evil, Kisah Tanya si Jahat adalah novel ringan Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Zen Carlo dan Shinotsuki Shinobu. Mendapat adaptasi manga yang ditulis oleh Tojo Chika yang memulai serialisasi di majalah Comp Ace Kadokawa Shoten, 26 April 2016. Lalu di adaptasi menjadi serial anime televisi oleh studio NUT yang disutradari oleh Uemura Yutaka, ditulis ulang oleh Ihara Kenta, musik oleh Yuuki Aoi dan MYTH & ROID.


Synopsis:

Tanya Degurechaff adalah seorang prajurit muda yang kejam yang memiliki bakat dan kemampuan taktik luar biasa, membuatnya mendapatkan panggilan "Iblis dari Rhine". Tanya sebelumnya adalah seorang anak laki-laki yang direinkarnasi oleh Makhluk X, yang menganggap dirinya sebagai tuhan, yang dikehidupan sebelumnya Tanya pernah menempatkan dirinya dalam kejadian yang tidak masuk akal yang kemudian menentangnya. Karena perbuatannya dia direinkarnasi sebagai seorang gadis kecil ke dalam dunia yang sedang berperang yang terdapat kekuatan sihir.

Di dunia tersebut Tanya memutuskan untuk masuk ke dalam kemiliteran negara guna mendapat kehidupan yang lebih baik. Akan tetapi, Mahkluk X tidak membiarkan dan selalu menempatkannya kedalam situasi yang berbahaya. Tanya pun memutuskan untuk mengikuti permainannya sekaligus menentangnya guna mendapatkan kehidupan yang damai.



Cerita ( 7.9/10 )

Kalender terpadu Juni, 1923. Seorang gadis kecil bernama Tanya Degurechaff memutuskan untuk menjadi relawan kemiliteran negara. Dia berencana untuk menjadi anggota militer yang bekerja di bagian lain selain prajurit yang ditugaskan ke dalam medan perang guna mendapat kehidupan yang damai. Menjadi pelatihan terakhir Akademi Militer Kekaisaran, dia terlibat dalam pelatihan di jalur patroli ketiga distrik militer Utara Norden medan perang sebagai bagian dari tugas unit. Pelatihan yang merupakan langkah awalnya untuk mengambil karir cemerlang sebagai prajurit untuk kehidupan yang damai malah membuatnya terlibat dalam hal tak terduga.

Situasi yang berubah secara tak terduga membuat Kekaisaran dan Koalisi masuk ke dalam keadaan perang sebagai akibat pelanggaran lintas batas Collateral Union. Tanya yang berada dalam situasi dimana dia harus berhadapan dengan prajurit penyihir dari perbatasan, tidak ada alasan mundur untuknya selain menaham musuh sampai bantuan tiba.

Keinginan Tanya untuk bertahan hidup dan mengalahkan Makhluk X membuatnya mengeluarkan kemampuan terbaiknya, dia dapat menahan pasukan penyihir musuh sendirian sampai akhirnya bantuan tiba.

Tindakannya ternyata malah membuatnya mendapat kenaikan pangkat dan posisi yang lebih tinggi, posisi yang sebenarnya tidak dia harapkan. Tanya malah menjadi prajurit yang di kirimkan ke medan perang Rhine, medan perang yang juga dikenal sebagai neraka karena kekejamannya. Tanya yang diposisikan sebagai pemimpin pleton pasukan prajurit penyihir, taktik dan tindakannya untuk menghalau dan mengalahkan musuhnya membuatnya dijuluki "Iblis dari Rhine".

Setelah cukup lama menghabiskan waktu di medan perang Rhine, Tanya mendapat promosi kenaikan pangkat dan kemudian ditarik dari perang tersebut. Mulai saat itu dia mendapatkan kehidupan yang selama ini dia inginkan. Akan tetapi, kehidupan damainya tersebut tidaklah berlangsung lama. Sekali lagi dia harus terlibat dalam keadaan dimana dia harus melakukan banyak pekerjaan sulit dan berbahaya.

Tanya sekarang berpangkat Mayor dan harus menjadi pemimpin Komandan pasukan Batalion Sihir Udara 203 sebagai pasukan bantuan respon cepat. Pasukan ini dikirim keberbagai tempat, dari satu tempat ke tempat yang lain guna membantu pasukan di berbagai medan perang dan melakukan banyak misi berbahaya lainnya.

Dalam mengerjakan tugas-tugasnya, Tanya beberapa kali bertemu dengan Mahkluk X yang membuatnya seperti sekarang ini. Tanya yang sadar kalau semua adalah perbuatannya memutuskan untuk bermain-main dengannya. Tidak peduli sekeras apa kehidupan yang harus di laluinya, dia memutuskan untuk tidak kalah dengan takdir yang diberikan Mahkluk X padanya.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.8/10 )



Karakter ( 7.8/10 )

#1 Tanya Degurechaff



Tanya Degurechaff dikehidupan sebelumnya pernah menempatkan dirinya dalam situasi yang tidak masuk akal, dimana dia bertemu dengan Mahkluk X yang menganggap dirinya tuhan. Menentangnya, Tanya kemudian direinkarnasi menjadi seorang gadis kecil yang terlibat dalam peperangan yang terdapat sihir. Tanya adalah prajurit berpangkat Letnan Dua sampai akhirnya menjadi Mayor karena bakat dan taktik luar biasanya dalam pertempuran di medan perang, karena itu juga dia dijuluki "Iblis dari Rhine". Tanya yang mendapat kenaikan pangkat harus menjadi Komandan Batalion Sihir Udara 203 dan Komandan Pasukan Satu. Terlihat keras dan kejam, semua dilakukannya demi kemenangan dan keselamatan rekan-rekannya. Pengisi suara; Yuuki Aoi.

#2 Viktoriya Serebryakova Ivanovna



Viktoriya Serebryakova Ivanovna adalah prajurit berpangkat Kopral yang dikirim ke medan perang Rhine, yang masuk ke dalam satu tim di bawah kepemimpinan Letnan Dua Tanya Degurechaff. Serebryakova adalah orang yang baik dan peduli terhadap keselamatan rekan-rekannya, dia juga orang yang sangat mengerti dan memahami setiap tindakan keras yang dilakukan oleh Tanya. Dia adalah orang yang paling dekat dengan Tanya. Kerja keras dan kemampuannya di medan perang Rhine membuatnya mendapat kenaikan pangkat menjadi Letnan Dua tak lama setelah Tanya. Dia mendapat satu tim dibawah kepemimpinan Tanya sekali lagi sebagai Wakil Komandan Pasukan Satu Batalion Sihir Udara 203. Pengisi suara; Hayami Saori.

#3 Matheus Johann Weiss




Matheus Johann Weiss adalah prajurit berpangkat Letnan Satu yang menjadi Wakil Komandan dari Pasukan Dua Batalion Sihir Udara 203 dibawah kepemimpinan Mayor Tanya Degurechaff. Pekerja keras dan tidak mudah menyerah membuatnya mendapatkan posisi Wakil Komandan. Pengisi suara; Hamano Daiki.

#4 Erich von Rerugen



Erich von Rerugen adalah prajurit berpangkat Letnan Kolonel (Letkol) yang bekerja di Markas Besar Strategi Kemiliteran sebagai Wakil Ketua Strategi dan Operasi. Dia adalah orang yang teliti dan pekerja keras. Dia membantu kemiliteran negara dengan berbagai saran strategi guna kemenangan. Pernah bertemu dengan Tanya sebelumnya, dia menganggap kalau Tanya adalah Iblis di dalam diri gadis kecil. Pengisi suara; Miki Shinichiro.

#5 Hans von Zettour



Hans von Zettour adalah prajurit berpangkat Brigadir Jenderal yang bekerja di Markas Besar Strategi Kemiliteran yang berposisi sama seperti von Rerugen Erich, yaitu sebagai Wakil Ketua Strategi dan Operasi. Dia adalah orang yang memberikan saran lebih kepada ketua strategi dan operasi guna keberhasilan untuk menang. Pengisi suara; Ootsuka Houchuu.

#6 Kurt von Rudersdorf



Kurt von Rudersdorf adalah prajurit berpangkat Brigadir Jenderal yang bekerja di Markas Besar Strategi Kemiliteran sebagai Ketua Strategi dan Operasi. Dia adalah orang yang memberikan dan menugaskan prajurit untuk bertugas. Dia juga orang yang membuat strategi dalam menjalankan sebuah operasi yang dilakukan oleh para prajurit guna kemenangan. Pengisi suara; Genda Tessyo.

#7 Adelheid von Schugel



Adelheid von Schugel adalah Doktor Profesor yang bekerja di bagian Teknologi Tentara Kekaisaran sebagai Kepala Pengembangan. Dia adalah orang yang menciptakan dan mengembangkan peralatan sihir. Kepercayaan diri yang tinggi akan alat buatannya sering kali membuat Tanya, seseorang yang dijadikannya sebagai orang yang mencoba alat barunya merasakan ketegangan dan kepanikan luar biasa. Bisa dibilang kepercayaan akan alat buatannya yang baru sama dengan kegilaan. Pengisi suara; Tobita Nobuo.

#8 Sioux Anson



Sioux Anson adalah prajurit tentara Republik Parisee dari Pasukan Batalion Udara Sihir 5 Aliansi Ententem yang berpangkat Letnan Kolonel (Letkol) yang pernah berhadapan dengan Tanya yang saat itu hanya seorang diri, dimana saat itu Tanya mampu membuat rekan-rekannya banyak yang terluka parah dan terbunuh. Lama setelah kejadian itu, Anson mendapat kenaikan pangkat menjadi Kolonel setelah atasan sebelumnya terbunuh. Kenaikan pangkatnya dan takdir mempertemukannya kembali dengan Tanya Degurechaff. Dia sudah berkeluarga dan memiliki seorang putri yang sangat sayang padanya, begitu juga sebaliknya. Pengisi suara; Horiuchi Kenyuu.

#9 Sioux Mary



Sioux Mary adalah putri Sioux Anson. Sangat menyayangi ayahnya, Mary memutuskan untuk menjadi relawan kemiliteran negaranya untuk membalas dendam kematian ayahnya. Pengisi suara; Tomatsu Haruka.

Musik ( 7.7/10 )



Opening Theme:
#1: "JINGO JUNGLE" by MYTH & ROID (ep 3, 4, 7-11)

Ending Theme:
#1: "JINGO JUNGLE" by MYTH & ROID (ep 2, 12)
#2: "Los! Los! Los!" by Degurechaff Tanya (Yuuki Aoi) (ep 3, 4, 6, 7, 9-11)
#3: "Sensen no Realism (????????)" by Nina Mako (ep 8)

Keseluruhan ( 8/10 )



Secara keseluruhan anime ini sangat baik dan menarik. Alur dan karakternya tidak membosankan sama sekali, terutama Degurechaff Tanya, kamu pasti suka, terlebih yang menyukai karakter tsundere.

Genre Militer disini benar-benar terasa, tentang bagaimana pertempuran di medan perang, strategi yang digunakan, dan eksekusinya benar-benar sangat baik.

Genre Militer disini sedikit agak berbeda dengan anime lainnya, disini sihir termasuk kedalam alat dan kemampuan perang. Tapi tenang, sihirnya sendiri tidaklah berlebihan untuk genre militer. Sihir disini digunakan sebagai perlengkapan dan senjata. Terdapat juga alat yang digunakan untuk pertempuran udara yang bahan bakarnya adalah sihir.

Kalau kamu lagi nyari anime genre Militer, saya sangat merekomendasikan untuk menonton Youjo Senki ini. Unsur Militernya sangat kental dan terasa, belum lagi karakter utamanya yang terbilang gilak pada saat di medan perang. Terlihat kejam dan menakutkan, tapi semua dilakukan demi kemenangan dan keselamatan rekan-rekannya. Tsundere abis dah. Pokoknya kamu yang suka anime Militer ditambah suka karakter tsundere, anime Youjo Senki ini bisa memenuhi keinginanmu tersebut.

Quote: "Manusia yang dipenuhi kebencian akan terus berjuang tanpa memperhatikan kepentingan atau alasan terlepas dari apa yang mereka dapatkan atau hilangkan." -Tanya Degurechaff
LihatTutupKomentar