-->

Review Anime: Suki ni Naru Sono Shunkan wo. : Kokuhaku Jikkou Iinkai


Detail:

Judul: Suki ni Naru Sono Shunkan wo. : Kokuhaku Jikkou Iinkai (???????????~???????~)
Genre: Drama, Romance, School
Rating: PG - 13+
Rilis: 17 Desember 2016
Sumber: Musik
Tipe: Movie
Episode: 1
Durasi: 1 jam. 3 min.
Status: Selesai
Studio: Qualia Animation
Produser: Aniplex, Dentsu, Kadokawa Shoten, Movic, Fuji TV, Milestone Music Publishing, Lawson
Lisensi: Tidak diketahui

Suki ni Naru Sono Shunkan wo. : Kokuhaku Jikkou Iinkai (???????????~???????~) adalah film animasi yang bertemakan Romance School, yang disutradarai oleh Yanagisawa Tetsuya, yang ditulis oleh Narita Yoshimi, dan di produksi oleh Qualia Animation. Anime ini didasari dari serial lagu romantis Vocaloid Jepang Kokuhaku Jikkou Iinkai ~Ren'ai Series~ (???????????????) oleh HoneyWorks. Suki ni Naru Sono Shunkan wo. : Kokuhaku Jikkou Iinkai merupakan film animasi kedua berdasarkan lagu Kokuhaku Jikkou Iinkai ~Ren'ai Series~  menyusul anime Zutto Mae kara Suki deshita. : Kokuhaku Jikkou Iinkai. Anime ini tayang di Jepang pada 17 Desember 2016.



Synopsis:

Setelah latihan pengakuan cinta Enomoto Natsuki dengan Setoguchi Yuu, adik mereka, Enomoto Kotarou dan Setoguchi Hina berjuang untuk mengungkapkan cinta mereka masing-masing kepada orang yang mereka cintai. Pertemuan pertama Hina dengan kakak kelasnya Ayase Koyuki merupakan bencana, dimana mulai saat itu Ayase selalu menyapa dan memberikan senyuman hangatnya kepada Hina. Awalnya Hina tidak mengerti dengan perasaannya sendiri dan mencoba untuk menyangkalnya, sampai akhirnya Hina menyadari kalau dirinya telah jatuh cinta untuk pertama kalinya. Kotarou yang menyadari kalau Hina jatuh cinta terhadap Ayase membuatnya semakin sulit untuk mengatakan cintanya kepada Hina, dan memutuskan untuk menyembunyikan perasaannya terhadap Hina dan mendukungnya.

Trailer



Cerita ( 7.5/10 )

Awal cerita dimulai ketika Hina sedang membersihkan koridor sekolah, dimana pada saat itu ada siswa yang sedang berjalan sambil membawa tong sampah tersandung dan membuat sampah yang dibawanya jatuh berserakan ditempat yang sudah dibersihkan oleh Hina. Pertemuan mereka adalah sebuah bencana, dimana pada saat Hina sedang marah kepadanya, tanpa sengaja siswa tersebut melihat celana dalam Hina yang membuatnya lebih marah kepadanya. Hina yang mengejar siswa yang melarikan diri darinya itu berakhir didepan kelas 3, dan disaat yang bersamaan Enomoto Natsuki keluar dari kelas tersebut dan bertanya ada masalah apa. Natsuki juga mengatakan kepada Hina kalau siswa tersebut adalah Ayase Koyuki yang merupakan teman sekelasnya. Hina yang tidak tahu kalau ternyata siswa tersebut adalah kakak kelasnya, membuatnya langsung meminta maaf kepadanya. Siswa tersebut pun tidak mempermasalahkannya dan berjanji akan membersihkan sampah yang dijatuhkannya tadi.

Karena kejadian tersebut, Ayase selalu menyapa dan memberikan senyuman hangat setiap kali bertemu Hina. Hina yang awalnya biasa-biasa saja, tanpa sadar mulai memperhatikan Ayase. Takamizawa Arisa, teman sekelas Hina yang menyadari hal tersebut membuatnya ingin menggoda Hina dengan mendekati Ayase setiap kali Ayase dan Hina bertemu. Melihat hal tersebut membuat Hina jengkel dan bingung dengan perasaannya sendiri. Dia menyangkal perasaannya sendiri kalau dia tidak cemburu dan tidak jatuh cinta kepada Ayase, dimana Ayase adalah pria kikuk dan aneh, yang sangat terbalik dengan tipenya, yaitu tinggi, jantan, dan bisa diandalkan, seperti kakaknya, Yuu. Sampai akhirnya mereka berdua bertemu dan saling bertatapan, yang membuat Hina sadar kalau dirinya benar-benar jatuh cinta kepada Ayase.

Di hari kelulusan anak kelas 3, Hina menghampiri Ayase dan bertanya mau meneruskan ke SMA manakah dia setelah ini. Tidak lama setelah itu Hina pun menangis karena dia berpikir tidak akan bisa melihat Ayase lagi. Disaat yang bersamaan, Kotarou yang merupakan teman masa kecil Hina, yang memang satu sekolah dengannya, melihat hal tersebut dan mengetahui kalau Hina memang menyukai kakak kelasnya itu.

Perasaannya terhadap Ayase membuat Hina memutuskan untuk meneruskan sekolahnya ditempat yang sama dengan Ayase. Mengetahui hal ini membuat Kotarou juga memilih meneruskan sekolah yang sama dengannya. Dimana diketahui kalau tempat Ayase meneruskan sekolahnya merupakan sekolah unggulan. Ini membuat Hina dan Kotarou belajar bersama dengan giat, dengan bantuan kakaknya Hina, Yuu, yang juga murid dari sekolah tersebut.

Karena usaha mereka, Hina dan Kotarou akhirnya berhasil masuk sekolah tersebut. Hina yang ternyata satu kelas dengan teman smp nya, yaitu Takamizawa Arisa, membuatnya sedikit terkejut, ditambah dengan pertanyaan Arisa kepadanya mengenai perasaannya terhadap Ayase dan menakutinya dengan pernyataan apakah Ayase masih ingat dengannya atau tidak. Mendengar hal tersebut membuat Hina ragu untuk menemui Ayase. Hina yang melihat Ayase sedang menyiram tanaman sekolah ragu untuk menghampiri dan menyapanya, mengingat apa yang dikatakan Arisa kepadanya. Ayase yang ternyata melihat keberadaan Hina, langsung menyapa dan memberikan senyumannya seperti yang biasa dia lakukan waktu SMP. Mengetahui kalau Ayase tidak melupakan dirinya membuat Hina merasa senang dan menyapanya kembali.

Sampai pada akhirnya Ayase merubah penampilannya dengan memotong rambut dan melepas kacamatanya, yang membuatnya dikelilingi banyak perempuan yang membuat Hina merasa jengkel dan cemburu. Hina yang akhirnya mengetahui tanpa bertanya kepadanya mengapa ia merubah penampilannya, mengetahui kalau Ayase sedang menyukai perempuan lain, membuatnya merasa sedih dan berlari menjauh. Kotarou yang melihat Hina berlari dengan air matanya yang menetes membuat perasaan Kotarou tidak menentu, dimana Kotarou adalah orang yang selalu membuat dan ingin melihat Hina gembira.

Mengetahui adiknya sedih, Yuu pun mengajaknya pergi keluar untuk menonton film yang disukainya bersama-sama. Diperjalanan ia bertemu Kotarou, dimana Kotarou berhasil membuatnya ceria kembali. Kotarou yang bertanya kepadanya mau kemana kah dia dan melihat dia sudah kembali tersenyum, membuat niat awalnya yaitu menghiburnya dengan mengajaknya bermain video game batal. Yuu yang menyadari hal tersebut pun berterimakasih kepadanya. Kotarou yang kembali pulang kerumahnya, ditanyai oleh kakaknya, Natsuki, mengapa tidak jadi main kerumah Hina, menjawab tidak apa-apa. Kotarou yang melihat Hina tersenyum kembali sudah merasa sangat lebih dari cukup baginya.

Hina yang saat itu sudah kembali ceria memutuskan untuk mengungkapkan semua isi perasaannya terhadap Ayase melalui sebuah surat. Keesokan harinya selepas pulang sekolah, Hina yang menunggu Ayase keluar dari kelasnya untuk memberikan surat yang dia tulis mengenai perasaannya malah harus melihat Ayase sedang menangis. Hina yang mencoba bertanya mengapa, Ayase menjawab kalau dirinya habis dicampakkan, ini membuat Hina merasa ragu untuk memberikan surat cinta kepadanya, dimana timing nya sangat tidak pas. Hina yang mencoba memberanikan dirinya pun akhirnya mengatakan kalau ia cinta padanya. Ayase menganggap kalau saat itu Hina sedang menghibur dirinya yang sedang bersedih karena habis dicampakkan. Mendengar hal tersebut membuat Hina tidak jadi memberikan surat cinta nya, sampai akhirnya Ayase meninggalkannya dan Hina pun menangis. Disaat yang bersamaan, Kotarou yang melihat kejadian tersebut tanpa sepengetahuan Hina, langsung menghampiri Ayase dan berteriak kepadanya apakah dia mengetahui mana yang serius dan bercanda. Ayase pun mengatakan hal yang membuat Kotarou terdiam dan pergi meninggalkannya. Kotarou yang berdiri didepan gerbang sekolah menunggu Hina keluar, mengajaknya untuk pulang bersama dan berhasil menghiburnya diperjalanan.

Keesokan harinya ketika Yuu dan Natsuki mengajak mereka berdua untuk menonton film bersama, diperjalanan mereka saling bercanda sampai akhirnya Kotarou tidak sengaja mengatakan dengan suara pelan kalau orang yang disukainya adalah Hina, yang ternyata Hina mendengarnya dan membalasnya dengan suara pelan juga kalau dia tau itu.

Grafis & Kualits Gambar ( 8/10 )



Suki ni Naru Sono Shunkan wo. : Kokuhaku Jikkou Iinkai memiliki grafis dengan kualitas gambar yang baik dan menarik tentunya, sehingga enak untuk ditonton.

Karakter ( 7.8/10 )

#1 Setoguchi Hina



Stoguchi Hina adalah tokoh utama yang merupakan adik perempuan Setoguchi Yuu, dan teman masa kecil Enomoto Kotarou. Dia adalah perempuan yang melakukan segalanya dengan penuh semangat. Hina terlihat menyukai video game. Dia menyukai Ayase Koyuki. Pengisi suara; Asakura Momo.

#2 Enomoto Kotarou



Enomoto Kotarou adalah adik laki-laki Enomoto Natsuki, dan teman masa kecil Setoguchi Hina. Kotarou bersahabat dengan Yamamoto Koudai dan Shibasaki Ken. Dia sangat menyukai olahraga sepak bola dan terlihat menyukai video game. Kotarou sangat peduli dan selalu memperhatikan Hina tanpa memperdulikan perasaannya sendiri. Dia menyukai Setoguchi Hina. Pengisi suara; Hanae Natsuki.

#3 Ayase Koyuki



Ayase Koyuki adalah pria yang baik dan ramah. Ia sampai merubah penampilannya demi seseorang yang disukainya. Pengisi suara; Yonaga Tsubasa.

#4 Takamizawa Arisa



Takamizawa Arisa adalah perempuan yang sangat mengidolakan Narumi Sena, dimana ia ingin menjadi seperti dirinya. Meski terlihat menyebalkan, Arisa hanya ingin mendapatkan teman, dan dia sebenarnya adalah seseorang yang peka dan baik hati. Pengisi suara; Touyama Nao.

#5 Yamamoto Koudai



Yamamoto Koudai adalah siswa yang terlihat pandai dan serius. Terlihat kalau dia selalu membawa dan membaca buka setiap saat. Dia berkeinginan untuk meneruskan sekolahnya ke universitas tinggi. Selain belajar, dia hobi mengambil gambar dengan kameranya. Dia bersahabat dengan Enomoto Kotarou dan Shibasaki Ken. Pengisi suara; Matsuoka Yoshitsugu.

#6 Shibasaki Ken



Shibasaki Ken adalah siswa yang populer dikalangan para gadis. Terlihat santai dan ceria, dia menutupi semua masalah dengan tersenyum. Dia sering memperhatikan Kotarou dan Hina, dan sangat mendukung Kotarou, bahkan kadang ikut campur untuk mendekatkan Hina dengan Kotarou. Dia bersahabat dengan Enomoto Kotarou dan Yamamoto Koudai. Pengisi suara; Hosoya Yoshimasa.

Musik ( 7.5/10 )



Opening Theme :
#1 : "Senpai.(?????)" by HoneyWorks meets TrySail

Ending Theme :
#2 : "Daikirai na Hazu Datta. (??????????)" by HoneyWorks meets Sayuringo Gundan + Manatsu-san Respect Gundan from Nogizaka46

Keseluruhan ( 7.7/10 )



Secara keseluruhan anime ini baik, memiliki cerita yang menarik dengan adegan romantis didalamnya. Permasalahan didalam cerita tidak ringan dan tidak berat, namun sedikit rumit. Grafis dan penggambaran karakternya baik dan menarik. Karakter didalamnya tidak membosankan terutama tokoh utamanya. Lagunya juga menarik, enak untuk didengar. Anime ini cocok buat kamu yang suka romance school dengan konflik yang sedang-sedang saja namun sedikit rumit, dengan cinta NTR didalamnya. Sebelum kamu nonton Suki ni Naru Sono Shunkan wo. : Kokuhaku Jikkou Iinkai ini, sebaiknya kamu nonton terlebih dulu Zutto Mae kara Suki deshita. : Kokuhaku Jikkou Iinkai supaya ceritanya bisa lebih mudah dipahami.

Qoutes : "Semua tidak akan tetap sama selamanya" -Aida Miou
LihatTutupKomentar