-->

Review Anime: Eromanga-sensei


Detail:

Judul: Eromanga-sensei (???????)
Genre: Comedy, Drama, Romance, Slice of Life
Rating: PG-13 - Teens 13 or older
Rilis: Spring 2017, 9 April - 25 Juni
Sumber: Light Novel
Tipe: TV
Episode: 12
Durasi: 23 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: A-1 Pictures
Produser: Aniplex, Movic, ASCII Media Works, BS11, Kinoshita Gruop Holdings
Lisensi: Aniplex of America

Eromanga-sensei (???????) adalah seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Fushimi Tsukasa dan diilustrasikan oleh Kanzaki Hiro. Serialisasi oleh ASCII Media Works dari Dengeki Bunko sejak Desember 2013. Mendapat adaptasi manga yang diilustrasikan oleh Rin yang memulai serialisasinya di Dengeki Daioh pada Mei 2014. Kemudian di adaptasi menjadi sebuah serial anime televisi oleh studio A-1 Pictures yang ditulis oleh Takahashi Tatsuya, disutradarai oleh Takeshita Ryouhei, dan musik oleh Kikuya Tomoki.



Synopsis:

Setahun yang lalu, Sagiri menjadi adik tiri Izumi Masamune. Pertemuan pertama Masamune dengan adik barunya merupakan yang terakhir kalinya sebelum akhirnya Sagiri menutup diri dari dunia luar dengan menghabiskan waktunya seharian di dalam kamar.

Masamune yang merupakan murid SMA sekaligus penulis novel. Selama dia menjadi penulis, dia belum pernah sekalipun bertemu dengan ilustrasi novelnya yang bernama Eromanga-sensei. Eromanga-sensei terkenal dengan gambarnya yang sangat sempurna dan betapa cabul gambar yang dibuatnya.

Suatu waktu, karena kejadian tak terduga, untuk pertama kalinya dalam satu tahun terakhir Sagiri keluar dari kamarnya dan berbicara dengan kakaknya, Masamune. Masamune dan Sagiri sama-sama tak menyangka kalau ternyata Eromanga-sensei adalah adiknya sendiri, Sagiri, dan novel yang selama ini di ilustrasikan oleh Sagiri adalah karya kakaknya, Masamune. Membuat mereka berdua mendapat banyak kejadian tak terduga yang juga menjadikan mereka menjadi seorang penulis dan ilustrasi yang lebih baik lagi.


Cerita ( 7.3/10 )

Hari dimana pertama kali Izumi bertemu dan tinggal bersama dengan adik tirinya, Sagiri, adalah hari dimana terakhir kali dia melihatnya. Semenjak hari itu Sagiri tidak pernah keluar kamarnya selama satu tahun. Sagiri adalah seorang hikikomori yang menarik diri dari dunia luar dan menghabiskan waktunya seharian penuh di dalam kamar. Karena kejadian tak terduga, untuk pertama kalinya setelah satu tahun tinggal bersama, Sagiri membukakan pintu kamarnya dan berbicara dengan Izumi.

Izumi yang merupakan seorang penulis novel ringan, dia tidak pernah bertemu sekalipun dengan ilustrasinya, Eromanga-sensei, yang ternyata adiknya sendiri, Sagiri, yang selama ini berada di dekatnya. Mengetahui Sagiri ilustrasinya, Izumi mencoba memberitahukan kalau dirinya adalah orang yang menulis novel yang di ilustrasikan olehnya.

Izumi dan Sagiri yang sama-sama tidak menyangka dan tidak tahu kalau selama ini mereka bekerja sama, membuat Izumi bisa melihat dan dekat dengannya, dan Sagiri mulai terbuka dengannya. Dan ini merupakan awal dari banyaknya kejadian-kejadian tak terduga dari orang-orang di sekitarnya yang juga membantu perkembangan mereka dalam hal masing-masing

Sagiri yang tidak pernah datang ke sekolah sekalipun membuat Jinno Megumi ketua kelasnya datang kerumahnya untuk bertemu dan berteman dengannya. Alasan Megumi datang menemuinya adalah untuk menjadi temannya. Megumi adalah orang yang mampu berteman dengan seluruh teman satu angkatannya terkecuali Sagiri di tahun pertamanya masuk sekolah. Karena alasannya tersebut Megumi mendatangi rumahnya dan mencoba mengajak Sagiri untuk pergi sekolah. Akan tetapi usahanya tidak berhasil, bahkan Megumi yang saat itu berkunjung kerumahnya tidak bertemu dengannya. Megumi hanya bisa bertemu dan berbicara dengan Izumi.

Megumi yang mencoba untuk bisa bertemu dan berteman dengan Sagiri, mencoba beberapa cara namun tidak berhasil. Tidak mau menyerah, Megumi memutuskan untuk mencoba dan melakukan apa saja demi bisa bertemu dan berteman dengannya. Kehadiran Megumi kerumah Sagiri membuatnya tidak nyaman dan menganggap Megumi seorang yang menyebalkan.

Yamada Elf seorang gadis yang juga merupakan penulis novel yang sangat tertarik dan menginginkan Eromanga-sensei untuk menjadi ilustrasinya berusaha dan mencoba segala cara agar bisa mendapatkannya. Izumi yang tidak ingin kehilangan Eromanga-sensei, tanpa membahasnya terlebih dulu dengan Sagiri, dia memutuskan untuk bertanding dengannya. Pertandingan yang ditentukan oleh novel dimana nanti Eromanga-sensei yang akan di suruh membacanya dan menilai mana yang lebih bagus, dan yang menang akan mendapatkan Eromanga-sensei.

Beberapa hari sebelum hari dimana karya mereka akan di baca oleh Eromanga-sensei, tanpa di sadari membuat mereka, Izumi dan Elf, menjadi dekat dan mulai paham dan saling mengerti pemikiran satu sama lain. Membuat mereka menjadi lebih dekat dan akrab. Bahkan Elf banyak memberikan nasihat dan arahan kepada Izumi tentang bagaimana untuk menjadi penulis yang lebih baik lagi.

Ketika hari penentuan tiba, sebelum mereka menyerahkan tulisan mereka kepada Eromanga-sensei, mereka lebih dulu membaca tulisan hasil satu sama lain. Izumi yang terkesan dengan novel yang di buat olehnya membuatnya tidak mau berhenti untuk membacanya dan merasa kalau novel yang di buatnya tidak sebanding dengan miliknya. Pada saat Izumi sedang membaca novel buatannya, tak lama kemudian dia melihat Elf menangis membaca novel buatannya. Elf mengatakan padanya kalau ini benar-benar tidak adil dan kemudian menyerahkan Eromanga-sensei sepenuhnya padanya. Sambil menghancurkan novel miliknya sendiri, Elf memberitahukan kepada Izumi kalau novel yang di buatnya, sebagus apapun itu tidak akan bisa mengalahkan novel miliknya untuk mendapatkan Eromanga-sensei.

Yamada Elf yang sudah mengetahui kalau Eromanga-sensei adalah adik Izumi, dan setelah membaca novel miliknya, dia menyadari betapa besar keinginannya untuk mempertahankan Eromanga-sensei. Elf kemudian menyuruh Izumi untuk tetap memberikan novel buatannya kepada Eromanga-sensei untuk di baca. Setelah mendengar kata-kata Elf, tanpa pikir panjang Izumi kemudian langsung menunjukkannya kepada Eromanga-sensei yang merupakan adik tirinya sendiri.

Sagiri yang kemudian membacanya, merasa senang dan benar-benar menyukainya. Membuat Izumi sangat senang mendengarnya. Tak lama kemudian mereka mulai membicarakan tujuan dan mimpi mereka bersama. Memutuskan untuk melakukan yang terbaik untuk menggapai mimpi tersebut.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.8/10 )


Karakter ( 7.5/10 )

#1 Izumi Masamune


Izumi Masamune adalah kakak tiri Izumi Sagiri. Izumi merupakan seorang penulis. Dia sudah menulis sejak masih smp di blognya sampai akhirnya karyanya diterima di salah satu perusahaan penerbit yang membuatnya menjadi benar-benar seorang penulis. Perjalanan dan perjuangannya untuk menjadi penulis terkenal tidaklah mudah, dia harus bersaing dengan penulis lainnya yang merupakan orang-orang sekitarnya. Masamune adalah seorang yang baik hati, pekerja keras, dan peduli. Dialah yang membersihkan rumah dan membuatkan sarapan untuk Sagiri, bahkan dengan pekerjaannya yang merupakan seorang penulis dia juga membantu dalam soal keuangan. Dia juga orang yang terbuka dan mengatakan hal apa saja yang ada dipikirannya. Mengetahui ilustrasi karya novelnya adalah adiknya sendiri, Sagiri, membuatnya mendapat banyak kejadian tak terduga yang juga menjadikannya seorang penulis yang lebih baik lagi. Pengisi suara; Matsuoka Yoshitsugu.

#2 Izumi Sagiri


Izumi Sagiri adalah adik tiri Izumi Masamune. Sagiri merupakan seorang ilustrasi terkenal dengan sebutan nama Eromanga-sensei. Eromanga-sensei terkenal dengan gambar-gambarnya yang cabul. Sagiri menyukai gambar yang terlihat cabul, tapi anehnya dia tidak terlalu bisa menggambar gadis dengan dada yang besar dengan alasan dia tidak bisa menggambar apa yang belum pernah di lihatnya di dunia nyata. Suaranya yang pelan membuat Sagiri harus menggunakan pengeras suara ketika bicara. Sagiri adalah orang yang tertutup dan tidak terbiasa dengan keramaian, dia menghabiskan waktunya seharian di dalam kamar atau menarik diri dari dunia luar (hikikomori). Pengisi suara; Fujita Akane.

#3 Yamada Elf


Yamada Elf adalah seorang penulis terkenal. Terlihat kekanak-kanakan namun sangat dewasa jika dia sudah mengatakan atau melakukan sesuatunya dengan serius. Dia juga seorang Chuunibyou. Dia adalah penulis yang juga merupakan saingan Masamune untuk mendapatkan Eromanga-sensei. Dia sangat menyukai ilustrasi yang digambarkan oleh Eromanga-sensei dan sangat menginginkannya untuk menjadi ilustrasi novelnya. Akan tetapi, keinginannya untuk menjadikan Eromanga-sensei sebagai ilustrasinya tidak jadi setelah apa yang terjadi dengannya dan Masamune. Di sisi lain dia menjadi orang yang banyak membantu Masamune untuk menjadi seorang penulis yang lebih baik lagi. Pengisi suara; Takahashi Minami.

#4 Senju Muramasa


Senju Muramasa adalah seorang penulis terkenal yang juga merupakan penggemar Masamune. Dia pernah mencoba membuat Masamune kesulitan untuk menerbitkan karya novelnya karena kalah menarik dengan karya miliknya. Semua dia lakukan agar Masamune melanjutkan novel pertamanya yang menurutnya merupakan novel terbaik yang pernah dibaca oleh Muramasa. Muramasa adalah orang yang sangat mudah di tebak dan dia tidak bisa menyembunyikan sesuatunya bahkan perasaannya sendiri. Karena hal tersebut, Muramasa kadang menjadi orang yang terbuka asal bicara dan jujur mengatakan apa yang sedang dipikirkan dan dirasakannya. Saat menulis atau membaca novel, Muramasa akan benar-benar serius dan mengabaikan semua yang ada disekitarnya bahkan dia akan menjadi seorang Yandere bila ada yang mencoba mengganggunya. Pengisi suara; Oonishi Saori.

#5 Jinno Megumi


Jinno Megumi adalah teman sekelas sekaligus ketua kelas Sagiri. Di tahun pertamanya masuk smp, Megumi sudah berteman dengan semua orang satu angkatannya terkecuali Sagiri. Membuatnya memutuskan untuk datang ke rumah Sagiri agar bisa menjadi temannya. Akan tetapi, Megumi tidak bisa bertemu apalagi berteman begitu saja dengan Sagiri yang merupakan seorang hikikomori. Tidak mudah menyerah, Megumi melakukan apa saja yang bisa membuatnya berteman dengan Sagiri. Megumi adalah seorang yang keras kepala dan percaya diri, dan dia adalah seorang yang terlihat berpura-pura sebagai gadis nakal padahal sebenarnya tidak mengetahui dan tidak mempunyai pengalaman apa pun sebagaimananya gadis nakal. Pengisi suara; Kido Ibuki.

#6 Takasago Tomoe


Takasago Tomoe adalah teman sekelas Masamune dan dia adalah pemilik toko yang menjual banyak light novel termasuk novel yang ditulis oleh Masamune. Di tokonya, dia mempunyai bagian penjualan yang merupakan rekomendasi darinya untuk pelanggan. Menariknya, di sana tidak ada novel dari karya milik Masamune yang memang saat itu novel miliknya bahkan belum terjual satu pun. Meskipun begitu, Tomoe merupakan orang yang selalu membaca karya novel milik Masamune yang diterbitkannya. Tomoe akan marah jika ada seseorang yang menjelek-jelekkan otaku apalagi yang suka membaca light novel. Dia akan membuat orang tersebut menyukai light novel dan menjadikannya seorang otaku. Pengisi suara; Ishikawa Yui.

#7 Kagurazaka Ayame


Kagurazaka Ayame adalah editor Masamune. Dia adalah seorang yang terbuka dan berterus terang, melakukan hal tak terduga sesuka hatinya. Dia sudah banyak membantu Masamune dalam perkembangannya menjadi penulis profesional, bahkan dia lebih memilih Masamune yang merupakan penulis tak terkenal yang karyanya tidak begitu baik di pasaran daripada penulis yang cukup terkenal yang memintanya untuk menjadi editornya. Pengisi suara; Komatsu Mikako.

#8 Shidou Kunimitsu


Shidou Kunimitsu adalah salah seorang penulis yang karyanya di kalahkan oleh Masamune dalam pemilihan karya melalui suara terbanyak masyarakat. Meski begitu dia tidak berpikiran buruk terhadap Masamune dan malah termotivasi olehnya. Dia bahkan mengajukan pesta perayaan bersama-sama dengan Masamune dan penulis lainnya untuk merayakan hasil keberhasilan mereka dalam pemilihan sebelumnya. Shidou adalah seorang yang terlihat tenang dan biasa saja. Karena kejadian aneh tak terduga yang terjadi kepada Masamune, dia salah paham kepadanya dan menganggap kalau Masamune adalah seorang yang menyukai sesama. Membuatnya takut jika sedang berduaan dengannya. Pengisi suara; Shimazaki Nobunaga.

#9 Yamada Chris


Yamada Chris adalah kakak sekaligus editor Yamada Elf. Dia adalah seorang yang di siplin dan terlihat serius. Meski begitu dia adalah orang yang baik dan sangat peduli terhadap Elf. Merasa bersalah terhadap adiknya di masa lalu, Chris selalu mencoba melakukan yang terbaik untuknya. Pengisi suara; Yamashita Seiichirou.

Musik ( 7.5/10 )


Opening Theme:
#1: "Hitorigoto (?????)" by ClariS

Ending Theme:
#1: "Hitorigoto (?????)" by ClariS (ep 1)
#2: "adrenaline!!!" by TrySail (ep 2-7, 9-12)
#3: "Natsu-iro Koi Hanabi (?????)" by Fujita Akane (ep 8)

Keseluruhan ( 7.3/10 )


Secara keseluruhan anime ini cukup baik dan menghibur. Alur yang diberikan cukup lucu dan menarik. Karakternya juga tidak terlalu membosankan. Untuk komedinya sendiri saya rasa cukup lucu dan menghibur. Romance nya tidak terlalu kental. Mengutamakan drama dan comedy.

Buat kamu yang suka cerita tentang seorang Hikikomori juga bisa mencoba menonton anime yang satu ini. Sagiri di sini merupakan seorang (hikikomori) penyendiri yang menarik diri dari orang-orang dan dunia luar, benar-benar mencerminkan seorang hikikomori. Dia benar-benar tidak terbiasa berada di (keramaian) antara orang-orang. Jangankan untuk keluar rumah, keluar kamarnya saja membutuhkan persiapan diri yang matang dan mental yang kuat.

Quotes: "Dengar, aku mungkin kalah, tapi bukan berarti kau menang. Lain kali, aku akan menang!" -Yamada Elf
LihatTutupKomentar